top of page

Panduan Pemasangan dan Penggunaan Coupling pada Selang Industri



Coupling pada selang industri bisa dikenal juga sebagai fitting selang industri. Dia merupakan adaptor selang industri yang pada dasarnya adalah sambungan yang ditaruh di kedua ujung selang industri, seperti hidrolik dan sebagainya. Pada umumnya, coupling selang industri terbuat dari logam yang keras seperti stainless steel, kuningan, ataupun aluminium, yang mana dia menjadi alat yang berperan penting pada selang industri.


Memiliki peranan penting pada selang industri, membuat coupling selang industri harus ada terpasang dengan benar. Tentu layaknya selang industri, pemasangan serta penggunaan coupling selang industri harus dilakukan dengan benar serta tepat, yang mana itu agar dalam penggunaannya tidak terjadi masalah serius. Nah adapun cara atau panduan pemasangan serta pengggunaan coupling selang industri yang tepat, adalah dengan menyimak artikel ini!


Inilah Panduan Pemasangan dan Penggunaan Coupling pada Selang Industri


Penggunaan Coupling pada Selang Industri yang Perlu Anda Pahami

Coupling atau fitting selang industri, pada dasarnya mempunyai dua bagian mendasar, yaitu bagian yang disambungkan dengan selang dan ada juga bagian yang disambungkan dengan sistem selang seperti hidrolik di alat atau mesin, serta lain sebagainya. Tentu bagian yang tersambung dengan selang pun harus benar-benar tersambung dengan benar.


Beberapa selang industri yang tidak dilengkapi dengan adanya coupling, maka selang industri pun tidak bisa disambungkan atau disassemble ke sebuah alat. Jadi dengan demikian, maka penting sekali bagian coupling selang industri, yakni sama pentingnya dengan selang industri itu sendiri. Coupling selang industri pun biasanya disambungkan ke beberapa selang industri dengan proses yang dinamakan crimping. Tentu kualitas dari proses crimping ini juga menentukan kuat atau tidaknya sambungan ini, yakni untuk menghindari kebocoran dari bagiannya.


Panduan Pemasangan Coupling Selang Industri yang Perlu Anda Contoh


Berikut adalah panduan pemasangan coupling selang industri yang bisa Anda contoh, dikarenakan cara atau panduan yang kami berikan adalah tepat untuk pemasangannya yang benar.


  1. Memilih jenis coupling yang tepat pada selang industri Anda. Adapun beberapa faktor yang bisa diperhatikan yaitu material selang, working pressure, working temperature, diameter selang, dan lain sebagainya. Selain itu coupling selang industri yang sesuai pun juga harus dipilih agar nantinya bisa disambungkan dengan sempurna ke sistem yang ada pada selang.

  2. Selang industri yang hendak ingin dipasangkan dengan coupling atau fitting selang, maka terlebih dahulu Anda pastikan ukuran selang yang telah disesuaikan dengan kemauan Anda.

  3. Ketika hendak memasang coupling selang industri, maka perhatikan ujung selang industri yang beberapa harus dikupas dengan proses yang dikenal dengan nama skiving. Itu untuk memperkecil diameter luar selang sehingga coupling pun bisa dihubungkan dengan sempurna.

  4. Lakukan proses crimping, yang mana itu bertujuan untuk memastikan coupling dan selang industri tersebut tersambung dengan sempurna. Dengan crimping, coupling pun akan dengan sempurna menggigit selang sehingga menciptakan seal yang kuat. Proses crimping ini harus dilakukan dengan alat yang khusus, baik itu alat manual maupun otomatis, yang kemudian bisa menggunakan balok crimping dengan ukuran yang sesuai.


Nah jadi itulah panduan serta penggunaan coupling selang industri secara tepat dan juga benar. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya dalam mengenal coupling selang industri. Anda yang tertarik dengan selang terbaik serta berkualitas, maka kami rekomendasikan selang dari Toyox. Mengenai selang Toyox, Anda bisa mendapatkannya atau setidaknya mengetahui lebih lanjut dan lengkapnya di IndahJaya.com


bottom of page