Penjelasan Lengkap Tentang Governor Genset dan Kegunaannya yang Wajib Diketahui



Governor dalam pengertian bahasa Indonesia adalah Gubernur, jadi apakah Governor Genset adalah Genset milik Gubernur? Jelas bukan, anda perlu tahu bahwa sebenarnya Governor Genset merupakan salah satu komponen penting pada mesin Genset, dimana untuk lebih mengetahuinya maka anda perlu menyimak artikel ini selengkapnya.


Dengan membaca lengkap artikel ini, maka anda semakin mengenal tentang Governor Genset, dimana selain pemahaman apa itu Governor Genset, kami juga akan sertakan apa kegunaannya dan sebagainya yang perlu anda ketahui. Jadi begitu menarik untuk diketahui bukan? Maka dari itu, langsung saja anda simak penjelasan dan sebagainya tentang Governor Genset di bawah ini!

Pemahaman Tentang Governor Genset

Nah Genset sendiri merupakan suatu mesin yang lebih dikenal sebagai “Generator listrik”, dan mesin Genset sendiri biasanya sering digunakan untuk menghasilkan energi listrik dari sumber energi mekanis, itu memang karena Genset berguna seperti itu. Nah prinsip kerja dari generator listrik atau Genset sendiri, adalah berupa induksi elektromagnetik, yang mana jenis arus listriknya, dari generator dibagi menjadi generator arus searah dan generator arus bolak-balik.


Sudah mengetahui apa itu Genset, maka berikutnya adalah Governor-nya. Nah Governor adalah komponen yang cukup penting pada Genset, dimana Governor merupakan alat yang pastinya digunakan untuk mengatur bahan bakar mesin Genset itu sendiri. Selain itu, Governor pada Genset memiliki cara kerjanya sendiri, dimana Governor akan membaca kecepatan putaran mesin, dan menggerakkan mekanisme pengendali jumlah BBM yang harus disalurkan sesuai dengan kecepatan putaran mesin yang sudah terbaca sebelumnya.

Fungsi atau Kegunaan Governor Genset yang Perlu Anda Pelajari dan Ketahui Semuanya

Nah berikut ini adalah fungsi dan kegunaan lengkap yang jarang diketahui tentang komponen Governor pada Genset:

  • Governor bisa memudahkan mesin Genset untuk hidup saat start dengan memperbanyak penyuplaian penginjeksian pada bahan bakar.

  • Governor bisa mempertahankan kecepatan putaran mesin, sehingga mampu mencegah overspeed yang cukup sering terjadi pada mesin Genset.

  • Dengan Governor maka anda bisa membatasi kecepatan putaran mesin Genset pada saat idle, dimana lebih tepatnya ketika pada mesin tidak menerima beban.

  • Selain itu, Governor mampu membatasi kecepatan putaran mesin di tingkat maksimum.

Cara Kerja Governor Genset yang Perlu Anda Ketahui dan Pelajari

Untuk lebih mengetahui bagaimana cara kerja Governor, maka berikut ini kami sudah mempersiapkan penjelasan tentang cara kerja Governor, dimana berdasarkan mekanisme cara kerjanya. Dan berikut ulasannya:

  • Elektronik: Pada model Elektronik, kecepatan putaran mesin akan dideteksi melalui sensor elektrik yang biasa disebut magnetic pickup.

  • Mekanik: Dikenal juga dengan “sentrifugal”, jenis ini model ini akan memiliki putaran mesin yang dapat dideteksi melalui gaya sentrifugal putaran mesin yang terjadi.

  • Pneumatic: Pneumatic atau diafragma memiliki cara kerja yang menggunakan tekanan udara naik atau turun sesuai kecepatan putaran mesin. Dan pada perubahan tekanan udara tersebut akan menarik atau mendorong suatu sekat diafragma yang sudah terhubung pada mekanisme pengendali jumlah penyaluran BBM.

Dan itulah beberapa cara kerja Governor Genset yang perlu anda ketahui, dimana masing-masing memiliki jenis dan juga tipe pada Genset, serta tidak lupa beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.


Sekian artikel pada kesempatan kali ini, dimana bisa bermanfaat untuk kalian dalam mengenali Governor pada mesin Genset. Tentunya setelah membaca ini pastinya anda akan semakin tertarik dengan Genset, dan apabila kalian berniat mengganti atau membeli Genset maka anda bisa mengandalkan Genset merk Tenka. Genset Tenka sendiri bisa anda ketahui detail dan keterangan lebih lanjut di IndahJaya.com