top of page

Pedoman Keselamatan: Menggunakan Selang Industri dengan Aman



Setiap aktivitas atau kegiatan dan pekerjaan manusia, umumnya bisa dilakukan dengan beberapa bantuan, terutama dari alat pendukung pekerjaan dengan berbagai jenisnya. Baik sepele atau tidak, beberapa pengerjaan akan terasa sangat efisien jika digunakan alat untuk membantunya. Seperti pemindahan cairan atau udara, yang mana untuk memindahkan air dengan tekanan, ataupun angin, udara, gas, tentu itu membutuhkan peran dari selang.


Menggunakan selang pastinya banyak yang sudah mengetahuinya, yaitu memegang selang dengan tangan, lalu arahkan ujung selang yang akan keluar air atau udara pada sesuatu yang dituju. Nah cara penggunaan tersebut memang tidak salah tapi tidak sepenuhnya juga benar, karena penggunaan selang tersebut haruslah disertai juga dengan penggunaan yang aman. Adapun cara penggunaan selang industri secara aman, yakni bisa diketahui di bawah ini!


Inilah Pedoman Keselamatan Mengenai Penggunaan Selang Industri Secara Aman


Selang apapun begitu juga selang industri, haruslah digunakan secara aman dan tepat. Ini menjadi sesuatu yang penting yang harus diketahui serta dilakukan. Mengapa demikian? Karena penggunaan selang industri yang tidak disertai dengan cara aman, akan membuat penggunaan tersebut salah adanya hingga membuat resiko buruk bagi diri sendiri. Ini seperti terlilitnya selang pada anggota tubuh, yang mana jika selang mengalirkan tekanan maka itu akan semakin memperparah keadaan. Serta masih banyak lagi lainnya yang memang merugikan.


Untuk itu, penggunaan selang secara aman tidak boleh dianggap sepele, karena selain bisa membuat selang berguna sebagaimana mestinya, ini juga akan memangkas kemungkinan potensi bahaya saat menggunakan selang industri. Bukan hanya sekali atau pada 1 jenis selang saja, melainkan penggunaan selang secara aman harus diterapkan saat selalu menggunakan selang, begitu juga pada setiap selang yang hendak digunakan untuk keperluan tertentu. Nah pedoman cara menggunakan secara aman, antara lain adalah:


  1. Pastikan menggunakan selang industri sesuai dengan spesifikasinya. Ini agar tidak membuat selang salah penggunaan atau merusak selang serta proses apapun.

  2. Ambil dan lepaskan tutup selang industri lalu periksa kondisi selang serta konektor selang. Pastikan juga selang dan konektor tidak bocor atau rusak, atau kerusakan apapun yang sebaiknya tidak menggunakannya.

  3. Selanjutnya Anda bisa sambungkan ujung selang industri pada sambungan lain seperti ke pipa atau lainnya, yang mana itu juga harus dipastikan terpasang dengan kuat.

  4. Pada valve atau katup utama sambungan yang tersambung pada selang seperti pipa, Anda bisa membukanya agar valve dapat mengalirkan fluida atau udara.

  5. Setelah selang terpasang dan valve utama dibuka dengan benar, buka nozzle pada ujung selang untuk mengeluarkan cairan ataupun gas udara.

  6. Kemudian untuk panduan atau cara menggunakan selang secara aman selanjutnya adalah dengan mengarahkan nozzle selang industri ke titik tujuan yang ingin ditembakan.

  7. Saat penggunaan selang industri ini, Anda sudah seharusnya untuk memastikan lagi atau terus memantau tekanan air selama Anda menggunakan selang industri. Jika tekanan air menurun, maka itu dapat mengurangi efektivitas aliran air atau udara dalam selang tersebut.

  8. Setelah selesai untuk digunakan, Anda bisa tutup valve utama sambungan pada selang seperti pipa, lalu kemudian lepaskan saja selang industri tersebut. Pastikan untuk memeriksa kembali selang dan konektornya setelah digunakan dan simpan selang kembali di tempat yang tepat.


Itulah pedoman keselamatan dalam menggunakan selang industri secara aman. Semoga jadi manfaat bagi Anda semua, terutama dalam menerapkan cara menggunakan selang industri dengan metode yang aman. Sekian dari kami, jika ingin memiliki selang terbaik dan berkualitas, maka Toyox adalah pilihan terbaik. Selang dari Toyox bisa Anda dapatkan atau ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


Comments


bottom of page