Mengenal Apa Itu Obeng Shock dan Kegunaan Serta Fungsinya



Obeng memang salah satu perkakas yang paling umum ditemukan di beberapa tempat, seperti di bengkel dengan mekanik, maupun di tempat servis komputer, atau tempat lain sebagainya. Nah hal itu memang wajar, karena memang obeng memiliki banyak kegunaan, salah satunya yang paling jelas adalah kegunaan untuk baut atau sekrup, baik untuk mengencangkan atau mengendorkannya.


Obeng biasanya memiliki bentuk yang lancip pada ujungnya, hal itu bertujuan agar ia bisa memasuki lubang kepala dari baut atau sekrup, yang memang harus sesuai dengan jenisnya, seperti plus untuk plus dan sebagainya. Namun tahukah anda? Bahwa sebenarnya obeng tidak selalu memiliki ujung yang lancip, karena ada juga obeng yang bahkan ujungnya malah berbentuk lubang. Obeng tersebut adalah obeng shock, yang mana kami akan jelaskan kepada anda di bawah ini!


Mengenal Lebih Dekat Mengenai Obeng Shock

Shock bisa juga dibilang sebagai suatu keadaan yang mengagetkan bagi seseorang, tetapi itu bukan berarti bisa disimpulkan untuk obeng shock. Nah obeng shock sendiri memiliki pemahamannya sendiri, dimana obeng shock adalah obeng yang kepala ujungnya tidak sama dengan obeng pada umumnya. Itu karena seperti yang sudah kami beritahu, obeng shock itu memiliki ujung kepala yang berlubang, dimana memang kegunaanya untuk baut atau mur tertentu saja. Perlu anda ketahui, obeng shock sendiri tidak terdiri dari 1 model saja, karena ada beberapa model obeng shock yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda, alias hanya berbeda dari handlenya saja bukan pada mata dari obeng tersebut.


Kegunaan dan Fungsi dari Obeng Shock yang Wajib Diketahui

Obeng shock memang adalah salah satu jenis obeng yang pada dasarnya memiliki kegunaan dan fungsi yang sama pada obeng umumnya, tetapi perbedaannya yang paling jelas sekali hanyalah pada objek yang akan dikendorkan atau dikencangkan, alias baut atau mur itu sendiri. Nah obeng shock memang sangat berfungsi untuk membuka mur dan baut, yang dimana bentuknya itu memiliki segi enam.


Diketahui memang untuk membuka mur dan baut bentuk segi enam atau hex hanya dapat membukanya dengan kunci ring atau pas, kunci inggris, ataupun jenis soket dengan gagang besar berbentuk L atau model ratchet. Namun dengan obeng shock, penggunaan tersebut juga memungkinkan bagi obeng tersebut, sehingga obeng shock dapat dijadikan sebagai obeng alternatif untuk penggunaan alat-alat lain yang dapat membuka mur berbentuk segi enam.


Untuk penggunaannya, pastinya mudah untuk anda ketahui, karena cara penggunaannya sama dengan obeng pada umumnya. Nah penggunaan obeng shock juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ingin anda lakukan untuk membuka atau memasang mur segi 6, dimana itu bisa dilakukan dengan obeng shock yang memang handlenya bisa diganti dengan handle yang bisa memungkinkan mencapai area tertentu.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai obeng shock, baik pengenalannya maupun kegunaannya. Tertarik dengan obeng shock atau mungkin sedang mencari obeng berkualitas? Maka anda bisa kunjungi ke IndahJaya.com, karena disitu ada produk perkakas yang menjadi rekomendasi terbaik kami, yaitu perkakas Tenka.


Sekian sudah artikel dari kami pada kesempatan kali ini, yang mana bisa membuat anda semakin untuk mengenal obeng yang dikenal dengan nama obeng shock. Bilamana masih ada yang belum paham mengenai obeng shock, maka anda bisa share artikel ini kepada yang lainnya, hal itu agar banyak orang yang bisa mengenal lebih dekat alat yang bernama obeng shock.