top of page

Mesin Cut Off: Kegunaan dan Cara Kerjanya



Sebuah pekerjaan memotong bukan hanya dilakukan dalam bentuk mudah saja, karena ada juga pemotongan yang dilakukan pada benda atau objek besar serta keras. Tentunya untuk memotong benda yang memang keras dan besar, pastinya tidak mengandalkan alat potong biasa saja, melainkan pastinya menggunakan mesin khusus yang memang diperuntukan untuk pengerjaan pemotongan tersebut.


Ada banyak alat yang bisa digunakan untuk memotong objek keras, seperti gergaji, gerinda, hingga alat potong yang dilengkapi dengan mesin. Layaknya perkakas lainnya, mesin potong juga memiliki beberapa variasinya tersendiri, seperti gergaji mesin hingga mesin cut off yang ternyata sama efektif dan efisiennya dalam memotong. Nah di artikel ini kami akan jelaskan kegunaan dari mesin cut off, begitu juga dengan cara kerjanya yang aman dan benar.


Inilah Kegunaan Lengkap dari Mesin Cut Off yang Perlu Anda Ketahui Semuanya


Mesin cut off merupakan sebuah mesin yang sesuai dengan namanya, yakni mesin untuk memotong. Mesin cut off bisa memotong dikarenakan pada mesin tersebut dilengkapi dengan gergaji kasar, yang mana dari adanya komponen tersebut maka mesin tersebut juga dikenal sebagai gergaji potong atau gergaji listrik yang biasanya digunakan untuk memotong bahan keras, seperti logam, genteng, dan beton.


Tentunya tindakan pemotongan yang dilakukan oleh mesin tersebut adalah dengan cakram abrasif, yakni mirip dengan roda gerinda tipis. Nah secara teknis mesin tersebut sebenarnya bukan gergaji, itu karena mesin cut off tidak menggunakan tepi gigi secara teratur untuk memotong objeknya. Mesin cut off adalah mesin yang tersedia dalam sejumlah konfigurasi, termasuk top table, tangan bebas, dan walk-behind.


Pada model top table biasa digunakan untuk memotong genteng dan logam, roda pemotong dan motor dipasang pada lengan berputar yang menempel pada pelat dasar tetap. Model ini bertenaga listrik dan umumnya memiliki built-in vise atau penjepitan lainnya. Lalu untuk desain tangan bebas biasanya digunakan untuk memotong beton, aspal, dan pipa pada lokasi konstruksi. Model ini dirancang dengan gagang dan motor di dekat operator, dengan pisau di ujung gergaji.


Sementara itu pada Tipe Cut Off ini tidak menonjolkan vise, itu karena bahan yang dipotong lebih besar dan lebih berat. Selain itu, untuk model walk-behind atau gergaji rata adalah gergaji besar yang menggunakan dudukan atau gerobak untuk memotong lantai beton serta bahan paving aspal dan beton. Tentunya dalam penggunaan mesin cut off tidak terlalu sulit, akan tetapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menggunakannya agar tidak menjadi resiko atau ancaman bagi Anda.


Inilah Cara Kerja Menggunakan Mesin Cut Off Secara Benar dan Aman


Berikut adalah cara kerja dalam menggunakan mesin cut off secara benar dan aman, yang mana ini penting untuk diterapkan ketika Anda hendak menggunakan mesin cut off.


  1. Selalu gunakan peralatan safety terlebih dahulu sebelum menggunakan mesin cut off. Yang dimaksud antara lain adalah kacamata, masker, sarung tangan, hingga sepatu safety.

  2. Selanjutnya pasangkan benda yang ingin Anda potong pada mesin cut off, seperti pasangkan pada ragum lalu diikat dengan kuat agar benda yang mau dipotong tidak lepas atau goyang ketika proses pemotongan.

  3. Anda sudah seharusnya memastikan kabel listrik mesin cut off telah terhubung pada stop kontak. Jika sudah maka Anda bisa tekan tombol ON.

  4. Letakkan tangan kiri Anda pada gagang mesin cut off dan tekan tombolnya, lalu mata besi (roda potong) pun akan menyala dengan berputar kencang.

  5. Anda bisa tekan gagang cut off kebawah sehingga mata potong gerinda bisa mengenai benda yang akan dipotong.

  6. Lalu tekan dengan perlahan-lahan selagi roda gerinda berputar, sehingga benda jadi terpotong.

  7. Anda bisa lakukan tahap tersebut sesuai kebutuhan Anda dalam pemotongan yang dibutuhkan.


Itulah kegunaan dan cara kerja mesin cut off yang memang benar dan aman untuk Anda pahami. Semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki perkakas, maka kami rekomendasikan perkakas terbaik dan berkualitas seperti Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa mengetahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Комментарии


bottom of page