Yuk Simak Obeng Terdiri Atas Tiga Bagian Penting, Apa Saja Ya?


Dalam beberapa alat atau komponen yang terpasang, bisa mesin atau sebagainya, pastinya akan ada baut, mur, bisa juga sekrup yang bertujuan untuk menyambungkan komponen tersebut pada objek yang dipasangnya. Nah untuk memasang baut atau sekrup, maka pastinya obeng sangat diperlukan. Namun obeng yang bisa digunakan pastinya harus sesuai dengan baut atau sekrup tersebut, alias sesuai dengan ulir kepala si baut.


Nah dengan banyaknya jenis baut dan mur, maka obeng juga mengikuti dengan memiliki banyak jenis yang dapat disesuaikan dengan baut atau mur tersebut. Namun tentunya hampir semua obeng pada dasarnya memiliki 3 komponen penting yang harus pada obeng, karena jika kurang 1 atau tidak ada sama sekali, maka itu bukanlah obeng yang sebenarnya. Maka dari itu penting sekali anda mengetahui 3 komponen penting dari obeng, yang dimana anda bisa ketahui di artikel ini!


Inilah 3 Bagian Penting Pada Obeng yang Perlu Anda Ketahui Semuanya


Jika anda berniat ingin membeli suatu obeng jenis apapun, maka pastikan obeng tersebut memiliki 3 bagian penting yang akan kami jelaskan ini. Karena jika memang obeng tersebut hanya memiliki 1 atau 2 bagian saja, maka pastinya itu bukanlah obeng yang terbaik dan berkualitas. Sehingga dengan begitu maka anda perlu mencari obeng lain, yang dimana obeng tersebut memiliki 3 bagian penting yang ada di bawah ini.


1. Batang Logam

Obeng pada dasarnya terbuat dari material logam, yang dimana itu bisa diputar dengan objek tertentu. Nah jika ada obeng yang tidak memiliki batang logam, maka itu bukanlah obeng. Karena bagaimana caranya untuk membuat sesuatu jika batang logamnya saja tidak ada. Anehnya lagi, obeng yang hanya terdiri dari grip pastinya itu bukan obeng. Jadi dengan demikian, meskipun ada batang logam obeng yang tidak memiliki mata obeng, maka itu masih bisa dikatakan sebagai obeng, yang dimana bisa menjadi obeng untuk membuka ulir shock layaknya obeng shock.


2. Mata Obeng

Mata obeng tentunya sangat penting sekali untuk membuka baut, mur, atau sekrup yang memang sesuai dengan mata obeng tersebut. Nah walaupun hanya ada batang logam obeng, tetapi jika baut, mur tersebut memiliki kepala ulir berbentuk minus atau plus, maka tentu obeng tersebut tidak akan bisa membuka atau mengencangkan baut dan mur tersebut. Namun mata obeng juga harus terdiri dari beberapa mata obeng, karena seperti yang kita tahu, bahwa baut, mur, dan sekrup, masing-masing tidak sama satu dengan yang lainnya. Jadi penting sekali untuk mempunyai segala jenis mata obeng.


3. Grip atau Gagang Obeng

Mungkin tanpa grip, obeng logam dengan matanya masih bisa digunakan, yang mana bisa menggunakan tangan untuk memegang batang logam obeng, atau bisa juga mengandalkan tang untuk memutar batang logam dari obeng. Namun tentu itu sangat tidak efisien, karena feel putar atau momentum putar dari baut akan salah, sehingga bisa baut atau obeng lama-kelamaan akan soak. Maka dari itu, penting sekali obeng memiliki grip yang tepat, yang mana pastinya sesuai dengan tangan manusia.


Jadi itulah ketiga bagian penting pada obeng, yang dimana ketiganya harus ada pada obeng yang sebenarnya. Semoga jadi manfaat untuk anda semua, terutama bisa di share kepada yang lainnya. Bilamana anda tertarik dengan obeng yang memang memiliki ketiga bagian penting tersebut, maka obeng tersebut ada pada produk perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka yang terbaik dan berkualitas, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.