Mesin Bor Merupakan Perkakas Tangan Jenis Apa? Yuk Simak Disini



Tentunya Anda yang ingin mengerjakan sesuatu dengan menggunakan bantuan dari alat perkakas, pastinya Anda harus tahu dulu perkakas apa yang tepat untuk jenis pekerjaan yang akan Anda lakukan. Begitu juga dengan fungsi dari masing-masing perkakas yang perlu Anda ketahui, hal itu agar Anda tidak salah dalam menggunakan perkakas yang ingin Anda gunakan. Salah satu perkakas yang memiliki multifungsi untuk Anda ketahui, yaitu perkakas bor.


Bor adalah alat yang digunakan untuk melubangi dan memotong, yang biasanya dipakai oleh tukang kayu, tukang bangunan, dan tukang ukir. Nah bor sendiri dulunya hanya bisa digerakan dengan tenaga tangan, tapi kini bisa digerakan melalui tenaga mesin, alias mesin bor. Mesin bor adalah perkakas yang menggunakan mesin, jadi apakah ia termasuk perkakas lalu apakah ia adalah perkakas tangan? Untuk menjawabnya, maka Anda bisa simak artikel ini!


Mengenal Lebih Dekat Mengenai Perkakas Mesin Bor

Mesin Bor Adalah

Secara umum, bor adalah adalah alat yang digunakan untuk melubangi sesuatu, hal itu bisa terjadi karena memang bor memiliki mata yang dilengkapi dengan ulir khusus bergelombang, sehingga bisa membuat lubang secara presisi. Dulunya, bor hanya bisa digerakan dengan tenaga manusia, alias manual. Tetapi dengan perkembangan zaman, bor kini bisa digerakan dengan mesin, alias mesin bor yang ternyata lebih efektif serta lebih efisien dalam menggunakannya untuk melubangi sesuatu.


Apakah Mesin Bor Termasuk dengan Jenis Perkakas Tangan?

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka Anda perlu tahu dulu definisi perkakas tangan. Perkakas tangan adalah perkakas yang digunakan atau bisa dioperasikan dengan tangan manusia, alias manual. Nah dengan pemahaman perkakas tangan yang seperti itu, maka pastinya Anda semua bisa menyimpulkan, bahwa mesin bor bukanlah perkakas tangan. Hal itu karena mulai dari namanya saja, mesin bor itu menggunakan mesin, sehingga mesin bor adalah perkakas yang tidak menggunakan tangan manusia untuk mengoperasikannya.


Mesin bor sendiri adalah perkakas, tetapi ia bukan perkakas tangan. Mesin bor adalah jenis perkakas yang masuk dalam golongan perkakas mesin, itu karena memang mesin bor menggunakan mesin dari daya listrik dalam menggunakannya atau mengoperasikannya. Bukan hanya sebagai perkakas mesin, mesin bor juga bisa termasuk sebagai perkakas elektrik, dikarenakan mesin bor akan bisa menyala atau digunakan jika ia terhubung dengan listrik.


Kegunaan Mesin Bor

Memang mesin bor sebagai perkakas mesin sangat diketahui memiliki kegunaan untuk melubangi objek tertentu, seperti kayu ataupun tembok. Namun tidak hanya itu saja, mesin bor yang terdiri dari beberapa mata bor dari segala ukuran, tentunya juga bisa memiliki kegunaan lain yang jauh dari konstruksi. Mesin bor dapat digunakan untuk drill tanah dalam hal bercocok tanam, hal itu bisa terjadi karena mesin bor dapat diganti mata drill nya dengan mata drill yang cocok untuk menggali tanah. Begitu juga dengan mata bor lain yang bisa disesuaikan dengan fungsi serta kegunaannya.


Jadi itulah yang perlu Anda ketahui mengenai perkakas mesin bor, yang mana bisa disimpulkan bahwa ia adalah perkakas mesin dan bukan perkakas tangan. Semoga bermanfaat terutama bisa menjawab rasa ingin tahu Anda semuanya. Nah bilamana Anda ingin memiliki perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.