Pahami Perbedaan Hoist, Monorail Hoist dan Crane


Pahami Perbedaan Hoist, Monorail Hoist dan Crane

Ketika membahas alat konstruksi, pasti Anda jadi bertanya-tanya mengenai perbedaan monorail hoist, hoist dan crane. Namun yang pasti, ketiganya saling berkaitan.


Secara umum, crane dapat diartikan sebagai mesin atau alat yang berfungsi untuk memindahkan barang bahkan dapat bergerak pada tiga sumbu X, Y, Z. Sedangkan hoist dan monorail menjadi bagian dari sistem crane itu sendiri. Untuk lebih detailnya, mari kita bedah satu persatu.


Perbedaan Hoist, Monorail Hoist dan Crane


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ketiganya memiliki perbedaan namun saling berkaitan satu sama lain. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:


1. Monorail Hoist


Ini adalah sebuah perangkat yang dapat melakukan dua gerakan, yaitu vertikal (atas/bawah) pada sumbu X dan horizontal di sepanjang balok monorail itu. Jadi jika suatu hoist diberi troli tambahan pada bagian atasnya, maka alat tersebut akan bergerak secara horizontal, inilah yang dinamakan hoist.


Bentuk lintasan balok monorel juga dapat disesuaikan dengan luas dan radius putar yang menggunakan troli khusus agar dapat berputar mengikuti lintasan monorel. Inilah yang memungkinkan kami untuk membuat supaya sistem monorail berkelanjutan.


Alat ini banyak digunakan untuk memindahkan barang dari area yang sempit dengan tempat produksi yang membutuhkan proses terus menerus seperti di pengecetakan.


2. Hoist


Hoist menjadi salah satu bagian/komponen crane yang berfungsi sebagai penggerak agar dapat naik, turun. Berdasarkan mekanisme dan cara kerjanya, hoist dari empat jenis yaitu manual, hydraulic, pneumatic dan electric hoist.


3. Crane


Lepas dari monorail hoist dan hoist yang telah dibahas sebelumnya, crane mampu melakukan minimal tiga gerakan. Diantaranya bergerak naik/turun (hoisting), kanan/kiri (crossing) dan maju/mundur (traversing) bahkan dapat memutar pada radius sumbu X.


Derek memiliki kerekan dan troli yang membuatnya bergerak ke atas/bawah dan bergerak ke kanan/kiri di sepanjang gelagar. Ini sama seperti pada derek yang berjalan di sebuah kapal dan bergerak di sepanjang boom pada derek jib.


Agar alat ini dapat bergerak maju/mundur, maka harus dipasang sadel atau end carriage yang memiliki roda, dengan begitu, derek dapat bergerak di sepanjang landasan. Lalu pada jib crane, perlu ditambahkan sepasang bantalan antara pilar dan boom sehingga crane mampu berputar dengan sudut 360 derajat.


Sebelum Membeli Monorail Hoist, Pastikan Dua Hal Berikut Ini:


Seperti yang kita tahu, ada beberapa hal yang harus ditekankan sebelum Anda membeli ala ini. Diantaranya sebagai beriku:


1. Pahami Kebutuhan Proyek


Hal utama yang harus dipastikan sebelum membeli monorail hoist adalah dengan memahami semua kebutuhan Anda dalam menjalankan sebuah proyek. Dengan begitu, mereka dapat membantu bahkan merancang pemilihan alat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.


Selain itu, pastikan Anda memiliki tenaga kerja yang profesional dan berpengalaman dalam mengoperasikan monorail ini. Ini perlu dilakukan untuk meminimalisir tingkat kecelakaan kerja seperti mengangkat dan memindahkan beban yang diangkat.


Maka tenaga profesional mampu memberikan penangan secara tepat. Hal inilah yang harus ditekankan pada sebuah industri, konstruksi atau pergudangan sehingga mampu mengurangi resiko kecelakaan kerja bagi tim di lapangan.


2. Cermati Lokasi Proyek


Selanjutnya, Anda harus melihat lokasi terlebih dahulu sebelum memilih monorail hoist, misalnya untuk di luar lapangan (outdoor) atau justru sebaliknya, indoor.


Biasanya pengguna memilih Type Gantry Crane & Semi Gantry Crane di luar ruangan karena lokasi nya hanya sementara atau tidak permanen, sehingga lebih mudah untuk dibongkar dan dipasang kembali dari lokasi lainnya.


Sementara untuk penggunaan di dalam ruangan, Anda bisa menggunakan jenis Overhead Crane, Underhung Crane, Jib Crane dan monorail hoist yang sesuai dengan kondisi ini.


Di dalam ruangan, biasanya deret gantung akan digunakan ketika jarak angkat sangat terbatas dengan situasi bangunan, lalu untuk kapasitas angkatnya harus di bawah 10 ton.


Biasanya penggunaan alat ini di dalam ruangan, dengan beban yang besar dan rentangnya juga cukup panjang, ini relatif digunakan oleh industri atau pabrik. Diatas adalah beberapa informasi penting seputar monorail hoist dan manfaatnya. Terlepas dari hal itu, pilihlah alat yang sesuai dengan kebutuhan.