top of page

Beberapa Penyebab Kerusakan Aki Genset yang Wajib Untuk Diwaspadai



Akumulator atau bisa disebut sebagai aki, adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi. Nah pada umumnya di negara Indonesia, akumulator sendiri banyak orang yang hanya mengerti bahwa itu adalah baterai, baik itu yang memang ada pada mobil ataupun pada motor. Namun dalam pengertian bahasa Inggris, kata akumulator dapat mengacu kepada baterai, kapasitor, kompulsator, dan lain sebagainya yang memang terkait.


Aki memang pada umumnya cenderung dikenal dan diketahui ada pada kendaraan, motor dan juga mobil. Namun sebenarnya, aki bukan hanya pada mesin kendaraan saja, nyatanya ada juga aki yang memang juga ada pada Genset. Aki pada Genset memiliki peran yang penting, sehingga dengan begitu Anda perlu rawat aki tersebut agar tidak rusak. Nah ada beberapa penyebab yang bisa merusakan aki Genset, yang mana itu bisa Anda ketahui di bawah ini!


Inilah Beberapa Penyebab Kerusakan Aki Pada Genset yang Wajib Untuk Diwaspadai

Adanya Kabel Konektor yang Longgar

Penyebab masalah ini terjadi karena memang dari sebuah kelalaian dari para penggunanya. Nah konektor yang longgar akan menyebabkan dinamo harus menarik arus terlalu besar. Alhasil hal tersebut bisa membuat suatu ledakan awal yang terjadi akibat faktor satu ini terjadi dari atas connector dan kemudian akan merambat sampai pada cairan accu (aki). Dampaknya pun akan memicu ledakan yang akan menjadi sangat besar dan seterusnya itu dilanjutkan dengan munculnya aki Genset meledak.

Charger Aki Bermasalah

Charger yang bermasalah tentunya bisa membuat Genset akan meledak, itu karena memang timbulnya overheating akibat charger yang bermasalah. Mematikan panel charger accu di saat tidak sedang menggunakannya atau jika pada bangunan pertokoan bisa mematikannya di malam hari adalah cara terbaik untuk menghindari masalah dari penyebab kerusakan aki tersebut.


Aki Sudah Tidak Pantas Digunakan

Seperti semua alat atau barang, tentunya yang sudah tidak pantas digunakan ada baiknya memang tidak digunakan kembali. Nah hal itu pun juga berlaku bagi aki Genset, alias jika aki Genset sudah terlalu lama, tua, atau kadaluarsa, maka jika terus digunakan maka nantinya akan menimbulkan masalah yang memang bisa menyebabkan kerusakan. Parahnya, penyebab ini juga bisa membuat aki Genset meledak yang diakibatkan oleh mutu dari alat sudah tidak layak.


Masalah pada Dinamo

Apabila ada dinamo starter yang bermasalah dan terus dipaksakan, maka itu akan membuat short circuit atau rotor berputar sangat berat. Sehingga akibatnya adalah arus yang ditarik sangat berat dan mengefek pada kerusakan aki Genset, hingga bisa menimbulkan ledakan.


Komponen Accu yang Sudah Rusak

Nah kerusakan pada aki Genset bisa juga dari adanya kesalahan para pengguna, seperti mereka yang sembrono dalam merawat komponen accu atau aki. Mungkin masalah perawatan ini cukup sepele karena hanya hal-hal kecil, tetapi dampaknya sendiri begitu berbahaya bagi aki dan juga Gensetnya.


Tidak Adanya Suplai Daya dari Rangkaian Pengisi Daya

Aki Genset bisa terlihat dan terasa rusak, ketika tidak adanya suplai daya, yang mana memang aki karena tidak mendapatkan suplai daya dari rangkaian pengisi daya yang terdapat pada mesin Genset tersebut. Nah penyebabnya bisa dari adanya komponen yang tidak berfungsi secara normal, yaitu tepatnya bisa dari komponen kiprok pengisi daya aki pada Genset tersebut.


Jadi itulah beberapa penyebab kerusakan pada aki Genset yang perlu diketahui dan juga diwaspadai. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semuanya. Bilamana Anda tertarik dengan Genset, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, Anda tentunya bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Comentarios


bottom of page