top of page

Pengenalan Tentang Hoist Tangan: Keuntungan dan Aplikasinya



Dari banyaknya pengerjaan di sektor industri atau pabrik dan lainnya, alat lifting menjadi alat yang perannya tak bisa tergantikan, seperti crane dan hoist. Tidak hanya pada crane, hoist juga memiliki versi electric yang memang sudah sering diandalkan, yakni hoist yang pengoprasianya menggunakan listrik. Hoist type ini tersedia untuk listrik 1 phase yang cocok digunakan untuk perumahan ataupun industri kecil, untuk yang 3 phasa banyak digunakan dalam industri besar.


Meski memiliki kelebihan yang memang menarik, sayangnya penggunaan dari manual hoist pun tidak kalah juga bisa memberikan penggunaan yang lebih efisien daripada hoist electric. Nah hoist electric pun dapat juga dikenal dengan jenis hoist tangan, yakni hoist yang sudah pasti dapat dioperasikan dengan tangan manusia. Nah agar Anda bisa memahami tentang hoist tangan, baik keuntungan dan pengaplikasiannya, maka Anda bisa simak artikel ini!


Mengenal Hoist Tangan Begitu Juga dengan Keuntungan serta Pengaplikasiannya


Apa Itu Hoist Tangan?

Hoist tangan merupakan hoist yang termasuk sebagai jenis manual, suatu hoist yang biasanya menggunakan rantai dalam mengangkat bebanya, dimana rantai tersebut terdapat load chain yang digunakan untuk mengangkat beban dan hand chain yaitu untuk menarik/mengerek agar beban terangkat. Jelasnya, hoist tangan itu memiliki konsep atau ciri yang sama dengan hand winch dan katrol, yakni alat yang mengandalkan sumber tenaga dari manusia dalam hal penggunaannya. Meski tidak menggunakan mesin otomatis untuk menggerakkannya, tapi alat ini masih sangat diperlukan untuk pekerjaan lifting.


Pengaplikasian Hoist Tangan

Cara pengerjaan dari hoist tangan tentunya hampir sama dengan sistem katrol, itu karena memang hoist tangan adalah hoist yang mengandalkan kerekan dalam menarik beban berat, begitu juga kerekan atau katrol tersebut dapat digerakan sebaliknya untuk menurunkan beban yang sedang diangkat. Pengaplikasiannya pun dapat memanfaatkan kaitan yang dapat terpasang pada dock yang sesuai, sehingga dengan begitu maka jelas bahwa pengerjaan dari hoist tangan hanya cukup efektif pada pengerjaan yang ringan-ringan saja, berbeda dengan crane.


Beberapa Keuntungan dari Hoist Tangan

Hoist tangan merupakan alat pengangkat yang ideal untuk banyak tempat atau pekerjaan. Jadi dengan mekanisme pengerjaan serta kapasitasnya yang kecil, maka hoist tangan dapat digunakan untuk pekerjaan kecil atau juga dalam keadaan darurat seperti menyelamatkan kendaraan, ataupun untuk menarik objek lainnya yang tidak bisa menggunakan tenaga manusia. Selain itu, hoist tangan sebagai hoist manual pun juga bisa melakukan operasi seperti menyeret atau menarik objek, membereskan rintangan dan memasang fasilitas untuk katrol tangan dalam kondisi lain.


Pada dasarnya, hoist ini memang sangat cocok diaplikasikan untuk kebutuhan industri perkapalan, sehingga dengan begitu membuat permintaan jual hoist manual ini menjadi cukup banyak daripada hoist lainnya. Dengan harga yang bervariasi, maka tentu saja itu membuat hoist tersebut mampu menawarkan banyak fungsi dan keuntungan pada aplikasi di sektor industri dan lainnya.


Contohnya, alat ini bisa menarik jangkar, dimanfaatkan pada dock, hingga dapat menarik kapal para nelayan. Untuk industri otomotif, ia bisa dipakai untuk melakukan penarikan kendaraan yang memerlukan pengecekan, atau menarik mobil yang telah terperosok ke lumpur atau sungai. Namun karena manual digerakkan memakai tangan manusia, alat ini cenderung kurang ideal untuk proyek yang berskala besar, layaknya konstruksi dan semacamnya.


Itulah artikel dari kami mengenai pengenalan hoist tangan, berikut juga dengan keuntungannya dan aplikasinya. Semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk hoist atau crane terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami ada pada produk Elephant Hoist and Crane. Nah untuk itu, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com agar Anda bisa mendapatkan keterangan lebih lanjut terkait Elephant Hoist and Crane.


bottom of page