Inilah yang Dimaksud dengan Obeng Kembang dan Fungsi Lengkapnya



Untuk mengencangkan baut atau sekrup, maka tidak bisa hanya mengandalkan tangan kosong, itu karena anda memerlukan perkakas untuk melakukannya. Namun pemilihan perkakas juga tidak bisa sembarangan, seperti baut yang bisa dikencangkan menggunakan Tang adalah salah, karena yang sebenarnya benar adalah menggunakan obeng. Namun sekali lagi, obeng juga harus sesuai dengan baut dan sekrupnya.


Nah pada kesempatan kali ini, melalui artikel ini, kami akan bantu memberikan pengenalan lebih kepada anda tentang salah satu jenis obeng yang umum ditemukan. Obeng tersebut adalah obeng plus, atau biasa dipanggil banyak orang dengan obeng kembang. Oleh karena itu, bagi anda yang masih belum paham dengan obeng kembang, dan juga kegunaanya. Maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Mengenal Apa Itu Obeng Kembang?

Obeng kembang bukan berarti bentuknya seperti kembang, atau motifnya ada kembangnya. Karena yang sebenarnya obeng kembang itu dilihat dari ujung seperti kembang, atau bisa juga plus yang mana obeng tersebut juga dikenal dengan nama obeng plus. Nah cirinya sendiri tentunya mirip dengan obeng min atau flathead, tetapi yang paling membedakan adalah ujungnya. Jadi agar anda tidak salah memilih obeng, maka anda bisa pastikan atau lihat ujung obeng tersebut, jika plus berarti itu kembang, dan jika min maka itu bukan obeng kembang melainkan itu obeng min.


Fungsi Obeng Kembang yang Perlu Anda Ketahui

Tentunya fungsi obeng satu ini cukup sama dengan obeng-obeng lainnya, tetapi kami akan jelaskan lebih rinci agar anda semakin memahaminya.


Untuk Mengencangkan Baut

Obeng memang pada dasarnya bisa digunakan untuk mengencangkan baut, tetapi untuk obeng kembang satu ini tidak berlaku untuk semua baut. Hal itu karena obeng kembang memiliki ujung yang berbentuk seperti plus, sehingga maka jelas baut atau sekrup yang ingin dikencangkan harus juga memiliki kepala yang sesuai dengan ukuran dari plus atau kembang tersebut. Bilamana anda mencoba menggunakan untuk mengencangkan baut yang berkepala lain seperti min, maka itu hanya akan merusak baut tersebut, sehingga nantinya bisa bopak dan berakibat tidak bisa dipakai lagi.


Untuk Mengendorkan atau Melepaskan Baut

Obeng memang pada dasarnya bisa digunakan untuk mengendorkan atau melepaskan baut, tetapi untuk obeng kembang satu ini tidak berlaku untuk semua baut. Nah sama dengan fungsi diatas, obeng kembang jelas hanya bisa mengendorkan atau melepaskan baut yang memiliki ujung kepala yang juga sama berbentuk plus atau kembang. Oleh karena itu, jika anda ada yang memaksakan menggunakan obeng kembang untuk membuka baut yang salah, maka hal tersebut bisa membuat baut dan juga tumpuannya itu slek. Yang mana itu berakibat akan sulit untuk membuka atau mengencangkannya kembali.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui tentang obeng kembang atau plus, baik itu pemahamannya hingga fungsinya. Tentunya membaca artikel ini bisa membuat anda semakin tertarik untuk mempunyai obeng. Oleh karena itu jika memang begitu, maka rekomendasi obeng terbaik kami adalah Tenka, dimana itu bisa anda miliki serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Sekian sudah artikel dari kami pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat untuk anda dalam mengetahui lebih jauh tentang obeng kembang atau obeng plus. Pastikan juga anda share artikel ini kepada yang lainnya, hal itu agar mereka juga bisa semakin mengenal mengenai obeng kembang atau obeng plus.