Pengaplikasian Wire Rope Hoist pada Industri


Pengaplikasian Wire Rope Hoist pada Industri

Pengaplikasian Wire Rope Hoist pada industri sudah umum bagi Anda yang telah berpengalaman di bidang ini. Namun, mungkin saja beberapa dari Anda yang membaca ini belum mengetahui pasti tentang bagaimana cara pengaplikasian Wire Rope Hoist pada industri dengan benar dan aman. Pada pembahasan kali ini akan mengupas tuntas berbagai pertanyaan Anda seputar pemasangan ini.


Sebelum membahas lebih lanjut tentang pengaplikasian Wire Rope Hoist pada industri, perlu dipahami bahwa Anda juga membutuhkan praktek secara langsung. Informasi yang dibagikan kali ini kiranya dapat membantu Anda dalam menambah wawasan sebelum terjun langsung ke lapangan. Lebih lanjutnya, silahkan simak dan pahami ulasan berikut ini.


Mengenal Wire Rope Hoist pada Industri


Sebelumnya mari mengingat kembali apa itu Wire Rope Hoist. Dari nama Wire Rope saja dapat diartikan sebagai tali kawat. Lengkapnya, Wire Rope Hoist adalah alat yang difungsikan untuk mengangkat beban menggunakan tali kawat sebagai media pengangkatnya.


Tali kawat yang digunakan sebagai rangkaian Wire Rope Hoist biasanya terbuat dari baja tahan karat, baja karbon, monel dan perunggu. Bahan terpilih untuk tali kawat haruslah memiliki ketahanan yang tinggi terhadap abrasi, keausan, korosi, dan utamanya daya angkatnya yang kuat. Tali kawat ini tetap memerlukan pelumasan untuk menjaga tali selama proses pengangkutan barang.


Untuk membantu meningkatkan keamanan, Wire Rope Hoist dilengkapi motor hoist dengan sistem pengeraman terintegrasi. Selain menggunakan tali kawat untuk menyempurnakan kerja, Wire Rope Hoist juga memanfaatkan rangkaian roda gigi di dalam gearbox yang memperkuat torsi yang ditransmisikan dari motor.


Gaya terkonsentrasi dari gearbox ditransmisikan menuju poros spline, yang kemudian dapat memutar gulungan drum. Selain itu, terdapat pemandu tali yang dapat mencegah tali kawat kusut dengan bergerak di sekitar drum penggulung untuk menempatkan tali kawat pada jalur yang benar.


Pengaplikasian Wire Rope Hoist pada Industri


Sebagai alat angkut yang efektif untuk memindahkan benda atau barang muatan, Wire Rope Hoist telah banyak dimanfaatkan pada bidang industri mulai dari shipping dan logistik, konstruksi, workshop dan manufaktur, hingga pertambangan seperti minyak dan gas. Untuk industri kecil yang memang memerlukan bantuan Wire Rope Hoist tetap bisa menggunakannya dengan menyesuaikan ukuran dan kapasitasnya.


Berikut ini 4 pengaplikasian Wire Rope Hoist pada bidang industri yang umum digunakan:


1. Wire Rope Hoist Untuk Industri Shipping dan Logistik

Pada bidang logistik yang menggunakan cargo dengan ukuran besar memerlukan peralatan yang dapat memindahkan barang-barang berat untuk memudahkan pekerjaan. Karena itulah Wire Rope Hoist sering digunakan pada lingkungan kerja ini.


2. Wire Rope Hoist Untuk Industri Konstruksi

Kebutuhan industri konstruksi terhadap Wire Rope Hoist sudah tidak perlu dipertanyakan. Anda pasti sudah familiar dengan pemandangan beton-beton besar di lingkungan konstruksi. Lalu, bagaimana beton-beton itu dipindahkan? Tentu saja menggunakan Wire Rope Hoist. Selain beton, alat ini juga bisa digunakan untuk mengangkat pasir, pipa, bata, semen, besi, dan lainnya.


3. Wire Rope Hoist Untuk Industri Workshop dan Manufaktur

Hampir sama dengan pengaplikasian pada industri konstruksi, Wire Rope Hoist pada industri workshop daan manufaktur sangat dibutuhkan untuk mengangkut hasil produksi dan mesin.


4. Wire Rope Hoist Untuk Industri Gas dan Minyak Bumi

Alat pengangkut benda paling dibutuhkan pada industri pertambangan, salah satunya gas dan minyak bumi. Wire Rope Hoist paling berguna untuk memindahkan drill atau mesin pengeboran dalam proses pengeboran.


Baiklah sahabat Indah Jaya, berikut tadi adalah informasi seputar pengaplikasian Wire Rope Hoist pada industri mulai dari shipping dan logistik, konstruksi, workshop dan manufaktur, hingga pertambangan seperti minyak dan gas. Semoga dapat membantu.