top of page

Panduan Keamanan Saat Memasang Lampu LED di Rumah Anda



Lampu berguna untuk memberikan cahaya penerangan agar Anda atau lainnya bisa melihat dengan jelas. Namun kegunaan tersebut akan sia-sia jika Anda tidak memasang lampu dengan penempatan yang tepat adanya. Lampu yang memang bisa memberikan cahaya terang, ada baiknya dan seharusnya dipasang di tempat yang tinggi, seperti paralon atau bagian yang bisa memberikan cahaya tanpa adanya yang menghalangi sumbernya.


Namun pemasangan lampu yang tepat pada segala jenis baik itu LED atau bukan, tentu harus disertai dengan teknik yang tepat agar pemasangan lampu benar adanya. Adapun pemasangan yang tepat, itu adalah pemasangan yang juga harus disertai dengan cara yang memang aman untuk dilakukan. Ini karena sudah banyak kasus atau kejadian yang membuat orang terluka karena memasang lampu tidak disertai dengan beberapa hal keamanannya.

Inilah Panduan Lengkap Keamanan Saat Memasang Lampu LED di Rumah Anda

Ikuti panduan lengkap keamanan ini saat Anda hendak memasang lampu LED di rumah Anda, baik itu apapun jenis LED yang memang Anda gunakan. Ini penting untuk dilakukan, karena memasang lampu itu bukan hal yang bisa disepelekan, dikarenakan ada resiko berbahaya bila terjadi kesalahan. Jadi agar aman serta tidak menimbulkan kerugian bagi banyak orang termasuk Anda, maka Anda bisa coba ikuti tahapan panduan tersebut dari kami ini!

1. Memilih dan Menentukan Lokasi Pemasangan Lampu LED

Jangan pasang lampu dulu atau eksekusi pemasangan lampu tanpa terlebih dahulu menentukan atau memilih lokasi penempatan lampu LED. Nah Anda bisa mengukur berapa ukuran panjang lebar lampu yang hendak Anda pasangkan di tempat pilihan Anda di rumah, baik itu plafon, dinding, atau lainnya sesuai selera. Perhatikan, agar aman Anda sebaiknya menggunakan tangga untuk menaiki ke tempat tinggi, lalu lakukan secara hati-hati dengan perkakas yang tepat.

2. Matikan Aliran Listrik di Rumah Anda Secara Menyeluruh

Cara ini sangat penting dan aman untuk Anda lakukan saat pasang atau bongkar lampu, ini karena keteledoran ini bisa memicu masalah serius. Banyak yang beranggapan bahwa mematikan saklar lampu LED dirasa sudah cukup, akan tetapi sebenarnya hal itu masih memiliki resiko besar dalam memicu serangan kesetrum atau konsleting. Sebaiknya, Anda mematikan semua aliran listrik di rumah pada MCB atau meteran kalian. Karena hal tersebut sangat aman ketika Anda hendak memasang lampu LED.

3. Pasang Lampu LED dengan Perlahan Serta Tepat Presisi dengan Dudukannya

Jika bongkar pasang lampu LED, maka Anda bisa terlebih dahulu cabut lampu LED dengan pembongkaran yang tepat, yakni utamanya adalah hati-hati jangan terburu-buru. Nah barulah setelah itu begitu juga pada pemasangan LED baru, Anda dapat memasang lampu LED pada tempat yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Pasang secara hati-hati secara presisi, dengan tidak ada objek apapun di tangan atau lainnya dekat dengan lampu tersebut.

4. Sambungkan Aliran Listrik lalu Coba Nyalakan Lampu LED Tersebut

Untuk mengetahui apakah berhasil atau tidak, maka cara satu-satunya adalah dengan mencoba menyalakan lampu tersebut. Nah cara amannya pastikan saklar dalam keadaan off, lalu Anda bisa kembali menyambungkan sambungan listrik di rumah Anda yang sebelumnya Anda matikan. Kemudian nyalakan dan coba mengaktifkan lampu LED tersebut, apakah nyala atau ada gangguan lainnya yang membuat lampu tidak menyala.


Itulah panduan keamanan saat memasang lampu LED di rumah Anda. Semoga artikel ini jadi manfaat bagi Anda semua. Jika Anda menginginkan lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page