Mengenal Apa Itu Obeng Tespen Serta Kegunaannya dalam Keseharian



Ada banyak sekali jenis obeng yang ada dan berguna saat ini, yang mana itu semua digolongkan dari kegunaan serta fungsi yang sebenarnya. Terkadang obeng yang paling umum dikenal adalah obeng yang digunakan untuk mengencangkan baut atau mengendorkan baut, yaitu obeng min dan juga obeng plus. Namun selain daripada 2 obeng terkenal tersebut, ada juga obeng lain yang sangat erat dengan teknisi listrik.


Nah obeng tersebut adalah obeng yang akan jadi topik utama artikel ini, yaitu obeng yang bernama Tespen. Apa itu obeng tespen dan apa kegunaan dari obeng tersebut, semua itu akan kami jelaskan kepada anda melalui artikel pada kesempatan kali ini. Maka dari itu, bagi anda yang ingin tahu lebih jauh tentang obeng tespen, maka simak artikel ini selengkapnya!


Apa Itu Obeng Tespen?

Obeng tespen adalah salah satu jenis obeng, dimana ia adalah sebuah alat yang berbentuk seperti obeng min. Namun fungsi serta kegunaannya tidak sama dengan obeng min itu sendiri. Lalu obeng tespen sendiri adalah salah satu alat yang banyak dipakai oleh teknisi, karena memang sebagian besar tujuan dari obeng tespen itu menyangkut dengan teknik listrik. Nah ciri identik obeng tespen memiliki jepitan seperti pulpen yang dipasangkan pada bagian ujung atas, dimana itu untuk memudahkan ketika dibawa di lapangan. Karena bentuk obeng tespen yang relatif kecil, maka kelebihannya tersebut dapat menjadikannya sangat mudah untuk dibawa dan disimpan pada saku kemeja.


Fungsi Serta Kegunaan dari Obeng Tespen

Obeng tespen memiliki fungsi yang dapat digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya tegangan dan arus listrik yang mengalir pada suatu benda atau instalasi listrik. Selain untuk mengecek ada tidaknya arus listrik, ujung obeng tespen yang berbentuk minus juga dapat digunakan sebagai obeng biasa pada umumnya, yaitu untuk memutar sekrup.


Selain itu, pada sebuah obeng tespen terdapat beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing, antara lain seperti sebuah isolator, karbon arang, dan juga lampu pilot yang berguna sebagai indikator yang menandakan adanya arus listrik yang mengalir di obeng tespen.


Lalu untuk cara kerja dari obeng tespen sendiri memang mirip seperti sebuah alat ukur, tetapi jika dibandingkan dengan sebuah alat ukur pada umumnya, obeng tespen lebih tepat disebut sebagai alat tester. Nah dengan berkembangnya teknologi, obeng tespen kini semakin populer, bukan hanya di kalangan teknisi tetapi juga di kalangan masyarakat umum.


Cara Kerja Obeng Tespen

Meski sudah mengetahui apa itu obeng tespen dan apa fungsinya, maka semua itu sia-sia jika anda tidak mengetahui cara menggunakannya atau cara kerjanya. Cara kerja obeng tespen berada di bagian paling ujung bawah sebagai probe yang berhubungan langsung dengan aliran listrik yang diukur. Selain itu sebagai probe, bagian ujung tespen ini juga dapat berfungsi sebagai obeng biasa, yang mana pada bagian probe ini terhubung dengan sebuah batang arang atau batang karbon.


Nah batang arang tersebut berfungsi sebagai resistansi listrik yang akan menurunkan tegangan/arus yang melewati probe menjadi lebih rendah. Jadi secara teknis batang arang tersebut tidak akan berbeda dengan sebuah resistor biasa yang memiliki tahanan tertentu. Dimana itu biasanya hambatan yang terdapat pada batang arang ini akan berkisar 10 MΩ.


Itulah segalanya yang perlu anda ketahui tentang obeng tespen, kiranya bisa jadi manfaat dan juga penambah wawasan bagi anda dan semuanya. Jika anda tertarik dengan obeng tespen atau obeng lainnya, maka perkakas terbaik tersebut ada di produk Tenka. Mengenai perkakas Tenka, anda bisa kunjungi di IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.