top of page

Penggunaan Selang Industri dalam Operasional Pemadam Kebakaran



Pemadam kebakaran atau disingkat damkar, adalah orang atau pasukan yang bertugas memadamkan kebakaran, dengan melakukan penyelamatan dan menanggulangi bencana atau kejadian lainya. Petugas pemadam kebakaran selain terlatih untuk menyelamatkan korban dari kebakaran atau melakukan pemadaman, mereka juga dilatih untuk menyelamatkan korban-korban atau tugas-tugas penyelamatan yang tidak berkaitan dengan api.


Umumnya, para damkar bertugas untuk operasional yang berkaitan dengan api. Nah dalam pengerjaan pada musibah kebakaran, maka para damkar akan berusaha semaksimal mungkin agar api kebakaran dapat dipadamkan. Tentunya untuk melakukan itu, para damkar membutuhkan peralatan khusus, yakni baju pengaman, truk damkar, hingga selang damkar yang memang berguna untuk proses aliran air yang keluar agar bisa memadamkan api.


Penggunaan Selang Industri dalam Operasional Pemadam Kebakaran


Selang yang memang dikenal dapat digunakan untuk mengalirkan air, tentunya bisa diandalkan untuk memadamkan api. Tapi tentu untuk api dengan skala besar, maka air yang disemprotkan oleh selang pun harus air yang bertekanan tinggi, sehingga air yang keluar memiliki tekanan besar untuk memadamkan api besar membara. Penggunaan selang industri untuk memadamkan kebakaran, sebenarnya masih juga bisa menjadi andalan untuk memadamkan api, yang mana itu pada jenis selang yang tahan terhadap suhu panas serta selang yang tahan terhadap tekanan.


Jenis-Jenis Selang yang Digunakan Operasional Pemadam Kebakaran

Pastinya selang pemadam api yang dimiliki oleh damkar adalah selang yang dapat mengalirkan air bertekanan baik dari jaringan instalasi fire hydrant maupun mobil pemadam kebakaran. Untuk itu selang ini pun adalah selang yang didesain khusus agar tidak mudah rusak dalam memadamkan api. Proses pemadaman dapat menjadi lebih cepat karena posisi selang bisa digulung dan ditarik mendekat ke lokasi titik kebakaran, yakni dengan selang seperti berikut ini:


  • Selang Kanvas: Suatu selang yang menggunakan bahan kanvas berkualitas tinggi agar tidak mudah rusak dan bocor saat digunakan. Selang kanvas memiliki ketahanan air hingga mencapai tekanan 13 bar, sangat memungkinkan digunakan untuk hydrant pillar yang secara umum hanya berada di tekanan 10 bar atau kurang. Nah selang ini juga sangat cocok untuk kondisi siklus cuaca yang tidak menentu seperti di Indonesia. Biasanya, ukuran panjang selang kanvas antara 20 sampai 30 meter dengan berbagai ukuran 1,5 2,5 dan 3 inch.

  • Selang Polyester: Selang ini polyester sebenarnya juga selang yang biasa digunakan di industri. Selang ini adalah selang yang terbuat dari bahan utama polyester staple dan polyester filaments. Dengan bahan tersebut, maka akan membuat selang tahan lama dan handal saat digunakan. Faktanya, Selang polyester dapat dipasang dengan coupling yang sesuai kebutuhan seperti machino, instantaneous, dan storz coupling.

  • Selang Red Rubber: Seperti namanya, selang ini adalah selang karet yang berwarna merah cerah, berbeda dengan selang kanvas dan polyester yang berwarna putih. Material yang digunakan untuk membuat selang red rubber adalah karet berkualitas tinggi sehingga cocok digunakan untuk pemadam api dalam lingkungan proyek dalam sebuah perusahaan. Untuk ukuran umum dari selang red rubber yaitu 1,5 2,5 3 dan 4 sementara panjangnya 20 dan 30 m.


Itulah penggunaan selang industri dalam operasional pemadam kebakaran. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat teruntuk Anda semua. Untuk selang yang terbaik dan berkualitas seperti dari Toyox, maka Anda bisa mendapatkannya serta mengetahui lebih lengkapnya dengan mengunjungi di IndahJaya.com


Comentários


bottom of page