Inilah Beberapa Penyebab Banjir yang Wajib Anda Ketahui



Kemacetan adalah masalah yang sering terjadi di daerah Jakarta, itu karena banyaknya faktor yang menyebabkannya, seperti jumlah kendaraan yang meningkat, lahan jalanan yang semakin sempit, dan sebagainya. Namun di Jakarta bukan hanya kemacetan yang sering terjadi, melainkan ada juga masalah seperti banjir, yang mana banjir bisa disebabkan oleh beberapa penyebab.


Pada artikel ini, kami akan berikan beberapa penyebab banjir, dimana beberapa penyebab tersebut bisa anda ketahui dan pelajari, sehingga anda pun bisa membuat masalah banjir tidak terjadi lagi nantinya. Oleh karena itu, silahkan anda simak beberapa penyebab banjir di bawah ini, dimana semua penyebabnya wajib anda ketahui semuanya.

Inilah Penyebab Banjir yang Wajib Anda Ketahui dan Juga Waspadai

1. Hujan

Tentunya banjir bisa terjadi karena hujan, baik itu hujan dengan intensitas rendah atau tinggi. Hujan tentunya tidak bisa kita hentikan, itu karena hujan adalah fenomena alam yang mau tidak mau harus dilewati. Meskipun hujan memang bisa berpotensi menyebabkan banjir, tetapi sebenarnya yang paling menyebabkan banjir adalah saluran yang mampet, tetapi hujan deras juga tidak menutup kemungkinan adalah salah satu penyebab besarnya.

2. Saluran Air yang Tersumbat

Penyebab banjir juga bisa terjadi karena adanya satu atau lebih saluran air yang tersumbat. Tetapi saluran air yang tersumbat juga memiliki penyebabnya, dimana bisa dari sampah yang dibuang sembarangan, ataupun bisa karena bangunan rumah yang menutupi sebagian besar saluran air.

3. Adanya Erosi

Erosi adalah proses pengikisan permukaan Bumi yang bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti salah satunya adalah air mengalir. Erosi di daerah aliran air seperti di sungai tentunya akan berpengaruh terhadap pengurangan kapasitas penampang, yaitu pada daerah permukaan saluran air. Jadi dengan adanya erosi, maka akan menyisakan batuan sehingga nantinya tidak ada tempat untuk meresapnya air hujan ke dalam tanah.

4. Adanya Sedimentasi Tanah

Sedimentasi adalah proses pengendapan benda padat karena pengaruh gaya yang besar, dimana pengendapan benda padat tersebut adalah tanah. Dengan besarnya sedimentasi yang terjadi tentu dapat mengurangi kapasitas saluran sehingga menimbulkan genangan dan banjir di sungai dan sebagainya. Biasanya Sedimentasi akan terlihat, ketika adanya pendangkalan dan penyempitan daerah sungai ataupun sebagainya.

5. Tidak Adanya Penghijauan

Tentunya penghijauan seperti adanya tanaman atau pohon, bisa mencegah banjir untuk datang, dikarenakan akar tanaman maupun tanah bisa menyerap air dengan cukup cepat. Jadi anda jangan heran apabila lingkungan anda dipenuhi dengan semen dan aspal, tetapi juga adanya genangan air yang cukup banyak.

6. Bendungan Air Rusak

Meskipun jarang sekali, tetapi bendungan yang berguna untuk menahan laju air bisa juga mengakibatkan terjadinya banjir. Bendungan bisa menyebabkan banjir, itu karena bisa saja bendungan sedang mengalami kerusakan, atau bisa juga saluran air bendungan dan sebagainya yang sedang dalam keadaan rusak juga.


Jadi itulah beberapa penyebab terjadinya banjir yang perlu anda ketahui semuanya. Tentunya penyebab-penyebab tersebut bisa anda atasi, dan selain itu banjir yang terjadi juga bisa anda atasi juga. Anda bisa atasi banjir yang ada dengan memompa air banjir tersebut, ataupun mengurasnya ke tempat yang lain. Dan untuk memungkinkan itu bisa dilakukan, maka anda bisa coba gunakan pompa celup Tsurumi tipe HS, yang mana anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Sekian artikel bermanfaat kali ini, dimana tentunya sangat bermanfaat agar anda tahu penyebab banjir dan bisa menghindarinya terjadi. Anda bisa bagikan artikel ini melalui media yang ada dan tersedia, agar yang lainya juga bisa tahu penyebab banjir, sehingga nantinya banjir-banjir di Indonesia akan semakin bisa terkontrol.