Pengertian Sambungan Selang Kompresor dan Cara Menggunakannya


Pengertian Sambungan Selang Kompresor dan Cara Menggunakannya

Sambungan selang kompresor biasa disebut dengan quick coupler, quick connect coupling ataupun quick release fitting. Bagi Anda yang sering menggeluti dunia permesinan. Tentu, sudah sangat mengenali komponen satu ini.


Quick coupler ini bisa dikatakan adalah salah satu komponen paling penting. Maka, jangan sembarangan dalam memilih. Perlu memperhatikan beberapa hal. Antara lain seperti memilih komponen berkualitas, agar bisa tahan lama.


Tidak hanya proses pemilihannya saja perlu diperhatikan. Namun juga cara menggunakan sambungan selang kompresor juga harus diperhatikan. Tidak boleh keliru dalam penggunaannya. Maka, penting untuk mengetahui bagaimana cara menggunakannya dengan benar.


Namun bagi Anda yang belum terlalu paham tentang konektor selang kompresor. Cari tau dulu lebih banyak tentang itu. Tentang apa itu, fungsinya untuk apa dan semua yang berkaitan dengan konektor.


Pengertian dari Sambungan Selang Kompresor


Quick coupler merupakan salah satu komponen penyambung hydrolic. Terbuat dari kuningan, plastik atau baja anti karat sesuai dengan kebutuhan mesin. Umumnya, konektor berfungsi untuk menyambungkan alat yang membutuhkan pasokan udara.


Seperti diketahui, supply udara sendiri bersumber dari sebuah kompresor yang dipasang pada draf kompresor berukuran 1/4 inci. Umumnya sambungan selang kompresor ini terdiri dari 2 jenis.


Yaitu female socket atau coupler dan juga Male, Plug atau Nipple Body. Di dalam mesin pneumatic dan juga hydraulic. Coupling ini berguna untuk menghentikan atau membangun sambungan pipa fluida.


Salah satu contohnya seperti pada mesin hidrolik atau mesin kompresor yang memakai tekanan udara. Hasil tekanan udara yang dimampatkan akan menghasilkan energi tinggi agar mempermudah kegiatan.


Di sinilah pentingnya Quick coupler. Dalam hal ini, sambungan selang kompresor tersebut berguna untuk menjaga ketahanan udara yang berpindah dari 1 bagian ke bagian lain.


Maka dari itu, pentingnya Quick coupler pada sebuah mesin composer. Salah satu komponen yang penting untuk dirawat secara rutin. Agar tidak terjadi kebocoran ketika digunakan.


Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara melakukan overhaul atau turun mesin secara rutin. Paling tidak 4 atau 2 tahun sekali untuk tempat-tempat yang berdebu.


Tentu perawatannya tidak hanya itu saja. Masih ada beberapa perawat lain yang wajib dilakukan. Hal itu agar komponen mesin Anda bisa tetap awet, termasuk konektornya.


Cara Menggunakan Sambungan Selang Kompresor


Umumnya Quick coupler terdiri dari beberapa bagian. Antara lain O ring, collet dan juga body. Badan kopel menyaring collet dan O ring. Kemudian tabung ditempatkan ke bagian dalam badan kopel.


Lewat O ring dan juga collet. Di dalam menyatukan komponen itu, biasanya pasti akan ada sistem segel kedap air. Ketika sistem itu mulai berjalan, terjadilah peningkatan tekanan pada tabung.


Kemudian berubah menjadi udara atau air. Saat membeli sambungan selang kompresor, biasanya Anda akan mendapat 1 set jenis female dan juga male. Tidak perlu khawatir, tidak sulit untuk menggunakannya.


Anda cukup memegangnya dengan tangan, lalu dorong lurus kea rah adapter hingga terdengar bunyi klik. Tetapi bila penyambungan itu sulit sekali dilakukan. Anda bisa menggerak-gerakan projection partnya.


Lalu lakukan penyambungan kembali. Kalau bisa hindari menyentuh bagian hose atau levernya. Apabila ingin melepas, cukup body kea rah adapter. Lalu tekan dengan ibu jari pada bagian yang menonjol.


Putar projection ke arah kanan. Namun untuk mempermudah penggunaannya, Anda bisa memilih Quick coupler yang dilengkapi kopling otomatis. Kinerja coupler akan secara otomatis berhenti bila terdapat indikasi udara bocor.


Kini Anda tidak perlu bingung lagi apa itu konektor selang dan bagaimana cara menggunakannya. Sebab sudah ada cara mudah dalam menggunakan sambungan selang kompresor yang bisa dipraktekkan.