Penyebab Genset Tidak Bisa Distarter, Ini 6 Cara Mengatasinya!


Penyebab Genset Tidak Bisa Distarter, Ini 6 Cara Mengatasinya!

Generator set merupakan perangkat yang dapat menghasilkan daya listrik di kondisi darurat. Namun alat tersebut seringkali sulit dinyalakan. Sebenarnya, apa saja penyebab genset tidak bisa distarter?


Fungsi dan manfaat genset sangat krusial. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara memperbaikinya jika tiba-tiba mengalami kerusakan. Cek informasi selengkapnya berikut ini.


Penyebab Genset Tidak Bisa Distarter

Salah satu kegunaan genset yaitu untuk menyalakan listrik dan lampu, ketika terjadi pemadaman. Khusus rumah sakit suplai listrik sangat berperan penting menunjang kegiatan operasional.


Apabila listrik mati saat tenaga medis melakukan operasi, maka nyawa pasien bisa dalam bahaya. Oleh sebab itu, di setiap rumah sakit pasti memiliki setidaknya dua genset sebagai cadangan.


Lantaran memiliki fungsi krusial, pengguna genset harus tahu faktor penyebab kerusakan dan cara merawatnya agar tetap awet.


1. Perhatikan Kondisi Accu

Masalah genset yang sulit distarter dapat terjadi karena accu habis atau melemah. Cairan elektrolit di dalamnya tak cukup mampu mengoperasikan mesin saat dinyalakan. Alhasil, pembakaran bahan bakar menjadi tidak optimal.


Kekurangan daya juga berdampak pada kegagalan busi bekerja sehingga mengakibatkan mesin tidak dapat menyala.


2. Mesin Mengalami Kemacetan

Istilah jammed merujuk pada kondisi mesin yang mengalami macet. Umumnya terjadi karena suhu panas generator sudah melebihi batas normal alias overheat.


Panas yang terjadi memicu komponen lain memuai, contohnya pada piston. Apabila ukurannya menjadi lebih besar daripada silinder, maka ketika bekerja piston akan tersangkut.


Akibatnya, mesin yang sedang menyala bisa mati mendadak. Jika dibiarkan maka bisa menjadi penyebab genset jadi cepat rusak.


3. Genset Jarang Dipakai

Generator set memang digunakan untuk kondisi darurat saja. Namun, jika selama disimpan Anda tak pernah mengeluarkan dan memanasi mesin, maka genset bisa sulit distarter.


Selain itu, menyimpan generator dalam waktu lama kerap dilakukan sebagai cara menghemat bahan bakar genset sehingga tetap awet.


4. Bahan Bakar Tercampur Air

Air bisa mengkontaminasi solar melalui injection pump yang mengakibatkan bahan bakar gagal mengoperasikan mesin. Parahnya, air yang masuk berisiko menyebabkan karat dan berpengaruh pada kinerja mesin injeksi.


5. Kondisi Generator Sudah Usang

Mesin bisa rusak karena tergerus oleh waktu sehingga memicu berbagai masalah hingga kerusakan parah. Apalagi jika penggunaan sudah melebihi batas maksimal.


Genset biasanya memiliki batasan waktu penggunaan misalnya 3-6 jam. Apabila lebih dari itu, maka berpotensi menyebabkan masalah seperti cepat panas dan mati mendadak.


Cara Mengatasi Genset Tidak Bisa Distarter

Setelah tahu penyebab generator set sulit dinyalakan, kini saatnya cek cara mengatasi genset yang tidak bisa distarter berikut ini.

  • Masalah pada accu bisa diatasi dengan menambahkan cairan elektrolit jika jumlahnya kurang dari batas minimal,

  • Walaupun jarang dipakai, usahakan rutin memanasi mesin agar oli tidak seret,

  • Bahan bakar yang terkena air sebaiknya dikuras lalu diganti dengan yang baru,

  • Bersihkan saluran bahan bakar agar tidak macet saat dinyalakan,

  • Pastikan tidak menggunakan genset melebihi batas waktu yang ditentukan, dan

  • Periksa apakah genset kehabisan bahan bakar atau tidak.

Sementara jika penyebab genset tidak bisa distarter karena alat sudah usang. Anda bisa mempertimbangkan membeli yang baru.


PT Surya Indah Sentra Gemilang menyediakan beragam produk pilihan dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Anda dapat memenuhi kebutuhan tanpa cemas memikirkan biaya yang mahal.


Produk pilihan diantaranya Tenka Open, Silent, dan MCS. Kunjungi website resmi atau hubungi nomor yang tertera untuk konsultasi, kunjungi website Indah Jaya Group.