Inilah yang Dimaksud dengan Obeng Elektrik dan Kegunaannya



Merupakan alat atau perkakas yang sangat berguna dan bermanfaat, obeng tentunya digunakan dengan secara langsung, yaitu menggunakan tenaga manual alias tangan dan jari manusia. Namun karena semakin berkembangnya zaman, dimana hampir semua menggunakan elektrik, obeng juga tidak kalah untuk menjadi elektrik, dimana kini sudah ada obeng dengan sistem pengoperasian elektrik.


Pastinya ada beberapa diantara anda yang bingung dengan obeng elektrik, bagaimana konsepnya, cara kerjanya, lalu bentuk dan sebagainya. Nah jika memang ada yang demikian, maka artikel kali ini tepat untuk anda dalam mengetahui hal-hal tersebut. Maka dari itu bagi anda yang ingin lebih mengenal obeng elektrik, maka artikel ini bisa anda simak selengkapnya sekarang juga!


Inilah yang Dimaksud dengan Obeng Elektrik

Bukan obeng yang berbentuk elektrik, tetapi obeng yang memang sudah menggunakan sistem pengoperasian secara elektrik. Obeng elektrik bisa juga dibilang sebagai obeng listrik, itu karena memang ia menggunakan tenaga listrik dalam menggunakannya. Nah sumber listrik dari obeng elektrik sendiri dapat berupa listrik langsung dari PLN, atau bisa juga menggunakan adaptor, ataupun menggunakan baterai yang dapat dicharge jika habis. Diketahui, model yang menggunakan baterai, maka biasanya obeng elektrik tersebut disebut juga dengan “cordless screwdrivers”, itu karena obeng tersebut dapat dibawa kemana-mana tanpa kabel.


Inilah Fungsi Serta Kegunaan dari Obeng Elektrik

Layaknya obeng pada umumnya, jelas obeng elektrik dapat digunakan untuk mengencangkan atau memasang baut yang sesuai dengan ujung dari obeng elektrik tersebut, baik itu bisa plus atau minus. Selain mengencangkan, obeng elektrik juga bisa digunakan untuk mengendorkan atau mengeluarkan baut dari tempatnya, baik itu bisa juga dengan baut minus ataupun yang plus.


Nah memang kegunaannya sendiri cukup sama dengan obeng-obeng manual yang ada, obeng kembang dan min. Namun obeng elektrik tentunya memiliki keuntungan dan kelebihan yang bisa bermanfaat dan tidak dipunyai oleh obeng manual. Yaitu yang pertama yang sudah jelas adalah kecepatan dalam mengendorkan dan mengencangkan baut, dimana obeng elektrik cenderung lebih cepat karena menggunakan tenaga mesin yang bersumber dari listrik yang didapat.


Karena tidak membutuhkan tenaga manusia, maka jelas obeng elektrik bisa menghemat tenaga yang menggunakannya, sehingga hal tersebut dapat membuat kemudahan serta kenyamanan bagi yang menggunakannya. Menariknya, cara menggunakan obeng elektrik juga mudah untuk diterapkan, yaitu hanya menekan tombol start untuk menghidupkan mesin, lalu untuk mematikannya maka lakukan sebaliknya.


Meski begitu, obeng elektrik ini bisa juga digunakan untuk membolongi suatu objek benda layaknya mesin bor, tetapi itu jika ujung pada obeng tersebut memang sudah sesuai dengan mata bor yang sebenarnya. Nah perlu anda ketahui, obeng jenis elektrik pada umumnya memiliki kelengkapan mata sekrup plat dan kembang, sehingga ia bisa digunakan pada beberapa sektor yang tidak terbatas adanya.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai obeng listrik, baik itu pemahamannya dan juga fungsi serta kegunaannya. Bilamana anda tertarik dengan obeng karena membaca artikel ini, maka rekomendasi obeng dan juga perkakas terbaik untuk anda adalah Tenka. Mengenai perkakas Tenka, anda bisa kunjungi di IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga anda yang membacanya bisa mengetahui dan mengenal lebih dekat dengan obeng elektrik. Pastikan juga anda membuat yang lainnya tahu dan mengenal obeng elektrik, dimana itu bisa anda wujudkan dengan share artikel ini melalui media yang ada dan tersedia.