top of page

Pemotong Kaca Sederhana: Fungsinya dalam Menciptakan Karya Seni Kaca yang Luar Biasa



Kaca berasal dari bahan yang bersifat cair tetapi memiliki kepadatan tinggi, dan struktur amorf. Atom-atom di dalamnya tidak membentuk suatu jalinan yang beraturan, seperti kristal, atau biasa disebut gelas. Kaca pun kebanyakan dibuat dari silika (SiO2), campuran batu pasir dengan fluks yang menghasilkan kekentalan dan titik leleh yang tidak terlalu tinggi, untuk kemudian dicampur lagi dengan bahan stabilisator supaya kuat.


Nyatanya, kaca dapat menjadi suatu karya seni yang luar biasa indah, yang mana untuk melakukannya itu dibutuhkan keahlian serta peralatan yang memang tepat. Tentunya peralatan yang dibutuhkan oleh pengrajin kaca dalam membuat seni adalah alat pemotong kaca sederhana. Apa alat pemotong kaca sederhana yang dimaksud? Untuk mengetahuinya maka Anda semua bisa simak artikel ini selengkapnya!


Informasi Mengenai Alat Pemotong Kaca Sederhana yang Bisa Ciptakan Karya

Sebelum membentuk kaca menjadi beragam interior atau eksterior, maka biasanya seseorang harus memotong kaca terlebih dahulu agar mendapatkan ukuran yang diinginkan. Meskipun terlihat sederhana, memotong kaca tidak semudah yang Anda bayangkan. Selain rentan untuk pecah, cara memotong kaca yang tidak benar juga bisa berisiko melukai tangan. Jadi di samping keahlian, peralatan pemotong kaca pun juga harus dipersiapkan dengan benar dan tepat.


Beberapa alat pemotong yang paling banyak digunakan untuk pemotong kaca adalah alat pemotong kaca model pulpen, seperti T Cutter, Oil Glass Cutter, dan Intime Glass Cutter. Namun, dalam ukuran kaca tebal dan besar, maka Anda dapat menggunakan gerinda sebagai alat pemotong kaca. Jadi dengan demikian, maka pastikan dulu tipe kaca yang ingin dipotong. Setelah memastikan maka tentukan mana alat yang memang tepat untuk memotong kaca tersebut untuk menjadi suatu karya.


Cara Memotong Kaca dengan Alat Pemotong Kaca

Cara memotong kaca haruslah cara yang memang berdampak pada kenyamanan dan keamanan. Jadi dengan begitu, maka cara tersebut adalah dengan melakukan pengolesan pada kaca yang akan dipotong, yakni mengolesi kaca tersebut dengan minyak pelumas. Beberapa jenis minyak yang dapat Anda gunakan ialah minyak tanah, solar, atau lainnya. Hal ini penting, dikarenakan sangat bertujuan untuk mempermudah proses pemotongan agar lebih rapi sesuai yang diinginkan.


Jika kaca Anda sudah diolesi dengan minyak pelumas, maka langkah berikutnya yaitu dengan melakukan pengukuran sesuai keinginan Anda dalam membuat karya kaca yang diinginkan. Anda tentunya dapat menggunakan tali untuk memastikan lurus tidaknya garis yang akan dipotong pada kaca. Kemudian pastikan Anda persiapkan penjepit kop kaca, yang mana itu dengan tujuan agar saat membelah kaca tidak pecah atau terjadi kerusakan pada kaca tersebut.


Pastikan kembali minyak pelumas dan pelumas masih menempel, hal ini penting karena berguna untuk menghindari hasil belahan kaca yang berantakan. Nah agar proses pembelahan tidak miring dan berantakan, maka goyangkan tang atau penjepit secara pelan-pelan hingga kaca terbelah. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan potongan kaca yang lurus dan tidak keluar dari garis yang sudah ditentukan.


Itulah alat pemotong kaca yang memang berguna dan berfungsi dalam menciptakan karya seni kaca yang luar biasa. Sekian artikel dari kami yang memang bermanfaat bagi Anda semua dalam mengetahui alat pemotong kaca. Untuk perkakas yang memang terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan perkakas Tenka. Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk mendapatkan perkakas Tenka atau mengetahuinya lebih lanjut.


bottom of page