Yuk Simak Apa Itu Obeng Torsi dan Fungsi Serta Kegunaannya



Baut, mur, dan juga sekrup, memiliki beberapa ukuran dan juga jenis, yang mana itu bisa digunakan atau disesuaikan dengan obeng. Nah obeng pun juga demikian, dimana obeng memiliki beberapa ukuran dan juga beberapa jenis yang bisa digunakan atau disesuaikan dengan baut, mur, dan juga sekrup yang sesuai dengannya.


Perbedaan satu obeng dengan obeng lainnya, mungkin yang paling jelas dan umum ada di mata obengnya. Namun ternyata ada juga obeng yang berbeda dengan obeng lain, tetapi dari mekanisme penggerak obeng itu sendiri, dimana itu salah satunya adalah obeng torsi. Nah apa itu obeng torsi dan apa saja fungsi serta kegunaannya, semua itu akan kami jelaskan di artikel ini. Maka dari itu silahkan anda simak selengkapnya!


Apa Itu Obeng Torsi?


Obeng adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut, sementara torsi adalah suatu gerakan berupa dorongan yang terjadi antara piston dan poros engkol, jadi apa yang dimaksud dengan obeng torsi? Obeng torsi adalah obeng yang dilengkapi komponen dan mekanisme khusus yang berfungsi untuk mengatur seberapa besar torsi yang akan dihasilkan dari obeng tersebut.


Perlu anda ketahui, satuan yang biasa dipakai untuk torsi adalah N.m atau Newton meter, yang mana obeng tersebut biasanya bisa diatur besaran torsinya mulai dari 0.04 N.m sampai setidaknya 27 N.m. Namun secara umum, tidak ada satu obeng yang bisa mengakomodir semua besaran tersebut, tapi biasanya obeng dengan torsi dibagi 3 kategori berdasarkan kekuatan torsinya, mulai dari rendah, menengah, hingga tinggi.


Jadi dengan begitu maka jelas obeng torsi adalah jenis obeng yang bisa diatur besaran target torsi yang ingin dicapai, dimana besaran torsi didapat dari standar sekrup atau baut dari manufakturnya. Sebagai tambahan, terdapat 3 jenis teknologi yang digunakan pada obeng torsi, yaitu ada teknologi cam over, teknologi cushion clutch, dan juga teknologi berupa auto shut-off.


Fungsi Serta Kegunaan dari Obeng Torsi


Obeng torsi adalah jenis obeng yang bisa diatur besaran target torsi yang ingin dicapai, jadi secara sederhananya, torsi sendiri yang ada dapat dianggap sebagai besaran gaya yang terjadi akibat gerakan memutar, jadi saat anda memutar obeng torsi maka akan ada gaya putar yang terjadi agar baut/sekrup bisa ikut berputar. Nah kegunaan dari obeng torsi sendiri dapat berbeda dari jenisnya, jadi bukan hanya teknologinya saja yang berbeda dan mempengaruhi cara kerja dari obeng torsi.


Kegunaan dari obeng torsi yang paling utama jelas bisa digunakan untuk mengatur seberapa besar torsi yang akan dihasilkan oleh obeng tersebut, yang mana torsi dapat diatur secukupnya, supaya tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil agar efisien saat digunakan. Contohnya, obeng torsi biasa digunakan untuk menghasilkan kekuatan atau kekencangan baut yang harus seragam, sehingga dengan begitu maka obeng dengan torsi bisa membuat kualitasnya terjaga.


Lalu dari beberapa teknologi dan jenisnya, obeng torsi juga memiliki keunggulan yang berbeda. Seperti cushion clutch yang dapat memungkinkan mempunyai mekanisme sebuah tanda untuk penggunanya, ataupun rangkaian automatic atau manual dari masing-masing teknologi ataupun dari jenis obeng torsi itu sendiri.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai obeng torsi, baik itu pemahamannya ataupun fungsi serta kegunaannya. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya dan juga bisa menambah wawasan anda dalam dunia perkakas seperti obeng. Bilamana anda tertarik ingin memiliki obeng yang terbaik dan berkualitas, maka saran dan rekomendasi kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, anda bisa memiliki itu serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com