Pentingnya Peran Electric Chain Hoist bagi Bidang Industri


Pentingnya Peran Electric Chain Hoist bagi Bidang Industri

Electric chain hoist merupakan alat berat penunjang aktivitas manusia yang berada pada bidang konstruksi atau industri. Fungsinya untuk menaikkan atau menurunkan barang bermuatan besar yang mustahil untuk diangkat.


Karena daya yang digunakan berasal dari listrik, sudah dipastikan alat ini mampu menahan beban berkapasitas tinggi dengan pengendalian dan kegunaan jauh lebih baik. Sebab itu juga, banyak pihak yang ingin membeli atau menyewanya.


Dalam memilihnya juga tidak bisa sembarangan, dan perlu ketelitian serta kewaspadaan. Anda harus melihat dan menentukan dari segi garansi yang jelas, kualitas heavy duty terjamin, memiliki sertifikat ISO serta keamanannya.


Pentingnya Peran Electric Chain Hoist bagi Bidang Industri


Masih ragu dengan kegunaan dan kelebihan yang diberikan oleh alat ini? Jangan khawatir karena Anda akan langsung mengerti pentingnya alat berat ini jika digunakan untuk sebuah proyek besar.


Seperti halnya nasi yang menjadi makanan pokok, keutamaan dari alat ini juga serupa. Struktur dasar yang memiliki motor listrik dan sistem mekanisme transmisi serta sprocket ini bisa dioperasikan secara individual.


Namun, tetap bisa dipasangkan dengan berbagai alat berat lain juga contohnya, Jib, Gantry Crane, Overhead Crane dan I-Beam Steel. Fungsinya sendiri sebagai pengangkat beban dan pemindah muatan ke titik tertentu.


Secara sifat, Electric Chain Hoist lebih efektif karena dapat menahan beban hingga satuan ton. Sehingga dapat mempercepat proses pembangunan suatu konstruksi.


Terlebih, banyak peluang bisnis terbuka lebar hanya dari satu alat berat ini. Investasi seakan tidak pernah tertutup dan menjadikan Anda seorang pebisnis cerdas. Alat ini dikembangkan sekitar beberapa tahun terakhir.


Kapasitas angkatnya dar dari 500kg hingga 35.000kg dengan tinggi 3 sampai 500 meter. Selain itu, alat berat ini sangat nyaman digunakan karena mampu beradaptasi baik pada lingkungan sekitar.


Untuk indoor atau outdoor, Electric Chain Hoist tersedia dalam berbagai jenis. Contoh penggunaannya sebagai berikut :

  1. Industri perkapalan, alat ini dapat dimanfaatkan sebagai penunjang pengangkatan material di area dermaga atau kapal. Sehingga sangat membantu segala aktivitas yang terjadi di dalamnya.

  2. Bidang konstruksi, sangat erat hubungannya dengan alat berat ini. Balok-balok besar hingga pipa, metal, kaca serta komponen material bangunan lainnya dapat dipindahkan atau diangkat dengan alat ini.

  3. Industri manufaktur dan minyak serta pertambangan tidak luput dari pemanfaatan alat ini.

Tips Memilih Electric Chain Hoist Sesuai Kebutuhan


Baik Anda seorang pembeli atau penyewa alat berat ini, sudah pasti ingin mendapatkan alat ini dengan kualitas baik, namun sesuai harga yang ditawarkan. Karena itu, kami memiliki beberapa tips yang dapat Anda gunakan sebelum memutuskan pilihannya.


Pertama, Anda harus memeriksa bagian rantai dari electric chain hoist tersebut. Apakah dijamin kuat? Tahan kondisi buruk serta kestabilannya. Sebab, komponen ini merupakan itik utamanya.


Jika putus atau terjadi hal yang tidak diinginkan, maka bukan hanya muatan saja terkena imbasnya. Tetapi, operator juga orang disekitarnya telah masuk ke dalam risiko yang mengancam keselamatan.


Sehingga periksalah electric chain hoist dari segi kerapian dan uji kekuatannya. Atau melihat dari riwayat penggunaan alat berat tersebut. Kedua, mengecek pada bagian kontraktor dalam kondisi baik.


Ketiga, tidak ada salahnya Anda menganalisa hingga dari mana alat berat itu berasal. Lebih tepatnya pabrik atau gudang tempatnya diciptakan. Tidak harus menuju ke sana, hanya mencari tahu latar belakangnya agar lebih jelas.


Tuntutan proyek pembangunan adalah menggunakan berbagai macam konstruksi kokoh dan sulit untuk dipindah-letakan. Electric chain hoist dapat mempermudah pekerjaan manusia yang tidak dapat memindahkan muatan berkapasitas besar selama berkegiatan.