top of page

Penggunaan Limbah sebagai Energi Alternatif: Menciptakan Sumber Energi Hijau dari Limbah



Limbah bisa berupa sampah besar, kecil, ataupun bisa berupa cair, kental, ataupun keras, yang mana itu tergantung dari hasil produksi atau proses tertentu. Nah tentunya tiap limbah yang ada pun memang patut dibuang, tetapi tidak semuanya, melainkan ada juga limbah yang dapat diolah kembali menjadi sesuatu yang berguna. Salah satunya, limbah bisa dipergunakan kembali untuk menjadi energi alternatif.


Energi alternatif yang berasal dari limbah pun sebenarnya ada banyak, yang mana semuanya sangat berguna agar dapat mewujudkan dunia yang hijau dan bisa bebas limbah. Nah penggunaan limbah sebagai energi alternatif yang dapat menciptakan sumber energi hijau dari limbah, penjelasannya akan kami jelaskan di artikel ini. Maka dari itu, silahkan Anda semua simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Penggunaan Limbah yang Bisa Menjadi Energi Alternatif


Penggunaan Limbah Menjadi Energi Alternatif Listrik

Mungkin baru Anda sadari atau ketahui, bahwa nyatanya limbah bisa diolah untuk menjadi energi lain, yakni energi listrik. Nah adapun caranya, adalah sebagai berikut:


  • Sampah atau limbah bisa dibakar, sehingga limbah yang terbakar pun akan menghasilkan panas, alias dikenal sebagai proses konversi thermal.

  • Nah kemudian dari panas tersebut atau dari hasil pembakarannya akan dimanfaatkan untuk mengubah air menjadi uap dengan bantuan boiler.

  • Lalu adanya uap bertekanan tinggi yang keluar, itu bisa digunakan untuk memutar bilah turbin yang ada.

  • Jadi turbin akan dihubungkan ke generator dengan bantuan poros.

  • Setelah itu, generator yang ada pun akan menghasilkan listrik dan kemudian listrik pun akan dialirkan ke tempat yang ingin dialirkan listrik.


Penggunaan Limbah Menjadi Energi Alternatif BBM

Limbah ternyata juga bisa digunakan menjadi alternatif untuk memperoleh BBM atau bahan bakar minyak. Nah dengan begitu, pastinya masalah BBM yang umum terjadi bisa menjadi solusi terbaik dengan penggunaan limbah yang bisa menjadikannya BBM. Adapun cara penggunaan limbah yang menjadi BBM adalah:


  • Mempersiapkan peralatannya, seperti LPG, tungku pembakaran, reaktor yang dilengkapi dengan mulut tempat memasukkan bahan, tabung kondensasi (kondensor) dengan pendingin, serta tabung penampung yang dilengkapi dengan saluran pengeluaran gas.

  • Tidak hanya peralatan, ada juga limbah yang harus dipersiapkan, seperti botol atau gelas bekas minuman dalam kemasan, label atau merk botol plastik, serta plastik kresek yang telah dikecilkan ukurannya dengan cara dicacah. Lalu ada juga bahan lain yaitu pasir zeolite sebagai katalisator. Selain menggunakan pasir zeolite, sebagai katalisator juga dapat menggunakan karbon aktif seperti norit.

  • Setelah semua sudah terkumpul, maka sampah plastik yang telah dicacah dimasukkan dalam reaktor, kemudian ditambahkan katalis dalam hal ini menggunakan pasir zeolite.

  • Setelah ditutup rapat, reaktor kemudian dipanaskan dengan tungku pembakar menggunakan bahan bakar LPG.

  • Dalam suhu tertentu seiring berjalannya waktu terjadi reaksi dalam reaktor menghasilkan produk berupa padatan dan gas. Padatan tersisa akan tetap tinggal dalam reaktor berupa arang, sedangkan gas yang ringan mengalir melalui pipa menuju tabung kondensasi.

  • Dalam tabung kondensasi gas kemudian mengalami pendinginan menggunakan air yang mengalir, gas yang terbentuk menjadi cairan kemudian ditampung dalam tabung penampungan, sedangkan gas yang tidak terkondensasi menjadi cairan akan keluar melalui saluran pengeluaran gas.

  • Gas yang terjadi jumlahnya sangat sedikit berupa gas methane yang dapat dimanfaatkan kembali sebagai bahan bakar. Sedangkan produk pirolisis yang berupa padatan dapat diolah menjadi karbon aktif. Cairan yang dihasilkan merupakan minyak yang mudah terbakar, dibuktikan dengan memantikkan api pada cairan yang dengan segera terjadi kobaran api.

  • Untuk dapat dimanfaatkan sebagai salah satu fraksi bahan bakar seperti minyak tanah, bensin, dan sebagainya memerlukan proses lebih lanjut menggunakan destilasi fraksional bertingkat, untuk sementara hasil dari pirolisis sampah plastik sudah dapat digunakan sebagai pelarut.


Itulah penggunaan limbah yang bisa menjadi energi alternatif yang mana sebenarnya masih banyak limbah yang dapat menjadi energi alternatif lain. Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat bagi semuanya. Untuk memurnikan limbah, Anda bisa andalkan pompa celup seperti Tsurumi yang ada di IndahJaya.com


Comentários


bottom of page