top of page

Simak Lebih Lengkap Tentang Metode Pelaksanaan Konstruksi yang Cukup Penting


Konstruksi itu bisa dibilang juga sebagai pembinaan, yang mana itu merupakan suatu kegiatan pembangunan sarana maupun prasarana. Kemudian konstruksi pun juga dapat diartikan sebagai bangunan maupun satuan infrastruktur dalam satu atau beberapa area yang ada, atau bisa juga suatu kegiatan membangun sarana maupun prasarana dalam sebuah bidang arsitektur atau teknik sipil.


Sebuah konstruksi juga dikenal sebagai bangunan atau satuan infrastruktur pada sebuah area atau pada beberapa area. Nah tentunya, ada metode pelaksanaan mengenai konstruksi, yang mana itu cukup penting untuk Anda semua ketahui, termasuk kegiatan atau pelaksanaan konstruksi yang sedang Anda lakukan. Oleh karena itu, Anda yang tidak tahu dan ingin tahu metode pelaksanaan konstruksi, maka simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Metode Pelaksanaan Konstruksi yang Cukup Penting dan Perlu Anda Ketahui

Pekerjaan Pendahuluan

Merupakan persiapan awal atau pertama yang harus wajib dilakukan dalam melaksanakan suatu proyek. Metode ini akan melibatkan segala izin yang dibutuhkan untuk proses pembangunan, yang mana itu telah diurus dengan segala sesuatu yang menyangkut kelancaran pekerjaan pelaksanaan yang memang harus telah disiapkan di lokasi sebelum melaksanakan pekerjaan. Contohnnya, seperti adanya penyusunan jadwal terinci, mobilisasi peralatan dan tenaga kerja, hingga kelengkapan administrasi lapangan harus sudah disiapkan sebelum memulai pekerjaan.


Pekerjaan Tanah dan Pasir

Berikutnya metode pekerjaan tanah dan pasir, merupakan metode pelaksanaan konstruksi yang akan meliputi penggalian pondasi, hingga penimbunan galian serta pemadatan setiap lapisan mencapai titik peil yang telah direncanakan. Kemudian dalam tahap ini, akan terdapat beberapa ketentuan yang wajib di penuhi kontraktor.


Pekerjaan Pemasangan

Untuk metode pemasangan, hal itu bisa berkaitan dengan beton, tidak hanya mulai dari beton, ada juga cara yang memang bertulang dengan mengandalkan beton yang tidak bertulang. Nah tentunya itu harus memiliki kualitas beton yang harus sangat tergantung pada bahan-bahan yang digunakan, seperti Portland Cement, dan lain sebagainya.


Pekerjaan Lantai

Kemudian beralih ke metode pemasangan lantai, yaitu metode pemasangan yang memang ditujukan berdasarkan petunjuk dari manajemen konstruksi serta rancangan proyek. Apabila lantai dilengkapi dengan keramik, maka kontraktor harus mengikuti petunjuk dari manajemen konstruksi. Jadi dengan demikian, maka pada dasarnya, pemasangan lantai keramik harus mengikuti aturan bahwa lantai keramik harus bersih, tidak retak ataupun bergelombang. Apabila ada yang tidak rapi atau tidak sesuai dengan rancangan proyek, maka wajib dibongkar dan dipasang ulang.


Pekerjaan Instalasi Listrik

Tentunya komponen yang tidak kalah penting dari pekerjaan atau pelaksanaan konstruksi adalah instalasi listrik. Jadi dengan begitu, maka pemasangan instalasi listrik harus sesuai dengan peraturan listrik yang berlaku di Indonesia. Kemudian, pada tahap ini pula pekerjaan harus meliputi pengadaan dan pemasangan seluruh komponen-komponen kelistrikan, tidak terkecuali saklar, stop kontak, lampu, panel listrik, hingga tahap percobaan sampai listrik dapat menyala dengan baik.


Pekerjaan Penutup

Merupakan metode yang meliputi pekerjaan pembersihan dan pemeliharaan. Nah pada masa pekerjaan pembersihan pun, kontraktor harus membersihkan seluruh bagian dari proyek yang meliputi lantai, dinding, atap, pintu, jendela, plafon dan lain sebagainya. Hal itu harus hingga bangunan siap untuk dihuni. Selain itu, pada masa pemeliharaan, kontraktor juga berkewajiban mengganti material-material yang rusak ataupun tidak berfungsi sebagaimana itu sesuai dengan target proyek yang ada.


Jadi itulah metode pelaksanaan konstruksi yang cukup penting. Sekian dari kami, semoga Anda mengerti dan menjadi manfaat bagi Anda semua. Pada pekerjaan konstruksi, hoist dan crane tentunya sangat dibutuhkan, sehingga dengan begitu maka hoist dan crane terbaik dan berkualitas untuk Anda dari rekomendasi kami adalah Elephant Hoist and Crane yang berada di IndahJaya.com


Comments


bottom of page