Mengenal Apa Itu Nozzle Genset Serta Fungsi dan Kegunaannya



Sebagai pemilik mesin Genset atau calon pemilik Genset, maka bukan hanya mengerti dalam mengoperasikan mesin Genset, anda juga harus tahu tentang segala komponen penting dalam Genset. Nah hal itu agar anda bisa memprediksikan perawatan hingga perbaikan pada mesin Genset, yang dimana itu tentunya sangat bermanfaat untuk membuat Genset awet dan bisa tahan lama.


Salah satu komponen pada Genset yang juga cukup umum ditemukan di beberapa mesin, yaitu nozzle adalah komponen yang juga tidak boleh anda acuhkan. Nah komponen satu ini perlu anda ketahui lebih lanjut, begitu juga dengan fungsi serta kegunaannya. Maka dari itu bagi anda yang ingin tahu tentang nozzle pada Genset dan juga fungsi serta kegunaannya, maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya!

Apa Itu Nozzle Genset?

Pengertian umum nozzle adalah alat atau perangkat yang memang sudah dirancang untuk mengontrol arah atau karakteristik dari aliran fluida, terutama saat keluar pada sebuah ruang tertutup atau pipa. Sebuah nozzle akan sering berbentuk pipa atau tabung dari berbagai variasi luas penampang, yang mana itu dapat digunakan untuk mengarahkan atau memodifikasi aliran fluida yang ada.

Jenis-Jenis Nozzle yang Perlu Anda Ketahui

Nozzle Konvergen

Nozzle Konvergen adalah nozzle yang memiliki diameter aliran mengecil sejalan dengan arah aliran fluida. Namun dinilai dari bentuknya, jenis ini memiliki fungsi untuk mempercepat aliran fluida, tetapi sayang itu tidak akan lebih cepat dari suara di dalamnya, hal itu karena bagian yang dibuat lebih menyempit tepat di bagian ujung Nozzle.

Nozzle Divergen

Berbeda dengan jenis konvergen, nozzle jenis ini akan semakin besar searah dengan aliran fluida. Perlu anda ketahui, umumnya fungsi nozzle ini digunakan sebagai pembuat aliran fluida semakin lambat.

Nozzle Konvergen-Divergen

Jenis ini adalah gabungan konvergen dan divergen, yang mana itu membuatnya juga sering disebut Nozzle CD. Jenis ini akan lebih banyak anda jumpai pada mesin jet supersonik dan mesin roket, hal itu karena fungsinya yaitu mempercepat laju fluida di bagian nozzle yang sempit dengan memanfaatkan kecepatan supersonik.


Jadi itulah jenis-jenis nozzle yang bisa anda ketahui, tetapi jenis nozzle diatas adalah nozzle berdasarkan dari bagiannya. Sementara ada juga nozzle yang berdasarkan dari fluida, yaitu seperti nozzle gas, angin, dan bahkan juga ada cairan.

Inilah Fungsi dan Kegunaan dari Nozzle di Genset

Berikut adalah fungsi serta kegunaan dari nozzle pada Genset, yang dimana fungsi dan kegunaannya kurang lebih pastinya sama dengan nozzle pada mesin-mesin lainnya.


  • Nozzle berguna sebagai pengontrol laju aliran/arah aliran bahan bakar Genset.

  • Nozzle juga bisa berguna sebagai pengontrol tekanan cairan pada Genset.

  • Nozzle bisa digunakan sebagai pengubah energi tekanan & panas menjadi energi kinetik.

  • Nozzle mampu mengarahkan pancaran/semburan jet fluida ke arah tertentu atau sering juga disebut sebagai sudut nozzle.

  • Penggunaannya di dalam mesin turbo dapat menghasilkan energi karena dapat memanfaatkan energi kinetik yang terdapat di dalam fluida ketika mengalir melalui nozzle.

  • Nozzle berfungsi untuk menghantarkan bahan bakar diesel dari injection pump ke dalam silinder pada setiap akhir langkah kompresi mesin Genset.


Jadi itulah nozzle pada Genset yang perlu anda ketahui lebih dalam. Nah semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, atau bahkan juga dengan yang lainnya dengan cara anda share artikel ini kepada yang lainnya juga. Bilamana anda tertarik ingin memiliki Genset, maka kami rekomendasikan Genset terbaik yaitu Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka anda bisa kunjungi di IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.