top of page

Pemilihan Material Pompa Celup: Mengutamakan Kualitas dan Ketahanan



Suatu kendaraan layaknya mobil, umumnya adalah transportasi yang dilengkapi dengan body. Nah body dari kendaraan seperti pada roda 4 atau lebih, adalah sesuatu yang penting bagi kendaraan tersebut, dikarenakan ia dapat menahan langsung segala gaya atau tekanan yang melewati kendaraan tersebut. Itu seperti angin atau udara, air, bahkan objek lainnya yang keras dan terjadi karena memang adanya kecelakaan dalam berlalu lintas.


Dengan peranan penting body kendaraan sebagai pelindung bagi driver serta penumpang, maka body begitu juga rangkanya akan dibuat dari material yang cukup kuat. Nah hal serupa ternyata juga berlaku bagi alat yang bukan transportasi, yaitu pada pompa air. Seperti pompa celup, yang ternyata memang mengharuskan memiliki body yang harus terbuat dari material kuat. Ini berguna agar dapat menjaga kualitas serta ketahanan dari pompa itu sendiri.


Inilah Material Pompa Celup yang Bisa Utamakan Kualitas dan Ketahanan Pompa Celup


Tentu menjadi suatu hal penting bagi pembuatan body pompa celup yang harus terbuat dari material kuat. Ini agar pompa celup yang memang bisa diandalkan secara terendam, harus memiliki kualitas serta ketahanan yang tepat agar air tidak masuk. Dengan kemungkinan adanya benturan atau faktor lainnya, itu jelas akan membuat beberapa material akan rusak, sehingga pompa celup juga akan bocor dan masuk air. Nah maka dari itu, tidak heran pemilihan material pembuatan pompa celup adalah penting adanya.


Material Stainless Steel

Seperti yang banyak diketahui, ini adalah baja tahan karat yang mengandung setidaknya 10,5% Kromium, yang mana itu bisa berguna untuk mencegah proses korosi atau karatan. Komposisi ini membentuk protective layer atau lapisan pelindung anti korosi yang merupakan hasil oksidasi oksigen terhadap Krom yang terjadi secara spontan. Kemampuan tahan karat diperoleh dari terbentuknya lapisan film oksida Kromium, dimana lapisan oksida ini menghalangi proses oksidasi besi (Ferum).


Alasan perlunya penggunaan baja stainless steel pada material pompa celup, itu karena ia adalah material yang mudah dibersihkan, anti korosif, dan tahan terhadap bakteri. Selain itu, stainless steel juga memiliki sifat mekanik yang cukup baik secara keseluruhan. Ini meliputi kekuatan, ketahanan, dan ketahanan abrasi yang tinggi pada baja tahan karat austenitik karena memang adanya nilai positif dalam penggunaan untuk aplikasi di komponen pompa celup.


Material Bronze

Atau kuningan, adalah logam yang merupakan campuran dari unsur Tembaga (CU) dan Seng (Zn). Komponen dari kuningan adalah tembaga, sehingga kuningan biasanya diklasifikasikan sebagai paduan tembaga. Kuningan sendiri adalah material yang sangat mudah untuk dibentuk kedalam berbagai bentuk seperti pada pompa celup, itu juga pada sebuah konduktor panas yang baik, yang mana memang umumnya ia tahan terhadap korosi atau air garam.


Material Cast Iron

Bisa disebut juga sebagai besi tuang atau besi cor, yakni paduan besi karbon dengan kandungan karbon lebih dari 2%. Tentunya paduan besi dengan kandungan karbon kurang dari 2% disebut sebagai baja. Sementara untuk unsur paduan utama yang membentuk karakter besi tuang adalah karbon (C) antara 3-3,5% dan silikon (Si) antara 1,8-2,4%. Perbedaan kadar C dan Si menyebabkan titik lebur besi tuang lebih rendah dari baja, yakni sekitar 1.150 sampai 1.200° C. Jadi unsur paduan yang terkandung didalamnya akan mempengaruhi warna patahannya, layaknya besi tuang putih yang juga mengandung unsur karbida sedangkan besi tuang kelabu mengandung serpihan grafit.


Besi tuang cenderung rapuh, kecuali besi tuang mampu tempa (malleable cast iron). Ini dengan titik leleh relatif rendah, begitu juga fluiditas yang baik yang memang mampu ditempa, hingga mampu menjadi mesin yang sangat baik karena ketahanannya terhadap deformasi dan ketahanan aus. Nah besi tuang telah menjadi bahan rekayasa dengan berbagai aplikasi dan juga bisa digunakan dalam material pipa, bahkan juga pada pompa celup yang bisa membuatnya menjadi berkualitas serta memiliki ketahanan.


Sekian dari kami, mengenai pemilihan material pompa celup yang memang bisa mengutamakan kualitas serta ketahanan suatu pompa celup. Semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Untuk pompa celup terbaik yang memang berkualitas serta terbaik dengan ketahanannya, itu adalah pompa celup Tsurumi yang ada di IndahJaya.com


bottom of page