top of page

Panduan Perawatan Rutin Pompa Celup untuk Meningkatkan Usia Layanan



Setiap manusia membutuhkan perawatan agar bisa membuat mereka lepas dari sakit penyakit, atau bisa membuat mereka juga tahan terhadap kemungkinan munculnya sakit. Hal itu pun juga berlaku bagi para makhluk hidup, baik itu hewan serta tumbuhan. Tidak hanya yang memiliki kehidupan, perawatan pun juga harus diterapkan pada benda-benda atau peralatan, itu agar peralatan atau benda tersebut bisa memiliki usia pakai yang panjang.


Nah adapun salah satunya alat atau benda yang membutuhkan perawatan, itu adalah pompa celup, pompa air yang dapat digunakan secara terendam atau tercelup karena chasing pompa yang rapat. Jadi pompa celup membutuhkan juga perawatan agar pompa bisa memiliki usia yang panjang serta kinerja yang baik. Untuk cara atau panduan lengkap mengenai perawatan rutin pompa celup yang benar, Anda bisa ketahui itu dengan menyimak artikel ini selengkapnya!


Panduan Lengkap Mengenai Perawatan Rutin Pompa Celup untuk Tingkatkan Usianya


Ikuti panduan ini agar pompa celup Anda bisa memiliki usia layanannya yang meningkat, begitu juga dengan kinerjanya yang tidak turun dan malah tetap prima setiap saat!


Membersihkan Komponen-Komponen Pada Pompa Celup

Pompa celup yang kotor begitu juga pada komponennya, itu akan berdampak pada kinerja pompa celup yang akan jadi terhambat, begitu juga berdampak pada kerusakan lainnya. Oleh karena itu bersihkan pompa celup dan komponen-komponennya dengan melakukan:


  1. Pemeriksaan letak panel control untuk pompa celup.

  2. Usahakan untuk memutus suplai tegangan dengan menurunkan MCB induk

  3. Lalu lakukan pembersihan pada komponen kontrolnya dengan dibersihkan dari kotoran lalu memeriksa pemasangan dan penyambungan kabel jika ada.

  4. Memastikan kabel tersambung dengan baik pada tiap-tiap komponen.

  5. Tidak lupa juga turut mencatat kondisi terkini dari komponen-komponen dan juga kondisi panel secara umum.


Membersihkan Impeller Pada Pompa Celup

Membersihkan pompa celup juga harus memperhatikan komponen pentingnya, yakni impeller. Hal itu karena impeller adalah salah satu komponen pompa sentrifugal yang berfungsi sebagai pembangkit aliran fluida. Adapun caranya adalah:


  1. Memastikan pompa celup dalam keadaan tidak bekerja, yakni dengan menurunkan MCB atau memeriksa waktu pompa bekerja dengan melihat setting timer-nya.

  2. Anda bisa masuk ke dalam tangki air tempat pompa tersebut dipasang untuk memeriksanya lebih lanjut.

  3. Jangan lupa periksa kondisi putaran impeller dan bersihkan jika terdapat benda-benda asing yang tersangkut.

  4. Pasang kembali dengan cara yang benar.


Pastikan Baut-Baut Pompa Celup dalam Keadaan Tidak Kendor

Perawatan pompa celup yang benar untuk tingkatkan usia adalah dengan memeriksa baut-baut pada pompa celup, baik itu pada pompa maupun pada sambungan pemipaan yang kendor.

Anda bisa kencangkan baut-baut maupun komponen Iain yang memang terlihat kendor, yakni dengan menggunakan kunci inggris maupun kunci pipa.


Periksa Apakah Ada Kebocoran Pada Pipa

Anda tentunya bisa memeriksa apakah terdapat kebocoran pada pompa, yakni dengan memeriksa pada casing pompa apakah terjadi kerusakan. Contohnya seperti retak maupun lecet, yang mana itu bisa menyebabkan air masuk ke motor pompa celup. Bila ditemukan, segera atasi dengan cara yang direkomendasikan.


Mengecek Koneksi Kabel Pompa Celup

Yang tidak boleh dianggap sepele untuk merawat pompa celup dengan benar, yaitu memeriksa koneksi kabel yang terdapat di dalam tangki air tempat pompa terendam. Caranya bisa Anda ikuti seperti ini:


  1. Periksa koneksi kabelnya seperti kabel untuk suplai tegangan dan juga untuk water level control (WLC).

  2. Jika sambungan kabel tidak terkoneksi dengan baik, maka lepaskan sambungan kabelnya lalu sambung ulang dengan memastikan bahwa sambungan yang baru telah tersambung erat dan paten.

  3. Setelah selesai, beri tegangan pada pompa tersebut dengan menaikkan MCB induk yang tadi diturunkan.


Itulah panduan lengkap mengenai perawatan rutin pompa celup agar bisa memiliki usia layanan yang meningkat. Semoga bermanfaat bagi Anda semua, terutama Anda yang ingin tingkatkan usia pakai pompa celup Anda. Jika Anda ingin memiliki pompa celup atau menggantinya dengan yang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami adalah pompa celup Tsurumi yang ada di IndahJaya.com


Commenti


bottom of page