Beberapa Penyebab Genset Hilang Tegangan yang Bikin Panik



Genset atau yang merupakan singkatan dari Generator Set adalah sebuah perangkat yang mampu menghasilkan daya listrik, dan tentunya itu membutuhkan daya tegangan yang sebenarnya untuk mengoperasikannya dengan seutuhnya. Jika Genset tidak memiliki daya tegangan, maka jelas Genset akan beroperasi tidak normal, yang mana Genset bisa saja berpotensi menjadi rusak parah dengan berbagai macam masalah yang timbul.


Tentunya Genset yang hilang tegangan tidak perlu sampai membuat anda atau pengguna dan pemilik panik, karena pastinya itu ada penyebabnya dan juga pastinya ada cara untuk mengatasinya. Dan menariknya, itu semua bisa anda ketahui dengan menyimak artikel ini selengkapnya, maka dari itu langsung saja kami persilahkan anda untuk simak artikel ini dengan ulasan yang ada di bawah ini!

Inilah Beberapa Penyebab Genset yang Hilang Tegangan yang Perlu Anda Waspadai

Berikut adalah beberapa penyebab Genset yang hilang tegangan, dimana selain itu kami juga akan sertakan cara mengatasinya. Maka dari itu silahkan simak ulasan berikut ini:


  • Mesin Genset tidak berputar normal saat dinyalakan, karena perlu anda tahu bahwa mesin Genset saat dinyalakan, normal RPM nya akan berada pada 1500 RPM. Jadi jika kurang maka bisa saja hal tersebut yang menyebabkan mesin Genset hilang tegangannya. Untuk memperbaikinya, maka anda hanya perlu menaikan RPM Genset ke angka 1500 RPM.

  • Saklar utama pada Genset belum sebenarnya terhubung, atau bisa saja terputus. Saklar penghubung Genset ke instalasi listrik tentunya harus dinyalakan dan disambung terlebih dahulu sebelum mesin dinyalakan. Untuk memperbaikinya, maka anda hanya perlu memasang saklar utama yang belum terpasang, atau bisa menggantinya jika ada kerusakan.

  • Dioda tidak dalam keadaan bagus, atau sambungannya tidak benar. Periksalah dioda yang terdapat di rotating rectifier, dan pastikan tidak ada yang rusak atau jebol. Untuk mengatasinya, maka anda pertama kali bisa ukur dengan Ohm meter, dan jika ada yang belum tersambung atau terpasang dengan benar, maka anda pasanglah dengan benar. Tetapi jika ada kerusakan yang fatal, maka lebih baik anda ganti dengan yang baru.

  • Tidak tegangan kemungkinan adanya AVR Genset yang rusak. Pada AVR, terdapat pengaman yang terjadi Over Current dari Exciter, dan pengaman tersebut akan terputus saat ada arus yang berlebih. Maka dari itu, lakukanlah penggantian apabila ada yang terputus, lakukan reset pengaman agar bisa terhubung kembali.

  • Adanya gulungan Exciter yang sudah rusak, bocor atau terbakar. Dan untuk mengatasinya, anda bisa periksa terlebih dahulu gulungan exciter dengan melakukan pengukuran nilai tahanan, dengan menggunakan ohmmeter atau multitester ohm. Atau jika ada kabel yang rusak atau putus, maka anda lebih baik menyambungkannya atau menggantinya.

Jadi itulah beberapa penyebab Genset yang hilang tegangan, dimana serta juga dengan cara mengatasinya. Dengan pembahasan kami diatas, tentunya pastinya bisa membuat anda semakin tertarik untuk memiliki Genset, oleh karena itu kami rekomendasikan Genset Tenka, itu karena merek tersebut terbukti, berkualitas, dan juga berpengalaman. Nah bagi anda yang ingin memiliki Genset Tenka atau menggantinya dengan Genset Tenka, maka anda bisa miliki dan ketahui lebih lengkapnya di IndahJaya.com


Sekian artikel bermanfaat pada kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dalam mengetahui penyebab Genset yang hilang tegangan. Nah bagi yang lainnya yang masih belum tahu penyebab Genset hilang tegangan, maka anda semua bisa membagikan artikel ini kepada mereka, baik menggunakan media sosial ataupun media lainnya yang tersedia.