Mengenal Apa Itu Panel AMF atau ATS dalam Dunia Genset yang Wajib Diketahui



Sebagai alat atau mesin yang sangat dibutuhkan, Genset dilengkapi dengan beberapa komponen penting, dan bahkan juga ada berbagai macam panel dalam setiap Genset yang ada. Panel-panel yang ada dalam Genset dibagi menjadi beberapa, dimana ada 2 yang paling dikenal yaitu panel AMF dan juga panel ATS. Sayangnya kedua panel tersebut tidak sama dan memiliki perbedaan.


Nah melalui artikel kami pada kesempatan kali ini, kami akan membantu anda dalam memahami panel AMF atau panel ATS dalam dunia Genset. Oleh karena itu bagi anda yang belum tahu keduanya atau sekedar ingin tahu panel AMF atau ATS, maka silahkan anda semua simak artikel ini selengkapnya!


Mengenal Apa Itu Panel AMF dalam Dunia Genset yang Wajib Anda Ketahui

Panel AMF atau AutoMatic Main Failure, adalah panel listrik di Genset yang bisa mengontrol sistem on atau off pada mesin generator dengan otomatis. Jadi apabila ada aliran listrik utama yang mengalami pemutusan pada sumber dayanya, maka dengan begitu panel kontrol AMF akan bekerja dengan menyalakan mesin generator set secara otomatis.


Lalu apabila ada sumber aliran listrik utama yang kembali menyala lagi, maka dengan begitu panel kontrol AMF pun akan langsung secara otomatis mematikan mesin Genset tersebut. Perlu kalian ketahui, biasanya panel generator set AMF ini akan lebih baik dikombinasikan dengan panel pada generator set ATS, yang mana memang sudah umumnya disebut juga sebagai Panel ATS-AMF.


Mengenal Apa itu Panel ATS dalam Dunia Genset yang Wajib Anda Ketahui

Panel ATS bisa disebut juga sebagai panel Automatic Transfer Switch. Panel ATS sendiri adalah panel listrik Genset dengan fungsi utamanya, yaitu akan mengendalikan 2 sumber aliran listrik yang bisa ditangani secara otomatis. Tentunya anda tidak perlu khawatir, karena panel Genset ini sudah terbukti aman bagi pemakai dan sebagainya.


Panel Genset ATS adalah panel Genset yang sebenarnya lebih cocok apabila dipakai di industri, pabrik, kantor, ataupun rumah yang menginginkan sistem keamanan ketika perpindahan sumber aliran listrik yang utama menuju sumber listrik secara alternatif. Selain itu, cara kerja dari rangkaian kontrol panel ATS, adalah dalam kondisi suplai listrik PLN atau aliran utama yang beroperasi di kontraktor PLN. Di mana kontraktor PLN bekerja jika arus listrik akan mengalir lewat MCB PLN, dan apabila terjadi pemadaman maka secara otomatis rangkaian pun tidak akan aktif,


Jadi itulah 2 panel AMF dan panel ATS dalam dunia Genset yang perlu anda ketahui dan juga pelajari. Selain kedua panel diatas, sebenarnya masih ada lagi beberapa panel dalam dunia Genset, seperti Panel Synchronizing Generator, LVMDP, panel listrik lightening, panel kapasitor bank, dan panel-panel lainnya yang ada. Tetapi, kedua panel diatas adalah dua panel yang cukup sering ditemukan di dunia Genset, itu karena kedua panel tersebut memiliki pengaruh dan hubungan yang sangat erat dengan Genset.


Artikel yang membahas Genset ini tentunya akan membuat anda semakin memiliki minat untuk memiliki Genset, dan apabila benar anda ingin memiliki Genset atau ingin menggantinya dengan yang berkualitas dan terbaik, maka kami rekomendasikan Genset merk Tenka. Mengenai produk Genset Tenka, maka anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk detail serta keterangan lebih lanjut.


Sekian sudah artikel kami pada kesempatan kali ini, semoga bisa jadi manfaat dan bisa membuat anda semakin mengerti tentang Genset dan kedua panel AMF dan ATS. Untuk membuat artikel ini semakin bermanfaat dan dapat diketahui banyak orang, maka anda bisa bagikan artikel ini kepada yang lainnya menggunakan media yang ada dan tersedia.