Mesin Genset Diesel Gagal Start, Ini Penyebabnya


Mesin Genset Disel Gagal Start, Ini Penyebabnya

Mesin genset Diesel sering kali gagal start, apakah penyebabnya. Apakah mesin sudah waktunya untuk diganti atau ada kendala lainya? Berikut adalah ulasan untuk tahu penyebabnya dan cara mengatasinya.


Jadi ketika Anda membeli genset, tidak akan merasa sia-sisa. Anda bisa menikmati keuntungan untuk bisa mendapatkan aliran listrik terbaik pada saat sedang dalam kondisi listrik padam. Tetapi kadang genset mengalami masalah.


Sebelumnya, banyak orang yang menggunakan genset Diesel karena peformanya yang cukup bagus dan menghasilkan tenaga yang besar. Tetapi beberapa orang tidak paham cara mengatasi jika genset tidak bisa hidup.


Salah satu penyebab genset tidak bisa dihidupkan adalah kondisi aki yang kurang tenaganya. Ternyata satu bagian dari aki kurang tenaganya bisa menyebabkan genset gagal di start. Inilah yang perlu Anda perhatikan baik-baik.


Mesin Genset Diesel Gagal Start


Jika factor gagalnya start adalah karena aki yang kurang bertenaga maka cara satu-satunya agar kembali normal adalah dengan mengganti air akinya. Gantilah dengan air aki yang baru agar peforma mesin bisa tetap bagus.


Selain karena factor dari aki, mesin genset Diesel yang gagal start bisa juga karena kondisi mesin yang sudah mulai rusak. Jadi Anda mungkin sudah menghidupkan genset, tetapi beberapa saat genset tiba-tiba mati.


Dan Anda merasa kesulitan untuk menghidupkannya kembali, inilah yang perlu Anda pahami agar tidak salah mengantisipasinya. Mesin mati bisa disebabkan karena terlalu kepanasan, ini disebabkan oleh gesekan antar elemen mesin.


Untuk mengatasi mesin genset Diesel yang tidak berfungsi karena mesin kepanasan maka Anda perlu melihat kondisi dari pendingin mesin. Jika pendingin mengalami kerusakan waktunya Anda untuk membenarkannya.


Bahan Bakar Tercampur dengan Air


Lantas apakah ada penyebab lainnya dari masalah di atas. Masih ada yang lainnya, jika semua komponen di atas masih bagus. Tetapi mesin genset tiba-tiba tidak bisa di nyalakan maka itu bermasalah.


Yakni pada bahan bakar yang Anda gunakan, perhatikan dengan baik apakah bahan bakarnya tercampur dengan air atau tidak. Karena ternyata bahan bakar yang tercampur dengan air menyebabkan mesin genset Diesel rusak.


Untuk mengatasi hal ini, Anda harus membersihkan tangki bahan bakarnya, kemudian pastikan solar yang Anda beli tidak terkontaminasi dengan air. Jika sudah maka sekarang mesin bisa dinyalakan lagi.


Hal lainnya yang bisa menjadi sebab dari rusaknya mesin genset adalah karena tidak pernah dipanasi. Genset memang hanya untuk ketika listrik padam, tetapi membiarkannya terlalu lama bisa berakibat fatal.


Mesin genset Diesel akan susah dinyalakan, oleh Karena itu Anda harus memanaskannya setiap hari meskipun tidak dipakai untuk suplay listrik. Baiknya panasi mesin sekitar 10-15 menit.


Mesin Sedang Masuk Angin


Masalah mesin tidak bisa nyala walau semua komponen sudah benar adalah karena mesin sedang masuk angin. Jika dalam kondisi ini Anda tidak akan bisa mendapatkan mesin bisa nyala.


Masuk angin pada mesin ini disebabkan oleh saluran injeksi yang tersumbat oleh udara. Sehingga bahan bakar tidak bisa disalurkan pada mesin, akibatnya mesin tidak bisa menyala dengan lancar.


Lantas apa yang menyebabkan ini terjadi, biasanya hal di atas terjadi karena pemilik genset sering lupa mengisi bahan bakar sehingga habis. Untuk menghindarinya Anda perlu mengisi bahan bakar sebelum benar-benar habis.


Dengan memahami hal-hal di atas, maka Anda akan mendapatkan keuntungan dengan memiliki genset berkualitas baik. Ini akan memudahkan jika Anda mengalami pemadaman listrik, mesin genset Diesel siap digunakan.