top of page

Panduan Mudah Penggantian Bohlam LED untuk Efisiensi Energi Maksimal



Lampu jenis LED merupakan lampu yang bisa memberikan pencahayaan terbaik dan juga ramah lingkungan serta hemat energi. Namun meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa bohlam lampu pada LED harus diganti sesuai dengan kondisinya, yang mana banyak yang menduga bahwa mengganti bohlam lampu LED itu sulit dan hanya bisa dilakukan oleh layanan profesional saja.


Nah kenyataannya, mengganti bohlam lampu LED itu bisa dilakukan oleh diri sendiri, yakni dengan beberapa cara dari kami. Mengganti bohlam LED itu penting, seperti salah satunya untuk tingkatkan efisiensi energi maksimal dari lampu LED tersebut. Oleh karena perannya yang penting, maka Anda harus ganti bohlam lampu LED sesuai dengan kondisinya. Cara menggantinya dengan benar dan tepat bisa Anda ketahui di bawah ini!


Inilah Panduan Mudah dalam Melakukan Penggantian Bohlam Lampu LED


1. Matikan Lampu dan Pemutus Daya atau Meteran listrik

Sebelum mengganti bohlam lampu LED, maka yang pertama Anda harus matikan terlebih dahulu lampu dan pemutus daya atau meteran listrik Anda yang tersambung dengan lampu LED tersebut. Jadi Anda harus melepas rumah lampu sehingga dengan mematikan listrik serta mengaktifkan pemutus aliran listrik yang mengarah ke lampu yang akan diganti. Tujuannya jelas untuk mengurangi risiko jika terjadi korsleting.


Kemudian biarkan saja bohlam LED begitu saja sampai ia benar-benar dingin, tetapi berbeda jika memang sebelumnya tidak terpakai. Faktanya, kotak pemutus daya listrik atau circuit breaker biasanya sudah diberi label. Namun jika tidak ada, Anda bisa matikan masing-masing pemutus daya hingga Anda mendapatkan pemutus yang sesuai dengan lampu tersebut. Berikutnya Anda bisa memberi label pada masing-masing pemutus ketika melakukan ini.


2. Tarik Lampu dan Lepas Lampu dari Tempatnya

Selanjutnya Anda bisa tarik atau lepas lampu LED dari tempatnya, seperti di langit-langit, tembok, atau sebagainya. Pastikan menggunakan alat bantu serta tidak memaksa melepaskan lampu LED dari tempatnya, karena jika demikian maka hal tersebut hanya akan membuat kerusakan pada fisik lampu LED tersebut.


Berikutnya setelah ditarik agak keluar dari tempatnya, maka Anda bisa putar searah dengan jarum jam lalu kemudian tarik ke bawah secara lurus. Sebagai catatan, jika lampunya memiliki prong layaknya sejenis pasak, maka tekan prong agar Anda bisa menarik rumah lampu secara lurus ke bawah hingga keluar dari dinding atau langit-langit.


3. Keluarkan Bohlam dari Soket

Anda bisa pegang rumah lampu menggunakan satu tangan dan cabut kabel yang terhubung ke soket, yang mana itu biasanya tersembunyi di dalam dinding atau langit-langit. Bohlam mungkin menggunakan soket yang dilengkapi 3 prong. Jadi jika demikian, maka Anda harus mencabut kabelnya. Ada kemungkinan beberapa lampu LED tersebut mungkin mempunyai kabel yang dijepitkan pada konektor oranye. Jika hal ini terjadi, maka lepaskan kabel agar rumah lampu dapat dilepas.


4. Pasang Bohlam Lampu LED Pengganti Pada Kabel

Cara berikutnya Anda bisa pasang kembali bohlam LED pengganti yang memiliki ukuran dan daya yang sesuai. Selanjutnya, tancapkan saja kabelnya ke dalam soket atau dorong penjepit kabel ke dalam konektor yang tersembunyi di dalam dinding atau langit-langit. Dorong kelebihan kabel ke atas agar terselip dengan rapi. Setelah rapi, maka pasang lampu kembali ke tempat semula, yakni dengan cara dorong lalu putar ke arah sebaliknya dari arah buka.


5. Nyalakan Pemutus Daya atau Meteran Listrik

Terakhir Anda bisa nyalakan kembali pemutus daya atau meteran listrik Anda, kemudian setelah itu maka cobalah menyalakan lampu LED tersebut. Jika tidak menyala, mungkin ada sambungan yang longgar pada soket atau langit-langit sehingga Anda harus lakukan pembongkaran kembali dan memeriksanya. Setelah itu, coba lagi untuk menyalakan kembali lampu Anda.


Itulah panduan mudah dalam melakukan penggantian bohlam lampu LED. Sekian dan kiranya jadi manfaat pengetahuan bagi Anda semua. Untuk lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comentarios


bottom of page