top of page

Pabrik Pengolahan Limbah: Solusi untuk Mengelola Limbah Industri dengan Benar



Limbah bisa tercipta dari adanya bahan yang sudah tidak terpakai atau tidak bernilai lagi, yang mana itu pun juga akan membuat limbah memiliki beberapa jenis, mulai dari fisik, hingga zat yang terkandung. Umumnya, limbah sangat kental datang dari industri, yaitu dari proses di industri yang cara pengolahannya melibatkan banyak bahan yang kemudian setelah dipakai dan tidak berguna lagi maka akan menjadi limbah.


Tidak semua industri yang menghasilkan limbah mau mengelola limbahnya, ataupun bertanggung jawab bagi limbah yang dihasilkan. Namun masih ada juga industri dan pabrik yang masih bertanggung jawab untuk mengelola limbah industri mereka, yakni dengan cara yang benar dan tepat yang memang menjadi solusi untuk tidak membuat limbah mereka mencemari lingkungan. Nah solusi yang mereka lakukan, persis seperti yang ada di bawah ini!


Solusi Mengelola Limbah Industri yang Ada Pada Pabrik Pengolahan Limbah


Limbah yang dihasilkan oleh industri sendiri memiliki keragaman jenis, seperti ada limbah cair, padat, dan bahkan gas yang memang semuanya tidak baik bagi lingkungan. Nah solusi agar limbah industri tidak mencemari lingkungan, bukan dari harus tidak adanya kegiatan industri, melainkan bisa dari cara dengan mengelolanya secara benar, yakni pada limbah yang dihasilkan oleh industri.


Umumnya, kegiatan mengelola limbah dari industri terjadi di pabrik pengolahan limbah, yang mana itu memang telah menjadi solusi tepat agar limbah bisa diolah dengan benar. Nah cara mengelola limbah industri tersebut, adalah dengan cara yang sesuai dengan jenis dari limbah industri itu sendiri, yakni:


Pengolahan Limbah Industri Padat

Industri bisa menghasilkan limbah yang bertekstur padat, yang mana itu adalah limbah yang cukup sulit untuk diolah. Cara pengolahan limbah industri padat yang bisa Anda lakukan adalah dengan penimbunan terbuka, sanitary landfill atau lubang yang sudah dilapisi tanah liat dan juga plastik, insinerasi, membuat kompos padat, daur ulang dan menjadi bahan kerajinan. Tidak hanya itu cara atau penerapannya bisa dari:


  • Penimbunan Terbuka: Pengolahan yang dapat dilakukan pada limbah padat dengan cara dibagi menjadi organik dan juga non organik. Limbah padat organik akan lebih baik ditimbun, sebab akan diuraikan oleh berbagai organisme pengurai dan bisa dimanfaatkan untuk membuat tanah menjadi lebih subur.

  • Sanitary Landfill: Cara yang menggunakan lubang yang telah dilapisi tanah liat dan juga plastik untuk mencegah pembesaran di tanah dan gas metana yang terbentuk bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik.

  • Insinerasi: Merupakan teknologi pengolahan sampah yang melibatkan pembakaran bahan organik. Cara ini bisa mengubah sampah menjadi abu, gas sisa hasil pembakaran, partikulat dan panas.

  • Membuat Kompos Padat: Cara ini membuat limbah padat yang sifatnya organik akan diolah kembali menjadi bahan yang bermanfaat dibandingkan limbah lainnya. Salah satunya adalah dijadikan sebagai kompos organik padat.

  • Daur Ulang: Membuat limbah padat yang bersifat anorganik dapat disortir ulang. Limbah padat yang masih bisa diproses kembali dan bisa didaur ulang menjadi barang yang baru atau dibuat menjadi barang lain yang memiliki nilai ekonomis seperti kerajinan dari bahan barang-barang bekas.


Pengolahan Limbah Industri Cair

Adalah pengolahan limbah yang efektif sebagai solusi polutan minyak dan juga lemak. Selain itu ada juga pengolahan sekunder menggunakan mikroorganisme untuk mengurangi bahan, pengolahan tersier yang bersifat khusus, desinfeksi dan sludge treatment atau pengolahan lumpur.


Pengolahan Limbah Industri Gas

Pengolahan limbah industri gas, merupakan pengolahan yang terdiri dari beberapa cara, seperti mengontrol emisi gas buang dan menghilangkan partikel dari udara pembuangan industri atau perusahaan.


Pengolahan Limbah Industri B3

Karena limbah B3 sangat berbahaya jika dibiarkan saja karena itu bisa menyebabkan dampak yang buruk, maka dengan begitu limbah ini perlu diolah dengan benar. Langkah yang bisa dilakukan untuk mengelolanya, yakni:


  • Metode pengolahan secara fisika, kimia dan biologi

  • Metode pembuangan limbah B3 yang terdiri dari sumur dalam atau sumur injeksi, kolam penyimpanan dan landfill.


Jadi itulah solusi untuk mengelola limbah industri dengan benar, yang mana itu ada pada pabrik pengolahan limbah. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat untuk Anda semua. Untuk membantu dalam mengelola limbah industri, maka pompa celup Tsurumi bisa Anda andalkan. Untuk mendapatkannya serta mengetahui lebih lanjut tentang pompa Tsurumi, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


Comentarios


bottom of page