top of page

Perlunya Pelatihan dalam Penggunaan Selang Industri



Selang industri merupakan selang yang perannya sangat berguna untuk berbagai aplikasi pekerjaan, termasuk menangani cairan yang keras, dingin, panas, bahkan korosif sekalipun. Namun perlu diketahui, bahwa tidak semua selang industri itu sama, yakni ada beberapa jenis selang yang dapat dibuat untuk menangani satu atau dua aplikasi tertentu, sedangkan selang lainnya lebih fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai aplikasi.


Selain memiliki beberapa perbedaan dari selang pada biasanya, penggunaan selang industri dengan selang biasa berbeda adanya. Hal tersebut dibedakan dari adanya fokus kerja dari selang yang berbeda. Oleh karena itu, maka jelas sekali bahwa sebenarnya menggunakan selang harus disertai dengan pengetahuan serta pengalaman. Karena jika tidak demikian, maka operasional selang industri tidak sebagaimana mestinya yang diharapkan.


Beberapa Alasan Mengapa Membutuhkan Pelatihan dalam Menggunakan Selang Industri


Selang industri memang memiliki rupa jenis yang tidak jauh berbeda dari selang pada umumnya. Namun walau begitu, pada selang industri memiliki beberapa part atau komponen yang tidak dimiliki oleh selang biasanya, itu biasa ada pada selang dengan pekerjaan khusus seperti mengalirkan gas atau angin bertenaga. Tentu ketika menggunakan selang yang dapat mengalirkan fluida atau gas bertekanan, pastinya akan ada traksi atau pergerakan hebat yang akan dialami oleh selang industri.


Apabila sang pengguna menggunakan selang industri tidak benar-benar mengerti atau memahami teknik menggunakannya, maka penggunaan selang industri malah bisa menjadi bumerang buruk bagi dirinya atau bahkan industri itu sendiri. Oleh karena itu, tidak heran jika adanya pelatihan dalam penggunaan selang industri itu penting adanya. Itu karena ada banyak alasannya, yakni sebagai berikut:


  • Dapat membahayakan orang lain dan sekitarnya. Ini terjadi jika pengguna selang industri tidak memegangnya dengan teknik yang benar seperti pada pekerja professional. Alhasil, selang industri pun bisa lepas dan apa yang dialirkan akan tumpah atau tersemprot ke segala arah.

  • Selang industri yang tidak digunakan benar, dapat membuat selang membahayakan sekitarnya, apalagi jika selang tersebut digunakan dalam proses yang berkaitan dengan zat bahaya.

  • Penggunaan selang industri yang tidak disertai dengan pelatihan, pasti akan membuat banyak kerugian yang disebabkannya, seperti kecelakaan kerja. Namun dampak buruk dari penggunaan selang industri yang salah, adalah potensi besar yang mampu membuat rusak selang industri tersebut.

  • Ketika diteruskan dalam penggunaan selang industri yang tidak disertai dengan pelatihan yang sebenarnya, maka itu bisa membuat kondisi selang tersebut akan tidak awet atau prima ketika digunakan nantinya. Ini bisa berasal dari selang yang mungkin terlalu bengkok ketika digunakan, atau menghantam sesuatu karena penggunaannya yang berdekatan dengan objek lain.

  • Adapun penggunaan selang industri yang tepat serta dilengkapi dengan pelatihan, pastinya membuat para pengguna selang industri akan berhasil menciptakan pekerjaan yang efisien serta praktis di waktu kedepannya.

  • Dengan penggunaan selang industri yang tepat serta terlatih, maka pekerjaan pun di industri pun dapat terorganisir secara benar dan memang tepat adanya.

  • Adanya pelatihan dalam menggunakan selang industri, tentu baik dalam sudut pandang sang pekerja atau penggunanya. Itu karena mereka umumnya akan semakin berpengalaman, serta dapat terlatih jika ada kondisi lainnya yang berhubungan dengan selang industri.


Sekian artikel dari kami yang membahas mengenai perlunya pelatihan dalam penggunaan selang industri. Semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Bilamana Anda ingin memiliki atau mengganti selang lama Anda ke selang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami adalah Toyox. Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut terkait selang Toyox.


bottom of page