Mengenal Mur Ukuran 14 dan Fungsi Serta Kegunaannya



Mur dan juga baut merupakan suatu pasangan komponen yang memiliki fungsi atau tujuan utama untuk menyambungkan dua benda atau lebih. Nah tipe sambungan yang digunakan sendiri adalah sambungan tidak tetap, yang mana itu berarti bahwa sambungan tersebut dapat dilepas kembali alias tanpa harus merusak sambungan kedua benda. Meski begitu, mur dan juga baut memiliki beberapa jenis yang juga diikuti dengan beberapa ukuran.


Ukuran pada mur juga beragam, dimana itu dibedakan dari kode yang diberikan. Seperti halnya dengan topik utama artikel ini, mur ukuran 14 adalah mur yang ukurannya sudah sesuai dengan kode dari M14. Untuk lebih jelasnya mengenai mur ukuran 14 dan juga fungsi serta kegunaannya dari mur ukuran 14, maka anda semua bisa simak artikel kami ini secara selengkapnya!


Mengenal Lebih Jauh Mengenai Mur Ukuran 14

Apa itu mur ukuran 14? Nah mur ukuran 14 jelas adalah salah satu jenis dari mur, yang mana itu adalah komponen dengan berbentuk segi enam yang ada pada tengahnya terdapat lubang ulir untuk melakukan rotasi dalam melepas atau memasang komponen yang berbeda. Perbedaannya dengan mur lain, jelas terlihat dari ukuran, dimensi dan sebagainya, dimana itu masuk dalam kode tertentu seperti kode mur M14.


Lalu mur ukuran 14 atau mur kode M14, merupakan mur yang kode “M” mengacu pada suatu pengertian Metric Size yang dimilikinya. Tidak hanya itu, mur ukuran 14 juga memiliki pitch dan lebar kepala mur yang berbeda, seperti ia adalah mur dengan diameter 14mm tetapi memiliki pitch 1.50-2.00mm, lalu dengan lebar kepala baut sebesar 2mm. Nah jadi itulah yang dimaksud sebenarnya dari mur ukuran 14, yaitu terletak pada ukuran, diameter, dan sebagainya yang berbeda dengan mur lain.


Fungsi Serta Kegunaan dari Mur Ukuran 14

Layaknya mur lain pada umumnya, mur ukuran 14 juga memiliki kegunaan sebagai pengikat yang memiliki lubang berulir, dimana kegunaannya akan selalu digunakan bersama dengan baut. Tentunya itu jelas, karena memang baut adalah pasangannya yang dapat mengikat suku benda tertentu secara bersama-sama, tetapi tidak bersifat permanen alias masih bisa dilepas atau dipasang kembali. Namun perbedaannya hanya terletak pada ukuran yang berbeda saja dengan banyaknya mur.


Jelas dan rincinya, mur ukuran 14 memiliki thread pitch 2, dengan lebar sudut 23.35(min), ditambah dengan ketebalan 12.8(max) dan 12.1(min). Sehingga dengan begitu maka untuk yang dapat menggunakan ukuran mur tersebut adalah kunci wrench 21(max) dan juga 20.67(min). Jadi diameter baut, ataupun lubang yang ingin dipasangkan dengan mur ukuran 14, pastinya harus sesuai dengan ukuran tersebut, mungkin bisa lebih tetapi jangan sampai kurang.


Jadi itulah yang perlu anda pahami mengenai mur ukuran 14, begitu juga dengan fungsi serta kegunaannya yang tidak boleh sampai ketinggalan untuk diketahui. Semoga bermanfaat bagi anda semuanya, terutama bisa menambah pengetahuan anda semua terkait dengan mur ukuran 14. Jika anda tertarik ingin memiliki perkakas yang cocok untuk mur dan baut, maka perkakas itu ada pada produk Tenka. Mengenai perkakas Tenka, semua itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com