top of page

Pentingnya Pelatihan Keselamatan bagi Operator Crane



Crane dapat berfungsi sebagaimana adanya, itu karena dia dikendalikan oleh seorang pilot, bisa juga dipanggil sebagai pengemudi, atau lainnya. Nah istilah yang tepat bagi pengemudi crane disebut operator crane, yang mana dalam tugasnya seorang operator crane harus dalam keadaan bugar dan fit, cukup tidur dan tidak dalam mengkonsumsi obat. Ini karena memang sangat dilarang bagi crane operator untuk dalam keadaan mabuk apalagi sakit.


Hal itu berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab seorang operator crane yang memang sangatlah berat. Oleh karena itu seorang operator crane haruslah seorang yang sudah memenuhi syarat, lulus sertifikasi sebagai crane operator dan juga berpengalaman dalam mengoperasikan crane yang akan dioperasikan tersebut. Intinya, operator crane memang dituntut untuk mahir dalam menggunakan crane, tapi tidak melupakan faktor keselamatan.

Inilah Pentingnya Pelatihan Keselamatan bagi Operator Crane

Perlu Anda ketahui, bahwa alat berat crane wajib dirawat dengan baik agar saat pengoperasian tidak menimbulkan hal-hal yang memang tidak diinginkan di area proyek konstruksi. Namun selain kondisi crane, sebenarnya kunci utama dalam pengoperasian crane yang tepat serta aman terletak di operator crane. Dimana jika operator crane bermasalah, baik itu sakit atau mengalami hal lain, maka crane yang memang sehat serta aman juga dapat memiliki potensi membahayakan banyak orang dan pekerjaan.


Jadi baik crane dan juga pengemudinya yaitu operator crane, tentu keduanya harus dalam keadaan sehat dan baik. Nah untuk operator crane yang memang dituntut bisa kerja dengan benar, pastinya mereka harus terlatih sebagai seorang operator crane yang handal. Tidak hanya itu saja, operator crane juga harus bisa melatih keselamatan kerja saat mengoperasikan crane, ini meliputi dirinya, crane itu sendiri, serta lingkungan kerja crane yang memang harus dalam keadaan baik serta selamat.

Tugas Operator Crane dalam Menunjang Keselamatan Kerja

Tentunya persiapan adalah segalanya, begitu ketika hendak menggunakan crane. Nah sebelum melakukan operasi pengangkatan dengan crane, maka operator crane harus memastikan semua sistem keselamatan kerja crane sudah diperiksa terlebih dahulu dan dikomunikasikan secara efektif dengan pihak-pihak yang terkait di dalam pengoperasian pengangkatan. Namun selain itu, operator crane juga harus melakukan hal berikut ini:


  • Bertugas melakukan perencanaan operasi pengangkatan, menyeleksi, mengawasi dan memilih penggunaan crane dan alat bantu angkat yang sesuai untuk dipergunakan.

  • Melakukan perawatan, pengujian dan pemeriksaan peralatan.

  • Meminta selalu diawasi oleh personel yang sudah pernah di-training dan berkompensi serta mempunyai kewenangan yang cukup.

  • Melakukan pemeriksaan terhadap sertifikat dan dokumen-dokumen relevan lainnya.

  • Mencegah penggunaan crane dan peralatannya dari pihak yang tidak berwenang

  • Memperhatikan keselamatan personel lainnya yang berada di sekitar pengangkatan dan juga personel lainnya yang tidak terlibat secara langsung dari operasi pengangkatan.

  • Harus selalu memenuhi peraturan-peraturan pekerjaan, termasuk saat menggunakan crane yang bersangkutan.

Dampak Jika Operator Crane Tidak Memiliki Pelatihan Keselamatan

Pastinya dampak dari operator crane yang tidak memiliki pelatihan keselamatan akan berujung pada hal buruk yang memang merugikan banyak pihak. Nah dampak buruk tersebut antara lain adalah:


  • Akan menjadi korban, jika memang hal yang tidak diinginkan seperti crane bermasalah membuat operator crane harus putar otak untuk menyelamatkan diri. Ini seperti crane yang roboh, jatuh, patah, dan lain sebagainya.

  • Operator crane tidak akan mampu berpikir dan bertindak bagaimana dia harus melakukan tindakan penyelamatan jika terjadi pada crane. Ini terutama pada lingkungan kerja dan orang-orang sekitar yang akan terkena dampak buruknya.

  • Tentunya operator crane yang tidak memiliki pelatihan keselamatan tidak akan dipekerjakan oleh perusahaan, industri, pabrik, atau pekerjaan lainnya yang menggunakan crane. Hal ini karena memang pelatihan keselamatan crane selalu menjadi kualifikasi yang harus terpenuhi.


Itulah artikel dari kami mengenai pentingnya pelatihan keselamatan bagi operator crane. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua, terutama para calon operator crane. Bilamana Anda tertarik dengan crane atau hoist, maka yang terbaik dan berkualitas untuk Anda adalah Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane, Anda bisa ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


Commentaires


bottom of page