top of page

Panduan Lengkap Pemasangan Selang Industri yang Benar dan Aman



Untuk mengalirkan fluida, gas atau udara, atau sejenisnya yang kurang lebih sama, maka selain menggunakan tenaga dari mesin seperti pompa, Anda pun juga membutuhkan peralatan lain, yang mana salah satunya yang utama adalah selang. Itu karena selang atau hose adalah alat yang memang dirancang khusus untuk membawa cairan atau udara serta sebagainya dari satu tempat ke tempat lain.


Nah dalam melakukan pengerjaannya, banyak orang mungkin sudah memahaminya. Tapi meski begitu, sayangnya banyak juga yang masih belum tahu bagaimana pemasangan selang yang benar. Banyak orang yang memasang selang industri dengan cara yang salah, sehingga dengan begitu malah berdampak membuat selang dalam pengerjaannya menjadi bermasalah. Agar tidak salah dalam memasang selang industri, maka Anda bisa ketahui panduannya ini!


Inilah Panduan Lengkap Pemasangan Selang Industri yang Benar dan Juga Aman


Pemasangan selang industri harus dilakukan dengan benar serta aman, karena jika tidak demikian maka selang yang terpasang pun akan menimbulkan masalah yang mungkin tidak ingin Anda alami. Masalah tersebut seperti selang yang mungkin mudah bengkok yang mana itu berdampak pada durabilitasnya, hingga selang yang mudah copot, atau sebagianya yang lainnya. Jadi dengan memperhatikan pemasangan selang industri yang tepat serta aman, maka pengerjaan selang pun bisa menjadi sempurna hingga jauh dari yang namanya kesalahan pada selang.


Adapun panduan lengkap untuk mewujudkan penggunaan selang yang benar, yakni dengan melakukan cara pemasangan selang industri dengan benar dan aman seperti cara berikut ini:


  • Pemasangan selang industri jangan kaku, maksudnya bukan Anda tetapi pastikan selang industri yang mau dipasang tidak kaku atau tegang. Hal tersebut karena selang yang tegang dan kaku akan berdampak pada selang yang mudah bocor, itu karena bagian yang kaku bisa memicu tekanan yang menimbulkan kebocoran.

  • Pastikan ada celah selang industri yang hendak dipasang, itu agar ada kisaran jarak tertentu agar selang industri dapat mengembang ketika suhu mencapai titik tekanan tinggi, serta dapat menyusut saat suhu rendah.

  • Anda bisa pastikan bahwa radius bengkokan selang industri tidak terlalu kecil. Alasannya jika terlalu kecil maka itu dapat mengakibatkan aliran turbulen pada selang tersebut ikut membentuk sudut kecil.

  • Selanjutnya cobalah ikat atau pasang klem pada selang industri Anda yang sudah terpasang. Tujuan cara ini agar kondisi selang industri tidak tersentak atau bergerak ketika mendapat beban yang tinggi. Nah saran kami, usahakan klem mengikat dengan kencang.

  • Agar pemasangan selang industri itu aman, maka pastikan tangan Anda tidak dalam kondisi yang basah atau kotor. Jika memang itu terjadi, maka air dari tangan bisa membuat Anda kesulitan menyambungkan selang industri ke pompa, atau kotoran yang ada dapat masuk pada selang dan menimbulkan masalah lainnya.

  • Jangan pasang selang industri Anda ketika mesin seperti pompa dalam keadaan menyala atau sedang memberikan tekanan. Selain tidak aman untuk Anda, itu juga bisa membuat pemasangan selang menjadi salah, seperti selang yang tidak sepenuhnya tersambung, atau selang akan mudah copot dengan sendirinya.


Nah itulah artikel dari kami mengenai panduan lengkap pemasangan selang industri yang benar serta aman untuk Anda. Semoga jadi manfaat bagi Anda semua serta bisa Anda terapkan ketika hendak mau memasang selang. Sekian dari kami, jika tertarik dengan selang yang terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan selang Toyox. Untuk mendapatkan serta mengetahui lebih lanjut mengenai selang Toyox, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


bottom of page