top of page

Panduan Lengkap Perkakas Pipa: Jenis, Fungsi, dan Perawatan



Pipa itu berbeda dengan selang, yang mana pipa adalah saluran berbentuk tabung atau selongsong bundar yang digunakan untuk mengalirkan cairan atau gas. Nah dalam sistem instalasinya, pipa harus bisa mengalirkan dari satu tempat ke tempat lain dalam jarak yang berdekatan, sedangkan transportasi pipa digunakan sebagai istilah untuk instalasi pipa yang mengalirkan fluida dari satu fasilitas (plant) ke plant yang lain.


Tentunya untuk memungkinkan itu dilakukan atau terjadi, pastinya pada proses instalasi pipa membutuhkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, yakni adalah perkakas untuk pipa, baik instalasi ataupun digunakan dalam bongkar pasang pipa untuk perbaikan. Nah di artikel ini, kami akan berikan panduan lengkap mengenai perkakas untuk pipa, yang mana akan ada jenis, fungsi, serta perawatan yang tepat bagi perkakas pipa.


Inilah Panduan Lengkap Mengenai Perkakas Pipa yang Perlu Anda Ketahui


Jenis-Jenis Perkakas Pipa dan Fungsinya yang Bisa Digunakan untuk Instalasi Pipa

Berikut adalah jenis-jenis perkakas pipa yang memang bisa digunakan untuk instalasi pipa atau bongkar pasang pipa-pipa:


  • Kunci Pipa: Seperti namanya, kunci pipa pastinya adalah perkakas yang diperuntukan untuk pipa-pipa yang ada. Jelasnya, kunci pipa itu bisa digunakan untuk membuka dan mengencangkan pipa atau logam bulat lainnya. Kemudian kunci tersebut memiliki rahang, yang mana rahang-rahangnya dapat disetel sesuai ukuran pipa atau logam. Penggunaan kunci pipa kurang lebih hampir sama dengan kunci pas setelan. Hanya saja pada penggunaan kunci pipa digunakan untuk pipa bukan untuk mur.

  • Pipe Cutter: Atau pemotong pipa. Ini adalah perkakas yang penting juga pada pipa, karena pipa pada instalasinya, umumnya akan membutuhkan pemotongan pada sambungan-sambungannya. Jadi untuk memungkinkan itu, maka bukan gunting atau gergaji, melainkan bisa menggunakan pipe cutter.

  • Amplas: Guna dari amplas memang sangat penting pada instalasi pipa yang ada. Itu karena amplas merupakan suatu alat yang dapat dipergunakan untuk membersihkan serpihan pipa yang baru saja dipasang. Nah paling penting lagi, amplas paling dibutuhkan ketika pemotongan pipa sudah dilakukan.

  • Paint Brush: Atau kuas, merupakan perkakas yang juga penting pada pipa. Alasannya, karena kuas berfungsi untuk mengoleskan lem pada sambungan dan pipa. Oleh karena itu, pemilihan jenis dan ukuran kuas harus disesuaikan dengan diameter pipa yang memang akan digunakan.

  • Kikir: Kikir bisa juga disebut sebagai alat chamfering pipa, yang mana itu adalah alat atau perkakas pipa yang berguna untuk memudahkan pipa masuk pada sambungannya.

  • Lem Pipa: Meski dinilai bukan perkakas, tetapi ini juga termasuk sebagai peralatan penting bagi pipa. Guna lem pipa tentunya sangat penting pada proses penyambungan pipa.

  • Jointing Tackle: Ini adalah alat tambahan jika ukuran diameter pipa dan sambungannya cukup besar, yaitu ≤ diameter luar 165mm direkomendasikan, ≥ diameter luar 216mm diwajibkan. Nah alat ini berfungsi untuk membantu mendorong pipa pada proses penyambungannya, jadi penting untuk menambahkan alat ini pada daftar perkakas pipa Anda.


Inilah Perawatan yang Tepat Bagi Perkakas Pipa Anda

Ikuti cara merawat perkakas pipa yang akan kami jelaskan di bawah ini, maka dijamin perkakas pipa milik Anda akan tahan lama, awet serta prima setiap saat ketika mau digunakan:

  • Rajin melumasi beberapa perkakas pipa, seperti kunci pipa atau perkakas yang memang terbuat dari material besi. Hal itu penting, karena dengan melumasinya dengan pelumas yang tepat, maka perkakas pun tidak seret dan bisa jauh dari korosi.

  • Taruh perkakas pipa pada tempat yang tepat, seperti tool box atau tempat yang memang aman dan bersih.

  • Selalu pergunakan perkakas pipa sesuai dengan pengerjaannya, karena jika melebihi batas kerja atau tidak sesuai, maka perkakas pipa pun akan mudah rusak.


Jadi itulah artikel dari kami tentang panduan perkakas pipa, baik jenis, fungsi, serta perawatannya. Sekian dan semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk perkakas terbaik, maka kami rekomendasikan perkakas Tenka, yang mana itu bisa Anda miliki serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page