top of page

Pemotongan Seng: Panduan Menggunakan Gunting Seng



Pemahaman seng sering kali dikenal dengan sebutan gizi, bahasa, atau lain sebagainya yang berkaitan. Pemahaman seng sebenarnya adalah sebuah plat besi, yaitu sebuah material yang kerap dipakai sebagai talang di genteng untuk saluran air, bahkan bisa juga diaplikasikan untuk atap. Seng pun hadir dalam berbagai ukuran ketebalan, yang mana plat seng ditawarkan dengan range harga beragam, mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per meter.


Tentunya saat hendak ingin menggunakan seng pada suatu konstruksi, umumnya seng akan terlebih dahulu dipotong agar bisa mendapatkan ukuran yang diinginkan. Nah memotongnya pun bukan sekedar memotong kertas, melainkan dengan cara mengguntingnya menggunakan alat khusus yaitu gunting seng. Adapun cara yang benar untuk bisa Anda tiru dalam memotong seng menggunakan gunting seng, yakni bisa Anda ketahui di bawah ini!


Panduan Tepat Menggunakan Gunting Seng untuk Memotong Seng


Walaupun seng mempunyai berat yang ringan, tapi sangat tidak memungkinkan memotong seng hanya mengandalkan pisau saja. Dikarenakan memotong seng tidaklah mudah seperti yang dibayangkan, karena membutuhkan alat khusus seperti gunting seng. Untuk memotong seng diperlukan kehati-hatian, ini agar seng yang hendak dipotong tidak menjadi rusak atau malah membahayakan diri sendiri. Nah adapun cara potong seng dengan gunting seng antara lain:


  1. Mengukur seng yang hendak dipotong sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Yakni bisa dengan menggunakan alat ukur untuk mempermudah pengukuran seng tersebut.

  2. Setelah diukur seng yang mau dipotong, maka Anda bisa tandai ukuran tersebut dengan menggunakan alat tulis layaknya spidol atau pen, ini agar memudahkan proses pemotongan nantinya.

  3. Perlu diperhatikan,sebelum proses memotong, sebaiknya pilihlah lokasi yang terang serta memiliki bidang yang datar. Tujuannya agar pemotongan seng tidak meleset atau menyebabkan dampak buruk lainnya.

  4. Setelah tempat sudah dipersiapkan untuk memotong seng, maka Anda bisa posisikan seng yang akan dipotong tersebut dengan posisi tidur.

  5. Anda bisa arahkan gunting seng yang sudah dipersiapkan pada seng yang hendak dipotong tersebut.

  6. Anda bisa langsung mulai menggunting seng tersebut, yang mana dalam proses pengguntingan harus dilakukan secara perlahan agar sesuai dengan garis yang sudah dibuat sebelumnya.

  7. Gunting layaknya Anda menggunakan gunting untuk memotong kertas. Mungkin rasanya akan berbeda seperti gunting lainnya. Ini wajar karena memang seng bukanlah benda lunak yang mudah untuk dipotong.

  8. Setelah seng berhasil dipotong, maka rapikan bekas potongan tersebut, bisa menggunakan amplas atau lainnya.

  9. Selesai, seng yang sudah dipotong bisa digunakan.


Jadi itulah cara memotong seng yang tepat dengan menggunakan gunting seng. Namun sebenarnya memotong seng masih bisa dilakukan tanpa harus menggunakan gunting seng. Tapi tetap menggunakan alat bantu, alias tidak bisa hanya dengan tangan kosong begitu saja. Memotong seng juga bisa menggunakan alat potong layaknya golok panjang, yakni dengan memotong sedikit ujung seng sekitar 5 cm lalu pukul alat potong tersebut menggunakan palu diatasnya.


Setelah berhasil menciptakan potongan kecil sebesar 5 cm, maka selanjutnya tarik bagian seng dengan tangan kanan atau kiri. Saat melakukan ini, posisi kaki harus bertumpu di bagian seng lainnya dengan arah berhadapan dengan posisi tangan yang menarik seng. Dengan kekuatan penuh, Anda bisa tarik bagian seng tersebut dengan sangat kuat hingga seng berpisah satu dengan lainnya. Memang membutuhkan tenaga ekstra, karena memang yang lebih efisien atau praktis memotong seng adalah menggunakan gunting seng.


Sekian mengenai pembahasan panduan memotong seng dengan menggunakan gunting seng. Semoga bermanfaat artikel ini bagi Anda semuanya. Untuk perkakas terbaik dan berkualitas yang bisa diandalkan, itu adalah perkakas dari Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa mendapatkannya atau mengetahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


Comentarios


bottom of page