Yuk Simak Definisi dari Obeng Min dan Fungsi Serta Kegunaannya



Alat atau perkakas adalah benda yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari. Nah contoh alatnya ada palu, tang, gergaji, cangkul, dan bahkan obeng. Namun tahukah anda? Beberapa benda yang digunakan sehari-hari seperti garpu, sendok, dan pensil juga termasuk sebagai alat, tetapi perbedaannya hanya tujuan dari alat tersebut diciptakan.


Salah satu perkakas yang cukup umum ditemukan dan juga banyak ragam serta jenisnya, perkakas tersebut adalah obeng. Namun salah satu jenisnya yang paling sering digunakan di beberapa sektor, obeng tersebut adalah obeng min atau minus. Agar anda semakin mengenal tentang obeng min, maka anda perlu simak artikel ini selengkapnya! Hal itu karena ada penjelasan mengenai obeng min dan juga fungsi serta kegunaannya.


Mengenal Lebih Jauh Mengenai Obeng Min

Obeng min atau obeng minus, pada dasarnya adalah salah satu jenis obeng, yang mana bahkan sangat mirip fisiknya dengan plus atau kembang. Namun perbedaan paling terlihat dari min dan plus, yaitu ujung dari obeng tersebut. Obeng plus atau kembang memiliki ujung yang menyerupai kembang atau plus, sementara obeng min memiliki ujung yang bisa menyerupai min atau minus. Tentunya bukan hanya itu saja perbedaan dari kedua obeng tersebut, melainkan ada juga dari kegunaannya obeng min atau obeng flathead.


Inilah Fungsi Serta Kegunaan Obeng Min


Mengencangkan Baut

Fungsi obeng yang paling utama adalah mengencangkan baut, tetapi bukan semua baut. Obeng min dapat mengencangkan baut, yang mana tentunya baut tersebut harus baut yang memiliki kepala dengan ulir minus juga. Jadi bukan hanya bisa memasang, obeng min juga bisa mengencangkan baut atau sekrup minus.


Mengendorkan Baut

Selain dikencangkan, obeng min juga dapat digunakan untuk mengendorkan baut, tetapi sekali lagi bukan semua baut ataupun sekrup. Obeng min dapat mengendorkan baut khusus yang memiliki ujung kepala berbentuk minus, selain itu ia juga dapat digunakan untuk melepaskan baut minus tersebut dari tempatnya.


Mencongkel Objek yang Rapat

Selain fungsi utama mengendorkan atau mengencangkan baut atau sekrup, obeng min juga dapat berguna untuk hal lain. Contohnya seperti bisa digunakan untuk mencongkel objek yang rapat, dimana andalannya terletak pada ujung obeng min tersebut, itu karena berbentuk datar menipis. Untuk mencongkelnya juga diperlukan tenaga, atau bisa juga mengandalkan alat lain, seperti palu dan sebagainya.


Bisa Menjadi Alternatif Pengganti Obeng Plus

Nah obeng min juga bisa menjadi pengganti obeng plus dalam mengendorkan atau mengencangkan baut atau sekrup plus. Itu karena ujung min tersebut bisa digunakan dengan benar kepada plus, sehingga dengan secara hati-hati maka baut atau sekrup plus bisa berputar dengan obeng min. Namun jangan selalu mengandalkan alat tersebut, karena baut atau sekrup sejatinya harus menggunakan alat yang benar yaitu obeng plus juga.


Dapat Digunakan Untuk Membuat Lubang

Obeng minus dapat digunakan untuk membuat lubang, yang dimana itu bisa dilakukan dengan cara memalu ujung belakang obeng min pada posisi obeng yang sudah disesuaikan. Namun sekali lagi, ini hanya cara alternatif yang tidak direkomendasikan untuk selalu digunakan, karena yang benar adalah menggunakan palu dan juga paku yang tepat.


Sekian sudah artikel kami pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan anda dan juga yang lainnya. Bilamana anda tertarik dengan obeng min atau obeng lainnya atau perkakas lainnya, maka rekomendasi terbaik kami adalah Tenka. Mengenai produk perkakas Tenka, anda bisa kunjungi di IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.