top of page

Inilah Penyebab Genset Bocor dan Cara Mudah Menanganinya



Memiliki kegunaan untuk menjadi alat pembangkit listrik alternatif, tentunya tidak menjamin Genset bisa terus beroperasi normal, atau tidak mengalami kerusakan sama sekali. Nah Genset tentunya bisa memiliki beberapa masalah yang dapat menimbulkan kerusakan, dimana faktor utamanya adalah penggunaan Genset dan juga beberapa hal yang berdekatan dengan Genset tersebut.


Salah satu masalah umum yang ditemukan pada Genset, yaitu adanya kebocoran pada Genset. Nah kebocoran apa itu, lalu apa yang menyebabkan kebocoran tersebut, semua itu akan kami jelaskan kepada anda semua di artikel ini, berikut juga dengan penanganannya. Maka dari itu bagi anda yang mengalami kebocoran Genset atau bukan, maka di bawah ini perlu anda pelajari dan juga simak selengkapnya!


Inilah Penyebab-Penyebab Genset Menjadi Bocor dan Juga Solusinya

Mesin Genset bisa mengalami kebocoran, yang dimana itu adalah kebocoran oli yang disebabkan sebagai berikut:


Seal Oli yang Mengalami Masalah

  • Terlalu banyaknya kapasitas oli yang berada di dalam mesin Genset, sehingga itu mengakibatkan kerusakan pada seal oli sehingga block mesin Genset akan mengalami kebocoran. Maka dari itu anda harus mengganti oli yang baru dan juga sesuai dengan takaran yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan dari mesin Genset tersebut.

  • Pemasangan seal oli yang kurang benar juga akan dapat menyebabkan kebocoran pada block mesin Genset, maka dari itu anda harus memasangnya dengan rata dan tepat. Nah untuk menghindari masalah rembes, maka anda bisa juga menggunakan tambahan lem khusus saat memasukan seal oli ke dalam lubang dudukannya.

  • Seal oli yang sudah kaku hingga retak disebabkan oleh umur pemakaiannya yang telah lewat bisa menjadi penyebab rembesan oli dari block mesin Genset. Solusinya? Tentu ganti komponen yang baru.

Packing Mesin Genset yang Tidak Rapat Sempurna

  • Packing pada mesing Genset memang sudah rusak sehingga membuka celah di antara bagiannya. Nah umumnya itu terjadi pada mesin-mesin Genset tua.

  • Adanya sudut-sudut sambungan antar komponen luar yang sudah tidak presisi, sehingga itu juga perlu diperhatikan dan diperbaiki.

  • Nah adanya hawa panas dari pembakaran yang berlangsung cukup lama, tentunya dapat membuat kebocoran pada mesin Genset. Solusinya, jelas anda perlu menyesuaikan komponen yang terlibat, atau bisa juga mengganti komponen tersebut atau perlu Genset-nya.

Block Mesin Genset Retak

Adanya retakan atau block mesin Genset yang pecah, jelas bisa membuat kebocoran. Tentunya hal tersebut jarang diketahui oleh pemilik Genset, yang dimana retak pada bagian blok mesin Genset dianggap sepele olehnya. Diketahui, retaknya blok mesin Genset bukan hanya disebabkan oleh adanya benturan keras pada mesin Genset, melainkan bisa juga disebabkan oleh pemakaian oli yang tidak sesuai dengan jenis mesin Genset.


Maka dari itu, penting sekali anda memilih oli yang tepat untuk Genset. Oli yang tepat bisa anda coba lihat tingkat kekentalannya, jika terlalu kental maka mesin akan sulit bergerak, sementara jika terlalu encer bisa menyebabkan banyak masalah bagi mesin Genset itu sendiri. Nah efeknya jika oli tidak sesuai, jelasnya pastinya dapat membuat kondisi stress engine Genset yang bisa menyebabkan blok mesin Genset lama-kelamaan akan pecah.


Jadi itulah beberapa penyebab Genset menjadi bocor, begitu juga dengan cara menanganinya. Menyimak artikel ini pastinya bisa membuat anda semakin waspada pada Genset, terutama pada masalah kebocoran pada Genset. Namun masalah juga bisa disebabkan dari Genset yang memang sudah tidak berkualitas. Oleh karena itu rekomendasi Genset berkualitas dari kami yaitu Tenka, dimana itu bisa anda kunjungi di IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Sekian dari kami, semoga bermanfaat dalam menambah wawasan anda mengenai Genset, terutama pada masalah Genset yang mengalami kebocoran. Tentunya akan sangat sayang jika masih banyak orang yang tidak tahu penyebab dan juga solusi untuk Genset bocor, oleh karena itu maka anda bisa mencoba membagikan artikel ini kepada mereka yang memang membutuhkan.


Comments


bottom of page