top of page

Inilah Beragam Penyebab Kapasitor Genset Rusak yang Sering Terjadi



Kondensator atau kapasitor adalah komponen listrik yang digunakan untuk menyimpan muatan listrik. Bahan penyusun kapasitor sendiri terdiri dari dua keping atau dua lembaran penghantar listrik yang dipisahkan menggunakan isolator listrik berupa bahan dielektrik. Nah komponen tersebut juga umumnya dapat ditemukan di mesin, seperti mesin Genset. Selain memang ada pada Genset, sayangnya kapasitor Genset cenderung bisa rusak.


Tentunya ada kerusakan pasti ada penyebabnya, begitu juga dengan kerusakan komponen kapasitor yang ada pada Genset. Kapasitor pada Genset memang sering terjadi kerusakan, sehingga Anda sebagai pemilik Genset harus waspada pada kapasitor Genset Anda. Bilamana Anda ingin tahu apa saja penyebab kapasitor Genset bisa rusak, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya agar Anda juga bisa antisipasi dari kerusakan kapasitor pada Genset.


Inilah Beragam Penyebab Kapasitor Pada Genset Rusak yang Sering Terjadi

Berikut adalah beberapa penyebab yang bisa menyebabkan kapasitor pada Genset sering rusak, yang mana semuanya perlu Anda ketahui agar Anda bisa antisipasi atau dengan cepat mengatasi kerusakan tersebut.


Penggunaan Daya yang Berlebih

Faktor utama kapasitor Genset bisa rusak adalah dari penggunaan daya yang berlebih dan tidak sesuai dengan anjuran yang ada. Jadi apabila hal tersebut terjadi, maka kapasitor hanya bisa diatasi dengan menggantinya. Nah sebelum kapasitor pada Genset rusak, maka Anda perlu waspada, seperti dari adanya tanda-tandanya, yaitu indikator voltase.


Kemudian, kapasitor yang rusak, bisa Anda lihat dari ciri fisiknya yang biasanya akan menggelembung seperti baterai ponsel, atau bisa juga meleleh. Tidak hanya meleleh, alat ini juga bisa meledak, sehingga dengan begitu maka Anda harus perhatikan benar tegangannya.


Kabel yang Tidak Benar

Jika memang semua dirasa sudah benar dan sesuai, tetapi kapasitor Genset masih cepat kunjung rusak, maka kemungkinan besar masalah ada pada bagian luar, yaitu tepatnya pada bagian kabel kapasitor. Jadi adanya kabel yang salah pasang, atau adanya cara yang salah dan tidak sesuai dalam mengoperasikan, maka pastinya kapasitor dengan cepat akan mengalami kerusakan. Jadi ada baiknya, baik memasang atau melepas kapasitor dilakukan oleh orang yang ahli saja, atau menggunakan jasa service profesional.


Kapasitor yang Memang Tidak Sesuai

Masalah berikutnya yang mungkin membuat kapasitor rusak, mungkin saja dari kapasitor tersebut. Yaitu bisa saja kapasitor Genset yang Anda pasang tidak sesuai dengan Genset tersebut, sehingga kapasitor tersebut akan rusak dengan sendirinya. Nah maka dari itu, kapasitor yang dipilih untuk Genset pun harus rekomendasi dari produk Genset tersebut, karena kalau tidak maka akan menimbulkan banyak masalah hingga kerusakan kapasitor atau bahkan komponen lain Genset.


Rusaknya Fisik Kapasitor

Meski hanya fisik seperti body bagian luar, tetapi jika memang rusak atau mengalami kebocoran, maka hal itu bisa berdampak pada kapasitor Genset yang rusak. Jadi ada baiknya Anda periksa fisik dari kapasitor Genset Anda juga, karena bisa jadi masalah ada pada kerusakan body dari kapasitor Genset tersebut.


Nah jadi itulah beragam penyebab kapasitor Genset yang sering rusak dan juga sering terjadi. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat untuk Anda dan juga yang lainnya. Bilamana Anda tertarik dengan Genset yang memang terbaik dan berkualitas serta dilengkapi dengan kapasitor, maka rekomendasi kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, tentunya Anda bisa miliki itu serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page