top of page

Optimalisasi Kinerja Pompa Celup Multi-tahap Melalui Perawatan Rutin



Pompa celup adalah pompa air dengan motor penggerak yang terletak berdekatan atau bergabung dengan bagian badan pompa tersebut. Tentu semua bagian dari pompa tersebut akan terendam di dalam air yang akan dipompa. Ini karena memang cara kerjanya yang harus senantiasa terendam air, dikarenakan jika beroperasi terus menerus dalam kondisi kering tanpa air maka pompa tersebut akan mengalami kerusakan.


Air merupakan kebutuhan primer sehari-hari untuk manusia, maka dari itu fungsi pompa air seperti celup sangat penting untuk menaikkan air dari sumbernya ke lokasi air yang akan dipakai atau menuju permukaan tanah. Pengerjaan dari pompa celup pun akan semakin optimal bila pompa celup dalam keadaan baik. Sebagaimana yang dimaksud adalah pompa celup tersebut adalah pompa celup yang terus dirawat dengan perawatan rutin.

Tahapan Merawat Pompa Celup Secara Rutin yang Bisa Optimalkan Kinerjanya

Merawat pompa celup bukan hanya satu kali saja, melainkan itu harus dilakukan dengan bertahap secara rutin dan berkala. Tapi itu juga harus menyertakan perawatan yang memang benar serta tepat adanya. Fungsi atau manfaat dari merawat pompa celup secara rutin pun adalah agar pompa tersebut jauh dari kerusakan, malfungsi, hingga bisa terus optimal ketika hendak digunakan.


Pompa celup yang dirawat memang akan membuat kinerja pompa celup menjadi lebih optimal, yang mana dampaknya dari itu akan membuat pompa celup berfungsi sebagaimana fungsinya. Sehingga dengan begitu maka tidak ada pekerjaan yang terhambat atau gagal dari adanya pompa celup yang tidak optimal. Oleh karena itu, maka penting sekali merawat pompa celup secara rutin, dimana itu adalah dengan tahapan berikut ini:

Selalu Memperhatikan Mesin Pompa Celup Secara Rutin

Pompa celup yang bisa menghasilkan kinerja optimal adalah pompa celup yang memang dirawat, terutama pada bagian mesinnya. Mesin pompa celup memang harus diperhatikan lebih mendalam, yakni dengan cara memeriksa kelancarannya .Nah Anda pun bisa melakukan perawatan ini dengan mengecek sebulan sekali atau dua bulan sekali. Tujuannya bila ada kerusakan atau gangguan pada mesin, maka Anda sudah dapat mengetahuinya sehingga untuk selanjutnya Anda paham bagaimana mengatasinya.

Memeriksa Daya Listrik yang Harus Memadai

Pompa celup bisa digunakan karena membutuhkan tenaga listrik, jadi pastikan sebelum menggunakan pompa celup Anda harus memiliki aliran listrik yang sesuai. Maksud jelasnya adalah tegangan yang mensuplai pompa celup haruslah cukup alias tidak lebih atau kurang. Jika ditemukan ada yang berlebihan maka itu akan membuat dinamo pompa celup tersebut cepat panas. Dampaknya bisa saja merusak kapasitor atau gulungan dalam motor dinamo pompa tersebut. Nah untuk menanggulanginya maka Anda bisa menggunakan stavolt atau stabilizer.

Memastikan Bagian Kabel dan Pipa Tepat

Perawatan rutin juga harus melibatkan pemeriksaan kabel dan pipa paralon yang memang berguna untuk mengetahui apakah terjadi kerusakan atau kabel dan pipa paralon tersebut. Hal ini perlu dilakukan karena biasanya kabel sering mengalami masalah seperti terkelupas bahkan pecah karena beberapa faktor. Jadi bila diketahui ada kerusakan maka segera Anda bungkus kabel tersebut dengan perekat yang kuat, termasuk juga pada paralon yang pecah atau bocor yang memang harus ditambal agar tidak mengalami kekurangan debit air yang diharapkan.

Bersihkan Selalu Pompa Celup Secara Berkala

Walau bisa digunakan secara terendam, pompa celup juga perlu yang namanya perawatan pada pembersihan komponennya. Hal ini agar kotoran tidak menghambat laju pergerakan motor pompa celup atau tidak menimbulkan potensi yang merusak komponen pompa celup. Jadi lakukan pembersihan pompa celup dengan secara rutin atau berkala, yang mana baiknya bisa 1 minggu sekali atau terserah Anda dengan waktu yang Anda bisa.


Itulah tahapan dalam melakukan perawatan rutin pompa celup agar dia bisa terus bekerja secara optimal. Sekian dari kami, semoga bermanfaat bagi Anda semua dan juga pompa celup Anda. Bilamana Anda tertarik dengan pompa celup, maka kami rekomendasikan yang terbaik dan berkualitas dari Tsurumi. Anda bisa dapatkan pompa celup Tsurumi dan mengetahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page