Inilah Cara Serta Metode Mencari Lokasi Sumber Air Tanah Untuk Sumur Bor



Mencari air atau menentukan sumber air khususnya air tanah untuk sumur bor, tentunya itu harus dilakukan dengan teknik yang tepat agar upaya dalam pengeboran bisa memperoleh hasil yang tidak mengecewakan. Namun sayangnya banyak sekali terjadi kegagalan yang menyebabkan tidak dapat menemukan sumber air, dan itu disinyalir sebagai kesalahan dari awal.


Air tanah atau air sumur tentunya adalah salah satu cara untuk mendapatkan sumber air, dan itu adalah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat karena mudah dan manfaat lain sebagainya. Melalui artikel pada kesempatan kali ini, kami akan berikan kepada anda tentang cara atau metode dalam mencari lokasi sumber air tanah untuk sumur bor, yang mana tentunya itu sangat berguna bagi wawasan anda. Oleh karena itu, silahkan anda simak saja artikel ini selengkapnya!

Inilah Cara Pemilihan Lokasi Sumur yang Baik

  • Lokasinya pastinya jangan berdekatan dengan toilet, itu karena adanya saluran air kotor yang bisa mengkontaminasi saluran pembuangan dengan jaringan sumur pada air tanah.

  • Pastikan ada jarak yang tepat untuk memisahkan antara lubang sumur air yang akan dibuat dengan area resapan toilet yang terdekat, kisarannya bisa dengan minimal 5 meter jika tanah di sekitar lokasi anda adalah tanah liat, dan untuk minimal 7,5 meter jika tanahnya tersebut berpasir.

  • Pasang pipa casing pada sumur bor, yang mana itu dimulai dari permukaan tanah hingga kedalaman air. Hal itu agar menghindari resapan dari air permukaan tanah dan tidak merusak kualitas sumber air bersih.

Inilah Cara Tepat Dalam Menentukan Sumber Mata Air Tanah Untuk Sumur Bor

Dengan Menggunakan Garam

Pastinya anda harus menggunakan garam, dan jika sudah punya garam maka letakkan satu hingga dua genggam garam dapur pada lokasi tanah yang akan di bor, bisa di malam hari atau pagi hari. Ketika sudah menabur, maka anda tutup rapat dengan kaleng yang ditengkurapkan selama 7 sampai 8 jam.


Saran kami, anda buat saja titik uji lebih dari satu tempat, agar nantinya dapat dipilih mana lokasi yang paling tepat dan sesuai dengan yang diinginkan. Setelah hari besoknya, maka perhatikan garam yang telah diletakkan dan cek titik mana yang menyisakan garam paling sedikit, apabila ada yang sampai habis maka artinya disitulah titik yang paling potensial untuk memperoleh sumber air bersih.

Dengan Menggunakan Daun Pisang

Pastikan anda punya beberapa daun pisang, lalu beberapa daun pisang tersebut letakkan pada beberapa titik yang akan di bor atau digali pada sekitar jam malam (9-10). Esoknya, anda lihat apakah ada embun yang menempel pada daun pisang tersebut di bagian bawah daun atau tidak.


Jika ada, apalagi banyak embun yang menempel pada daun, maka berarti bisa disimpulkan bahwa debit air bawah tanah tersebut juga banyak. Namun jika sebaliknya atau daunnya tetap kering, berarti tidak ada sumber air di bawah daun tersebut. Jadi anda harus mencari lokasi lain sampai tepat dan barulah melakukan pengeboran air tanah pada lokasi yang baik.


Itulah cara tepat serta metode lokasi sumber air tanah yang benar untuk sumur bor. Tentunya apabila anda berhasil menemukan lokasi sumber air tanah yang tepat untuk sumur bor, maka anda bisa andalkan pompa celup dalam memompa air ke saluran yang anda inginkan. Nah untuk pompa celup terbaik dan berkualitas, maka kami sarankan miliki pompa celup Tsurumi, yang mana anda bisa miliki dan ketahui lebih lengkapnya di IndahJaya.com


Jadi sekian sudah artikel kami kali ini yang sangat bermanfaat bagi semuanya, kiranya bisa jadi manfaat bagi anda dan juga yang lainnya. Baik untuk bermanfaat sebagai penambah wawasan tentang cara dan metode mencari sumber lokasi air tanah untuk sumur bor, ataupun dapat manfaat yang berkaitan dengan topik pada artikel ini.