top of page

Panduan Memilih Lampu LED Berapa Watt yang Sesuai Kebutuhan



Alat listrik seperti TV, kulkas, AC, ataupun lainnya yang menggunakan tenaga daya listrik, pastinya mereka membutuhkan kuantitas tertentu dalam daya energi listrik yang dibutuhkan, alias tidak sama satu dengan yang lainnya. Tentu ini menjadi hal penting bila Anda hendak mengoperasikan alat listrik, karena daya yang dikenal dengan Watt berlebih akan membuat listrik Anda jepret, alias daya Watt yang tidak sesuai dengan listrik PLN Anda.


Bukan hanya bisa membuat listrik PLN Anda jepret, penggunaan Watt yang besar dan berlebih pun akan membuat tagihan listrik Anda semakin membesar. Nah salah satu alat yang tidak disadari bisa mempengaruhi tagihan listrik Anda adalah lampu, yang mana untuk mengantisipasi itu adalah dengan beralih ke lampu LED. Tapi meski begitu, pemilihan lampu LED dengan Watt sesuai kebutuhan pun juga perlu Anda pahami dengan benar.


Panduan Memilih Lampu LED Berapa Watt yang Bisa Disesuaikan Kebutuhan


Penggunaan lampu LED memang terbaik untuk kebutuhan penerangan di ruangan yang Anda butuhkan. Hal itu karena LED adalah lampu yang bisa memberikan banyak kelebihan serta manfaat dibandingkan lampu biasa lainnya. Salah satunya jelas adalah kelebihan atau manfaat yang memang bisa berguna untuk hemat listrik, dikarenakan Watt yang kecil serta panas lampu yang tidak panas. Namun meski berdampak pada hematnya listrik, tapi ada baiknya Anda juga harus turut ketahui panduan memilih lampu LED yang tepat, yakni dengan melihat serta menyesuaikan kebutuhan Watt dari lampu LED tersebut.


Tentu saja semakin besar Watt dari lampu LED maka semakin terang juga cahaya yang dihasilkan. Seperti lampu LED 10 Watt akan lebih terang daripada lampu LED 5 Watt, dan begitu seterusnya. Anda sebenarnya jangan membandingkan Watt lampu pada jenis lampu yang berbeda, seperti pada lampu pijar 20 Watt dengan lampu LED 10 Watt, yang mana memang terang yang dihasilkan tidak bisa dibandingkan karena cara kerja kedua lampu tersebut berbeda.


Inilah Panduan Memilih Lampu LED Berapa Watt Sesuai Kebutuhan

Panduan terbaik untuk memilih lampu LED adalah jangan asal pasang lampu di tiap ruangan, karena itu semua harus disesuaikan dengan tujuan atau ukuran ruangan yang ada. Alasannya karena yang terutama adalah kesehatan mata dan kenyamanan para tamu ruangan saat berada di ruangan tersebut. Nah adapun panduan atau cara memilih lampu LED yang dapat disesuaikan dengan Watt kebutuhan ruangan, adalah dengan menentukan jumlah lumen berdasarkan luas, yaitu panjang x lebar ruangan Anda semua. Contohnya: untuk ruang tamu dengan berukuran 3 x 3 meter, maka idealnya dibutuhkan 2,250 lumen.


Perlu Anda semua ketahui juga, bahwa Anda juga harus memperhatikan fungsi ruangan yang dibutuhkan. Seperti untuk ruang garasi atau gudang yang notabene-nya tidak memerlukan intensitas cahaya tinggi, maka untuk itu Anda pun bisa memilih Watt lampu yang kurang dari standarnya, yang mana dampaknya pun juga akan menghemat tagihan listrik Anda. Kemudian suhu warna cahaya lampu juga akan menentukan jenis lampu apa yang akan Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan, jadi pilih dengan kebutuhan cahaya yang ingin ditampilkan.


Pada dasarnya, titik lampu atau penempatan lampu LED juga penting untuk diperhatikan pada ruangan Anda. Seperti jika dalam satu ruangan dibutuhkan 2 atau lebih lampu LED yang ingin digunakan, maka Anda tempatkanlah secara seimbang agar terangnya bisa merata ke seluruh ruangan Anda tersebut. Tapi perhatikan juga Watt yang memang harus sesuai dan tidak berlebihan untuk ditempatkan pada ruangan yang ada lebih dari 1 lampu LED.


Sekian artikel dari kami mengenai panduan memilih lampu LED berapa Watt sesuai dengan kebutuhan. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga semuanya. Untuk lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page