Inilah Beberapa Penyebab Genset Suka Mati Sendiri yang Menyulitkan



Genset merupakan mesin yang sangat sering diandalkan sebagai penyedia arus listrik, dimana terutama ketika terjadi pemadaman listrik. Untuk mengoperasikan mesin Genset, tentunya membutuhkan bahan bakar yang sesuai dengan tipe Genset, dan untuk mematikannya maka caranya hanya perlu mematikan daya Genset secara manual, atau tergantung dengan jenis Genset-nya.


Lalu kenapa ada Genset yang bisa mati sendiri tanpa ada yang menyentuh? Nah untuk masalah tersebut anda harus ketahui, yaitu yang paling utama adalah mengetahui apa penyebab dari Genset yang mati sendiri, dimana tentu masalah tersebut adalah masalah yang pastinya menyulitkan. Oleh karena itu bagi anda yang ingin belajar atau sekedar ingin tahu penyebab Genset mati sendiri, maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Beberapa Penyebab Genset yang Suka Mati Sendiri yang Perlu Anda Pelajari

Sebelum masuk pada beberapa penyebab Genset suka mati sendiri, anda perlu cek tangki bahan bakar Genset anda, karena bisa jadi Genset suka mati sendiri karena bahan bakar habis dan indikator tidak memperlihatkan bahan bakar yang habis karena rusak. Namun jika tidak demikian, maka bisa jadi penyebabnya adalah sebagai berikut ini:


Bahan Bakar Kotor dan Tidak Steril

Masih menyangkut dengan bahan bakar, dimana mungkin saja penyebab Genset bisa mati sendiri dikarenakan bahan bakar yang tidak murni berupa bahan bakar. Bisa jadi bahan bakar pada Genset anda kotor, seperti bercampur dengan air, komponen-komponen lain yang kotor dan sebagainya. Untuk mengatasinya, satu-satunya cara terbaik adalah mengurasnya.


Lubang Ventilasi Genset Tersumbat

Lubang ventilasi Genset yang tersumbat bisa menjadi penyebab Genset suka mati sendiri. Nah cara mengatasinya yaitu hanya dengan membersihkan saluran ventilasi Genset, dan pastikan benar-benar bersih tanpa ada satupun kotoran yang menghalangi.


Gangguan Arus

Masalah gangguan arus sering terjadi karena adanya hubungan singkat pada Generator, yang mana bisa terdapat beban berlebih sehingga Generator akan bekerja terlalu keras. Cara mengatasi adanya gangguan arus pada Genset, yaitu anda hanya perlu menggunakan alat tambahan yang bisa digunakan untuk melindungi Generator, dimana itu bisa mencegah adanya arus yang berlebihan dalam jangka panjang.


Mesin Genset Overheat

Mesin Genset overheat atau kepanasan bisa juga penyebab mesin Genset akan mati sendiri. Genset bisa kepanasan diakibatkan karena terjadinya pembakaran di ruang bakar serta gesekan material yang menyebabkan kondisi mesin panas. Hal tersebut bisa dipengaruhi juga oleh sistem pendingin dan pelumasan yang tidak bisa bekerja secara optimal, sehingga suhu ruangan dalam mesin Genset akan sangat panas. Mesin Genset panas juga bisa disebabkan karena sistem pendingin yang tidak bekerja optimal, oleh karena itu anda coba perbaiki sistem pendingin pada mesin Genset anda.


Beban Tidak Seimbang

Genset suka mati bisa karena ketidakseimbangan beban yang ada. Penyebabnya biasanya adalah terjadi kebocoran pada beberapa bagian Generator, sehingga dengan begitu akan menimbulkan hubungan arus pendek dengan penghantar ke tanah atau pun hubungan yang terjadi antar penghantar tersebut yang mengakibatkan beban tidak seimbang dan berujung pada Genset yang mati sendiri.


Saluran Injeksi Bahan Bakar Terisi Udara

Saluran Injeksi Bahan Bakar Terisi Udara atau biasa disebut sebagai Genset yang masuk angin, merupakan masalah yang sering terjadi yang bisa mengakibatkan Genset suka mati sendiri. Ketika ada udara di saluran injeksi bahan bakar, maka itu akan menimbulkan tekanan bahan bakar yang berkurang, sehingga bisa mengakibatkan tidak bisa mengalir ke ruang bahan bakar dengan secara tidak baik.


Mesin Jarang Dipanaskan

Genset yang jarang dipakai besar kemungkinan akan mampu mati sendiri, dikarenakan generator yang tidak digunakan pelumas yang melumasi mesin dengan gaya gravitasi akan kembali ke tangki oli. Sehingga dengan begitu maka akan ada banyak komponen yang tidak terlindungi secara sempurna, dan bisa membuat Genset suka mati sendiri. Jadi jangan lupa anda sering panaskan Genset, walaupun anda sedang tidak butuh Genset.


Itulah artikel bermanfaat kali ini, yang mana pastinya bisa menambah pengetahuan anda semua tentang Genset yang suka mati sendiri. Apabila anda berniat mengganti Genset anda atau ingin memiliki Genset, maka kami rekomendasikan Genset Tenka. Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk detail serta keterangan lebih lanjut mengenai Genset Tenka.