Mengenal Lebih Jauh Tentang Obeng Bintang dan Fungsinya yang Wajib Diketahui



Hampir semua orang di seluruh dunia pastinya tahu apa itu obeng? Ya obeng adalah salah satu alat perkakas yang dapat digunakan untuk berbagai hal, mulai dari mengencangkan baut hingga mengendorkan baut, dan lain sebagainya. Namun pada dasarnya itu adalah kegunaan dari 2 obeng umum yang ditemukan, tetapi berbeda dengan obeng-obeng jenis lain yang memiliki kegunaannya sendiri.


Contoh obeng yang unik dan memiliki kegunaan sendiri, obeng tersebut bernama obeng bintang. Lalu apa itu obeng bintang dan apa kegunaannya yang bisa dilakukan oleh obeng bintang? Nah untuk menjawab itu, maka anda semua bisa simak artikel ini selengkapnya! Silahkan simak, karena artikel pada kali ini bisa membuat anda semakin mengenal dengan obeng bintang.


Apa Itu Obeng Bintang?

Obeng bintang itu bukan obeng yang bentuknya seperti bintang di seluruh bentuknya, ataupun obeng yang bukan memiliki motif dan warna menyerupai bintang. Nah obeng bintang itu adalah obeng yang ujung pada obeng tersebut menyerupai bintang, tetapi dengan ujung siku yang tumpul alias tidak lancip seperti bintang sebenarnya. Nah selain itu, obeng bintang sendiri juga bisa dikenal sebagai obeng torx, dimana obeng tersebut merupakan salah satu tipe obeng yang terkenal, dan sering digunakan untuk fungsi keamanan, tetapi sejak itu menjadi populer di bidang komersial.


Fungsi dari Obeng Bintang yang Perlu Anda Ketahui

Obeng torx atau obeng hexalobular, atau bisa juga obeng bintang atau belimbing, merupakan obeng yang memang didesain untuk dapat menahan torsi besar pada saat pengencangan. Nah pada kepala obeng bintang sendiri, sudah dikembangkan pada tahun 1967 oleh Camcar Textron dan sering digunakan pada industri otomotif serta elektronik, itu karena keunggulannya yang tidak mudah slip pada saat melakukan pengencangan.


Obeng bintang sendiri memiliki bentuk dengan 6 lipatan simetris, sehingga dengan begitu maka obeng jenis bintang ini dapat juga digunakan untuk membuka baut jenis hex, tetapi itu harus dengan ukuran yang sesuai untuk menghindari terjadinya kerusakan pada baut atau obeng bintang itu sendiri. Nah menariknya lagi, kepala dari obeng bintang juga memiliki beberapa macam, seperti ada yang motif gerigi, dan lain sebagainya yang memang sudah disesuaikan.


Nah tentunya, masing-masing jenis dari obeng bintang merupakan pengembangan dari jenis Torx. Sehingga dengan begitu obeng tersebut memang sudah memiliki kelebihan seperti anti slip, keamanan, torsi yang lebih baik, dan juga pastinya sudah bisa lebih pas untuk digunakan. Intinya dalam menggunakan obeng bintang, anda jangan pernah menggunakannya pada ulir baut yang berbeda, karena jika dipaksakan itu hanya bisa merusakan saja.


Jadi itulah yang perlu anda ketahui mengenai obeng bintang dan juga fungsi kegunaannya. Nah tentunya dengan menyimak artikel ini, pastinya bisa membuat anda semakin tertarik dengan obeng. Oleh karena itu jika memang demikian, maka rekomendasi obeng terbaik atau perkakas terbaik dari kami adalah Tenka, dimana itu bisa anda miliki serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Sekian artikel dari kami, semoga bisa menjadi manfaat yang sangat bermanfaat untuk anda, yaitu mengenai obeng bintang dan kegunaannya. Anda bisa coba share artikel ini kepada yang lainnya, baik itu menggunakan media sosial atau media lainnya, hal itu agar yang lainnya juga dapat mengenal lebih dekat mengenai obeng bintang.