Pengaplikasian Electric Chain Hoist di Dunia Industri


Pengaplikasian Electric Chain Host di Dunia Industri

Electric chain hoist mungkin tidak begitu familiar di dengar mereka yang awam dalam dunia industry seperti kelautan, logistic, konstruksi hingga pertambahan. Di dunia industry, chain hoist sering digunakan untuk membantu proses pemindahan barang.


Chain hoist sebenarnya merupakan alat yang dipergunakan untuk membantu aktivitas pengangkatan dan penurunan benda berat dan menggunakan bantuan rantai. Chain hoist beda dengan chain block.


Chain hoist menggunakan mesin agar bisa mengoperasikannya. Umumnya, chain hoist mempunyai 2 roda, keduanya dililit dengan menggunakan rantai, sehingga dengan bantuan mesin serta tombol untuk naik turun secara otomatis, rantai bisa berputar.


Penggunaan Electric Chain Hoist di Dunia Industri


Chain hoist terdiri atas motor listrik dengan mekanisme transmisi serta sprocket. chain hoist dapat digunakan secara individual maupun dipasang di di jib crane, gantry crane atau alat yang lain.


Fitur yang dimilikinya menguat electric chain hoist dapat mengangkat beban serta membuat barang sehingga untuk melakukan pemeliharaan peralatan bisa lebih efisien dan cepat.


Chain hoist bisa dikatakan sebagai sebuah kerekan baru di dunia industry. Kapasitas yang dimilikinya mulai dari 500 kg hingga 35.000 kg. alat ini dapat digunakan untuk berbagai macam industry, seperti:


1. Industry perkapalan


Chain hoist sering digunakan untuk industry perkapalan. Seperti yang kita ketahui, di kapal, ada begitu banyak peralatan dengan bobot yang berat, sehingga pengangkatan dengan menggunakan chain hoist akan sangat memudahkan.


Electric chain hoist biasanya diaplikasikan di crane agar bisa membantu aktivitas untuk mengangkat material di area kapal serta dermaga. Bagi Anda yang sering lalu lalang di kapal, pasti sering melihat chain hoist ini.


2. Industry konstruksi


Electric chain hoist juga digunakan di industry konstruksi atau bangunan. Perusahaan bangunan biasanya menggunakan chain hoist untuk melakukan pengangkatan material dengan bobot yang berat.


Biasanya, chain hoist akan ditempatkan di alat yang mirip dengan crane atau balok sehingga dapat menurunkan dan mengangkat beban. Beban yang diangkat menggunakan chain hoist ini seperti pipa, kaca, metal, besi dan berbagai macam material bahan bangunan yang lain.


3. Industry manufaktur


Penggunaan alat ini bukan hanya sampai di situ saja. selain pada industry perkapalan serta konstruksi, chain hoist juga sering digunakan untuk industry manufaktur. Justru, kita banyak menemukan chain hoist ini dalam industry manufaktur.


Electric chain hoist biasanya digunakan untuk mengangkat beban serta material manufaktur. Tentu saja fungsi yang dimiliki chain hoist di sini ialah mempermudah operator untuk melakukan pengangkatan.


Material yang biasanya diangkat dengan menggunakan chain hoist seperti rangka kendaraan, mesin yang digunakan untuk kebutuhan operasional dan berbagai macam alat yang lainnya.


Seperti di industry lain, mereka yang menjalankan chain hoist ini juga harus berpengalaman di bidangnya, lebih-lebih untuk manufaktur dengan beban atau kapasitas yang besar.


4. Industry pertambangan


Electric chain hoist juga digunakan dalam industry minyak serta pertambangan. Di dalam industry pertambangan, biasanya chain hoist digunakan untuk mengangkat bahan konstruksi serta perminyakan.


Chain hoist ini biasanya digunakan untuk mengangkut pipa pengeboran, serta berbagai macam alat pengeboran yang lainnya. Perlu diketahui, meskipun chain hoist ini digunakan untuk industry minyak dengan pengaplikasian di laut, penggunaannya tidak akan jauh berbeda dengan di darat.


Penggunaan chain hoist ini memang umum dilakukan untuk berbagai macam industry di atas. Mengingat industry tersebut sering melakukan kegiatan bongkar muat, perbaikan peralatan hingga melakukan pengangkatan barang. seluruh hal tersebut dilakukan menggunakan electric chain hoist.