Inilah Penyebab Low Coolant Genset dan Biasanya Menimbulkan Kerusakan Apa Saja



Genset merupakan mesin yang cukup serupa dengan mesin kendaraan. Nah contohnya, Genset juga memiliki komponen berupa radiator yang harus diisi dengan cairan pendingin atau coolant, yaitu zat cair yang memang digunakan untuk mengurangi atau mengatur suhu suatu sistem pada mesin Genset. Karena begitu penting untuk mengontrol suhu pada Genset, maka kapasitas coolant tidak boleh low.


Kapasitas coolant pada Genset tidak boleh berada di tingkat low atau kurang, karena tentunya jika itu terjadi maka akan menimbulkan kerusakan bagi Genset. Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda ketahui mengenai apa saja yang menyebabkan low coolant pada Genset, yang mana itu bisa Anda ketahui di artikel ini. Maka dari itu silahkan simak artikel ini, karena selain ada penyebab, kami juga akan sertakan beragam kerusakan dari low coolant Genset.


Inilah Penyebab Low Coolant Genset dan Dampak Kerusakannya

Penyebab-Penyebab Low Coolant Genset

Berikut beberapa penyebab yang menyebabkan low coolant pada Genset:


  • Tutup radiator tidak rapat dengan benar, sehingga bisa membuat air coolant berkurang dengan cepat, baik dengan getaran Genset atau dari udara panas yang memuaikan air coolant.

  • Karet pada bagian tutup radiator sudah rusak, sehingga dengan begitu walau Anda sudah mencoba menutupnya dengan rapat, maka tetap saja tidak membuat tekanan pada tutup radiator tersebut yang menutup seutuhnya radiator.

  • Selang radiator mengalami kerusakan, tentunya bisa membuat air radiator dengan cepat berkurang. Jadi perhatikan selang tersebut, jika bocor Anda bisa segera tambal atau lebih baik ganti dengan yang baru.

  • Adanya kebocoran pada water pump, yang mana memang komponen tersebut sangat berfungsi untuk memompa sekaligus sebagai sirkulasi air yang ada dalam mesin Genset. Jadi apabila ada kebocoran pada komponen tersebut, maka volume air radiator akan cepat terkuras.

  • Pemakaian Genset yang sering dan lama, terutama sering terkena air atau rendaman air kotor, maka itu bisa membuat beberapa kerusakan, salah satunya adalah kebocoran dari water pump. Jadi bila terjadi kebocoran tersebut, maka penting sekali untuk Anda perbaiki.

  • Air radiator telah bercampur dengan air kotor, tentunya bisa membuat kerusakan pada water pump yang menjadi bocor. Hal itu karena adanya potensi membuat keropos dan berkarat. Nah untuk mengatasinya, maka Anda bisa menguras air radiator atau coolant tersebut, lalu ganti dengan yang baru atau berkualitas.

  • Kebocoran pada kompresi mesin, bisa juga membuat low coolant pada mesin Genset. Nah cirinya bisa berupa gelembung-gelembung yang banyak dan tidak berhenti ketika tutup radiator dibuka saat mesin menyala.

  • Adanya kebocoran pada sirip radiator juga menjadi faktor penyebab low coolant pada Genset. Nah sayangnya masalah kebocoran ini sulit terlihat, karena memang akan mudah kering ataupun menguap sebelum air menetes. Jadi Anda perlu memeriksanya, lalu apabila ada benar terjadi kebocoran maka Anda bisa memperbaikinya secara langsung.

  • Busi dalam keadaan basah, oli mesin yang tercampur dengan air, tentunya itu bisa berdampak pada kebocoran pada sirip radiator, yaitu kebocoran yang memang dapat membuat low coolant pada Genset.

Dampak Kerusakan dari Low Coolant Genset

Nah setelah Anda tahu penyebab-penyebab yang bisa membuat air radiator berkurang atau low coolant pada Genset, maka Anda perlu tahu juga apa dampak dari low coolant pada Genset, apalagi jika dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama. Dari namanya saja, coolant memiliki artian bahwa ia bisa berperan dalam menjaga suhu pada mesin menjadi stabil, layaknya mesin kendaraan ataupun mesin Genset.


Jadi dengan demikian, coolant atau air radiator dapat membuat suhu mesin Genset stabil, alias jauh dari mengalami overheat, terutama ketika dinyalakan dalam waktu lama. Nah overheat sendiri tentunya juga akan berdampak pada kerusakan lain, seperti adanya komponen yang akan meleleh, ataupun bisa membuat mesin Genset dengan mudah akan terbakar dengan sendirinya.


Jadi itulah penyebab dan dampak kerusakan dari low coolant Genset. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki Genset, maka yang terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.