Mengenal Mur Baja Ringan dan juga Fungsi Serta Kegunaannya



Baja ringan itu merupakan salah satu material bangunan yang biasanya digunakan untuk konstruksi, terutama pada bagian atap bangunan. Selain itu ia dapat digunakan untuk pembangunan rumah, gudang, tempat parkir, pabrik, maupun bangunan lainnya yang biasa dibuat dalam konstruksi. Nah untuk bahannya sendiri, ia terdiri dari bahan dasar campuran antara seng dan juga alumunium.


Baja ringan tentunya bisa anda temukan di hampir banyak tempat, tetapi yang menarik itu juga ada pada 1 komponen berupa mur, yaitu mur baja ringan. Nah melalui artikel kami pada kesempatan kali ini, kami akan jelaskan kepada anda apa itu mur baja ringan berikut juga dengan fungsi serta kegunaannya. Nah oleh karena itu, maka silahkan anda simak selengkapnya artikel ini!


Mengenal Apa Itu Mur Baja Ringan

Mur baja ringan jelas adalah salah satu jenis mur, tetapi perbedaannya jelas hanya ada pada material yang digunakan dan juga fungsi serta kegunaan. Nah mur baja ringan, tentunya itu sesuai dengan namanya, yaitu mur yang memang terbuat dari bahan dasar campuran antara seng dan juga alumunium, dimana itu sama dengan baja ringan yang biasa dipakai untuk konstruksi. Selain itu, mur baja ringan juga layaknya mur pada umumnya, ia juga membutuhkan baut baja ringan agar dapat digunakan dengan sebenarnya.


Fungsi dan Kegunaan dari Mur Baja Ringan

Namanya juga mur, pastinya mur baja ringan juga memiliki fungsi serta kegunaan yang sama dengan mur pada umumnya. Yaitu bisa digunakan untuk menyatukan komponen menjadi 1, dimana itu dengan mengandalkan baut yang sesuai, sehingga pengikat baut mur itu bisa digunakan dengan maksimal yang mampu menyatukan komponen menjadi 1. Tetapi itu juga masih bisa dilepas, alias tidak permanen sama sekali.


Meski sama, tetapi golongan penggunaan mur baja ringan berbeda dengan yang lainnya, dimana mur baja ringan memang dikhususkan untuk baja ringan. Contohnya seperti pemasangan gypsum atau mengikat gypsum pada rangka baja ringan, sehingga dengan begitu maka ia bisa kokoh dan kuat melekat. Perlu anda tahu, bukan hanya mur baja ringan saja, melainkan ada juga sekrup baja ringan yang memang khusus memiliki ujung runcing dan pemasangannya menggunakan mesin bor.


Lalu baut baja ringan juga dapat digunakan dengan mur baja ringan, dimana itu berguna juga sebagai baut roofing atau baut atap, yang mana perbedaannya hanya terletak pada panjang ujung baut yang digunakan daripada baut mur pada umumnya. Nah walaupun memang seperti dikhususkan untuk pemasangan baja ringan, tetapi mur baja ringan masih bisa digunakan pada komponen lain, tetapi jelas alangkah lebih baiknya mur baja ringan disesuaikan dengan kelompoknya, sementara yang lain bisa menggunakan mur baut yang memang sesuai.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai mur baja ringan, berikut juga dengan fungsi serta kegunaannya. Semoga anda mengerti dan bisa bermanfaat bagi anda serta juga untuk semuanya. Sekian dari kami, jika ada diantara anda yang ingin memiliki perkakas terbaik untuk mur baja ringan, maka yang terbaik dan berkualitas adalah produk perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com