Mengenal Apa Itu Obeng Pipih dan Kegunaannya Dibandingkan Obeng Lainnya



Dalam lingkup komponen elektronik, pastinya banyak komponen yang terpasang pada 1 elektronik, tetapi untuk memasang komponen tersebut dibutuhkanlah baut. Nah baut juga tidak semata-mata dapat dipasang begitu saja, karena komponen yang ingin dipasangkan baut harus ada dudukan baut yang tepat dan juga sesuai. Bukan hanya itu, untuk memasang baut juga diperlukan suatu alat, yang dimana alat tersebut adalah obeng.


Obeng tentunya bisa digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut, tetapi itu harus sesuai dengan kepala dari baut itu sendiri. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan kepada anda salah satu obeng yang paling terkenal dan umum ditemukan di banyak tempat, obeng tersebut adalah obeng pipih. Maka dari itu bagi anda yang ingin tahu obeng tersebut dan juga kegunaannya, maka simak artikel ini selengkapnya!


Mengenal Lebih Jauh Mengenai Obeng Pipih

Apa itu obeng pipih? Pastinya itu adalah obeng, dan juga termasuk dalam salah satu jenis obeng yang bisa digunakan pada beberapa pekerjaan. Nah seperti yang sudah kami maksudkan sebelumnya, obeng pipih itu adalah obeng yang paling terkenal dan umum ditemukan di banyak tempat, dimana memang fungsinya paling banyak diketahui orang.


Pastinya ada diantara anda yang bingung tentang obeng pipih, karena memang namanya yang cukup aneh. Namun jika anda perhatikan nama dari obeng tersebut, pipih yang berarti tipis atau rata, maka dapat disimpulkan obeng tersebut memiliki mata obeng yang tipis, alias obeng minus nama yang paling banyak diketahui banyak orang dibanding dengan nama pipih atau obeng pipih.


Inilah Fungsi Serta Kegunaan dari Obeng Pipih


Memasang atau Mengencangkan Baut, Mur, atau Sekrup

Fungsinya jelas sama dengan obeng pada umumnya, yaitu untuk mengencangkan dan memasang baut, mur, ataupun sekrup pada dudukan baut yang ada. Namun tidak semua baut atau sekrup dapat diputar menggunakan obeng pipih atau minus, karena obeng tersebut hanya dapat digunakan untuk memasang atau mengencangkan baut yang memang memiliki kepala berupa minus. Tetapi perlu anda ketahui, baut kepala plus juga bisa dipasang menggunakan obeng minus ini, tetapi itu perlu juga sesuai dengan ulir minus dari obeng pipih.


Melepas atau Mengendorkan Baut, Mur, atau Sekrup

Lawan kata dari memasang atau mengencangkan adalah melepas atau mengendorkan, jadi pastinya obeng pipih atau minus dapat digunakan untuk melepas dan juga mengendorkan baut, mur, ataupun sekrup. Sama dengan memasang atau mengencangkan baut, obeng pipih juga pastinya hanya bisa digunakan untuk melepas atau mengendorkan baut yang memiliki kepala berupa ulir minus, sehingga hanya beberapa baut yang dapat dikaitkan dengan obeng pipih. Sama dengan memasang atau mengencangkan, obeng pipih juga dapat melepas atau mengendorkan baut kepala plus, tetapi itu juga harus sesuai dengan ulir minus dari obeng pipih.


Mencongkel Objek yang Rapat

Selain digunakan pada 2 fungsi yang sebenarnya, yaitu memasang dan melepaskan, obeng pipih juga bisa digunakan untuk keperluan lain yaitu untuk mencongkel objek yang tertutup rapat. Nah penggunaannya adalah dengan mengandalkan ujung tipis dari obeng pipih, lalu kemudian ujung tersebut dimasukan pada objek rapat yang memang bisa dimasukan pada obeng pipih. Lalu kemudian obeng pipih hanya perlu diberikan tenaga dorong agar objek dapat terbuka.


Jadi itulah obeng pipih dan juga kegunaannya yang sering digunakan. Semoga bermanfaat untuk anda dan semuanya dalam mengetahui lebih dalam tentang obeng pipih. Menyimak artikel ini pastinya membuat anda semakin tertarik dan tahu bahwa obeng pipih begitu berguna, oleh karena itu rekomendasi obeng pipih terbaik dari kami jatuh pada merk Tenka. Mengenai perkakas Tenka, semua itu bisa anda ketahui lebih lanjut hanya di IndahJaya.com